Buah Untuk Diet: Kenali dan Dapatkan Manfaatnya

Buah untuk Diet

infomanfaat.com – Buah menjadi salah satu pilihan asupan makanan bagi mereka yang tengah menjalankan program diet. Alasan utamanya adalah karena buah memiliki kandungan lemak dan kalori yang rendah, sehingga tidak bersifat fattening (menggemukkan). Di samping itu, buah-buahan juga kaya akan vitamin, mineral, dan antioksidan yang dibutuhkan oleh tubuh dalam menjalankan proses metabolismenya. Menurut penelitian, seseorang cenderung mengonsumsi makanan dalam jumlah yang sama pada setiap harinya. Di situlah buah-buahan memiliki peranan yang sangat penting untuk diet, konsumsi buah yang banyak tidak akan menambah asupan lemak dan kalori secara signifikan ke dalam tubuh, di sisi lain konsumsi buah bisa mengenyangkan mereka yang memakannya.

Beberapa Jenis Buah untuk Diet

Alpukat
Alpukat dipadati oleh kandungan asam lemak omega-9, yaitu asam lemak yang juga ditemukan pada minyak zaitun serta kacang macadamia, sehingga alpukat dapat meningkatkan kecepatan perubahan lemak menjadi energi, serta mempercepat laju metabolisme.

Tomat
Terlepas dari apakah tomat termasuk sayur atau buah, yang jelas tomat kaya akan vitamin C dan likopen sehingga bermanfaat dalam menstimulasi produksi suatu asam amino yang diketahui sebagai karnitin. Menurut suatu studi, karnitin berfungsi dalam meningkatkan kapasitas tubuh dalam membakar lemak hingga 33%. Oleh karena itu, tomat termasuk ke dalam buah yang bagus untuk diet.

Jeruk Bali
Sebuah studi di John Hopkins University menunjukkan bahwa para wanita yang mengonsumsi jeruk bali selama 13 minggu dapat menurunkan bobot badan mereka sebanyak 10 kg tanpa mengubah pola makan mereka yang seperti biasanya. Di samping itu, jeruk bali memiliki kandungan air yang tinggi sehingga dapat memberikan sensasi kenyang pada mereka yang mengonsumsinya. Jeruk bali juga mengandung sedikit kalori loh.

Buah Beri
Buah-buahan yang termasuk ke dalam buah beri adalah seperti stroberi, bluberi, dan raspberi. Buah beri kaya akan kandungan polifenol, yaitu suatu senyawa alami yang membantu tubuh dalam mengurangi bobot badan, bahkan mampu mengurangi proses pembentukan lemak di dalam tubuh. Berbagai studi menunjukkan bahwa buah beri mampu mengurangi kandungan lemak tubuh bahkan hingga mencapai 90% ketika diberikan pada hewan coba. Hasil tersebut menunjukkan bahawa buah beri dapat dikategorikan sebagai buah untuk diet cepat.

Lemon
Lemon dapat memperbaiki serta meningkatkan fungsi hati dalam mencerna sekaligus membakar lemak. Dalam hal ini, lemon bertindak sebagai bahan pendetoks bagi hati sehingga dapat mengembalikan dan meningkatkan fungsi hati.

Semangka
Buah semangka kaya akan kandungan air serta rendah kalori, 100 gram daging semangka hanya menyuguhkan 30 kalori bagi yang mengonsumsinya. Semangka juga kaya akan kandungan asam amino arginin yang bermanfaat dalam membantu tubuh dalam membakar lemak.

Pir
Buah pir kaya akan serat yang bermanfaat dalam proses pencernaan di dalam tubuh, sehingga termasuk ke dalam buah untuk diet yang dapat menjadi pilihan untuk dikonsumsi. Pir juga memiliki khasiat dalam menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh, serta mengurangi risiko jantung koroner dan diabetes tipe II.

Selain buah-buahan untuk diet yang tercantum di atas, masih ada satu lagi buah yang juga memiliki manfaat yang sama dan dapat dengan mudah kita jumpai di Indonesia, serta memiliki harga yang terjangkau dibanding buah-buahan yang lain. Buah itu adalah pepaya. Penggunaan buah pepaya untuk diet sudah diakui oleh banyak pihak. Pepaya termasuk ke dalam buah dengan nilai kalori yang rendah, sehingga cocok dikonsumsi oleh kamu yang tengah menjalani program diet. Kandungan nutrisi dalam buah pepaya, seperti vitamin, zat besi, kalsium dan berbagai enzim, dapat membantu sistem pencernaan tubuh dalam menjalankan fungsinya. Sistem pencernaan yang baik dapat membantu tubuh dalam membuang bahan-bahan yang tidak berguna, sehingga mampu untuk mengurangi berat badan.

Selain Pepaya, kelapa juga termasuk ke dalam buah yang bermanfaat untuk diet. Kelapa kaya akan kandungan Medium Chain Fatty Acid (MCFA) atau asam lemak rantai sedang yang berkhasiat dalam meningkatkan kecepatan metabolisme di hati. Peningkatan kecepatan metabolisme berperan besar dalam proses penurunan berat badan. Selain itu, MCFA dimetabolisme seperti karbohidrat (disbanding seperti lemak), sehingga lebih cepat menyediakan energi bagi tubuh yang diperlukan saat Kamu berolahraga.

Buah-buahan yang telah disebutkan di atas, selain dapat dikonsumsi begitu saja, juga dapat dikonsumsi dalam bentuk jus buah untuk diet. Dalam bentuk jus, buah menjadi lebih mudah untuk dikonsumsi, selain itu Kamu juga dapat dengan mudah mengombinasikan berbagai jenis buah (yang telah disebutkan di atas), sehingga manfaat yang didapatkan untuk diet menjadi lebih optimal.

Tidak hanya dalam bentuk jus, buah-buahan tersebut juga dapat dikombinasikan dalam bentuk salad buah untuk diet. Boleh jadi ada sebagian orang yang tidak menyukai buah yang dikonsumsi dalam bentuk jus, nah bagi mereka salad bisa menjadi pilihan cara dalam mengonsumsi buah untuk diet dalam bentuk kombinasi. Kamu juga dapat menambahkan sayuran dalam salad buah yang Kamu buat agar manfaat yang didapat untuk diet lebih baik lagi. Sayuran dapat memperkaya asupan serat, vitamin, mineral ataupun nutrisi lainnya yang berguna dalam program diet Kamu.


loading...

You Might Also Like

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>