Mana yang Lebih Bermanfaat, Minum Air Putih Hangat Atau Dingin?

Manfaat Minum Air Hangat dan Air Dingin

infomanfaat.com – Air merupakan kebutuhan dasar yang sangat penting bagi kelangsungan hidup manusia. Dari segi kesehatan, air memiliki banyak peran dan manfaat bagi tubuh, terutama dalam membantu kerja berbagai proses dan fungsi penting dalam tubuh. Kurang minum menyebabkan dehidrasi, mulut kering, elastisitas kulit berkurang, tekanan darah menurun dan denyut jantung meningkat. Komplikasi akibat dehidrasi juga dapat menimbulkan pembengkakan di otak, kejang, gagal ginjal, dan dalam kasus yang ekstrim bisa menyebabkan tidak sadarkan diri, bahkan kematian.

Kebutuhan Air Minum Bagi Tiap Orang Setiap Hari
Kita disarankan untuk mengonsumsi cukup air putih yaitu kurang lebih 8 gelas per hari. Anjuran tersebut mengindikasikan bahwa agar tubuh tetap sehat, maka kebutuhan air yang diperlukan manusia per hari adalah kurang lebih 8 gelas.

Manfaat Minum Air Hangat dan Air Dingin

Meskipun demikian, kebutuhan air minum tersebut juga dapat berbeda-beda untuk tiap orang, bergantung pada usia, jenis kelamin, cuaca, maupun jenis aktivitas yang dilakukan. Bila Anda sering merasa haus, mudah lelah dan urin berwarna kuning, sebaiknya perbanyak konsumsi air putih Anda.

Perlu diingat bahwa anjuran minum air putih 8 gelas per hari itu bukan berarti kita boleh langsung mengonsumsi air putih dalam jumlah yang banyak sekaligus. Minum air putih dalam jumlah banyak sekaligus (dalam satu waktu) dapat menimbulkan efek yang merugikan dan berbahaya bagi tubuh, yaitu membuat volume darah semakin kental yang pada akhirnya akan semakin membebani kerja jantung dan ginjal. Oleh karena itu, selain memerhatikan jumlah kebutuhannya per hari, perhatikan pula cara atau aturan minumnya, yaitu jangan sekaligus. Misalnya, minum 1-2 gelas setelah bangun tidur, 1 gelas sesudah makan pagi (sarapan), 1 gelas sebelum makan siang, 1 gelas setelah makan siang, 1 gelas di sore hari sebelum makan malam, 1 gelas setelah makan malam, dan 1 gelas sebelum tidur.

Manfaat Air Putih Hangat dan Air Putih Dingin
(Air putih dingin yang dimaksud di sini adalah air es. Sementara air putih hangat ditujukan untuk air pada suhu ruangan atau agak hangat, bukan air panas.)

Selain jumlah dan aturan/cara minum, hal lain yang juga perlu diperhatikan adalah soal suhu air.

Halaman selanjutnya akan memaparkan manfaat minum air hangat dan dingin, serta menjawab mana yang lebih bermanfaat di antara keduanya:

Halaman selanjutnya…


loading...

You Might Also Like

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>