Manfaat Putih Telur untuk Kecantikan: Kandungan, Khasiat dan Kontroversinya

Kegunaan Putih Telur

infomanfaat.com – Secara keseluruhan, telur merupakan bahan makanan yang memiliki kandungan kolesterol yang tinggi. Namun, kesemua kolesterol itu terkonsentrasi pada bagian kuning telurnya, sementara bagian putih telur terbebas dari kolesterol. Selain itu, kandungan putih telur juga dikenal kaya akan nutrisi. Sebut saja protein yang sebanyak 4 gram per putih telur (dalam 1 butir telur), juga nutrisi lainnya, seperti 55 mg sodium (2% dari kebutuhan sodium per hari), 53.8 mg kalium, 1.3 mcg folat, 6.6 mcg selenium, 2.3 mg kalsium, 3.6 mg magnesium, dan 4.9 mg fosfor. Putih telur juga termasuk ke dalam bahan makanan yang rendah kalori (17 kalori per 1 butir telur), sehingga sangat mendukung untuk program diet kamu. Apalagi kandungan lemaknya sangat rendah, yaitu 0.1 gram lemak (kurang dari 0.1% dari kebutuhan lemak per harinya).

Cara yang paling nyaman dalam mengonsumsi putih telur adalah dengan merebusnya. Banyak manfaat putih telur rebus yang bisa kita dapat, karena proses perebusan telur tidak menghilangkan nutrisi yang dikandung dalam putih telur, masih banyak kandungan nutrisi yang ada dalam putih telur rebus, sebut saja seperti protein, vitamin, dan mineral. Apalagi putih telur rebus memiliki kandungan lemak, kolesterol dan kalori yang rendah, sehingga sangat baik untuk kesehatan Kamu.

Manfaat Putih Telur untuk Kecantikan

Pemanfaatan putih telur untuk kecantikan sudah lazim dilakukan, terutama digunakan dalam aplikasinya sebagai masker wajah. Manfaat masker putih telur dipercaya dapat mengencangkan kulit wajah bagi yang menggunakannya. Hal itu sudah banyak dirasakan orang loh, mereka merasakan sendiri sensasi kencangnya kulit wajah mereka sehabis menggunakan masker putih telur. Salah satu resep masker putih telur yang banyak digunakan adalah campuran antara 1 putih telur, 1 sendok teh jus lemon dan ½ sendok teh madu. Selain kulit wajah menjadi kencang, masker tersebut dipercaya juga dapat mengurangi kandungan minyak di wajah.

Putih telur memang memiliki khasiat dalam mengencangkan kulit, termasuk pori-pori di wajah. Pori-pori yang meregang akibat kulit yang kencang siap untuk menerima bahan berkhasiat lainnya. Dalam resep masker di atas, zat aktif dalam madu dan jus lemon akan diterima oleh pori-pori wajah agar khasiatnya dapat segera dirasakan. Oleh karena itu, masker putih telur tidak bisa digunakan dalam bentuk tunggal, harus dikombinasikan oleh bahan lainnya, seperti madu, jus lemon, apel, alpukat, kentang ataupun bubuk turmerik (kunyit). Efek pengencangan kulit oleh putih telur sifatnya sementara, jadi sensasi kulit yang kencang yang banyak dirasakan orang ketika menggunakan masker putih telur merupakan efek yang bersifat sementara.

Di sisi lain, ada pendapat yang beredar bahwa protein yang berasal dari hewan tidak cocok untuk digunakan sebagai bahan dalam perawatan wajah, karena sifatnya yang berpotensi dalam menyumbat pori wajah, sehingga dapat menimbulkan jerawat. Atas dasar hal itu, mereka yang memiliki kulit sensitif sebaiknya berusaha untuk tidak menggunakan masker putih telur, melainkan masker yang berasal dari bahan tumbuhan. Selain itu, putih telur besar kemungkinan mengandung bakteri seperti E. coli maupun Salmonella, sehingga dapat berdampak buruk bagi wajah jika sampai terjadi infeksi. So, sebaiknya konsultasikan dahulu dengan ahlinya jika ingin menggunakan masker putih telur.


loading...

You Might Also Like

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>