Manfaat Pepaya sebagai Buah untuk Diet

Pepaya Buah Diet

infomanfaat.com – Buah yang diklasifikasikan ke dalam kingdom Plantae dan famili Caricaceae ini ternyata bermanfaat loh dalam membantu menyukseskan program diet seseorang. Buah yang memiliki nama latin Carica papaya ini memang dikenal sebagai salah satu buah untuk diet. Oleh karena itu, untuk Kamu yang tengah berdiet, tidak ada salahnya untuk menambahkan potongan buah pepaya di setiap sajian makanan yang Kamu nikmati, apalagi pepaya tergolong ke dalam buah yang sangat mudah untuk didapat.

Buah untuk Diet

Kalori Pepaya

Salah satu alasan mengapa pepaya termasuk ke dalam buah yang bermanfaat dalam menyukseskan program diet adalah kandungan kalorinya yang rendah. 0.5 kg pepaya hanya menyajikan 62 kalori, 0.4 gram lemak, 0.7 gram protein dan 15.7 karbohidrat. Oleh karena itu, ketimbang mengonsumsi kudapan manis sebagai makanan pencuci mulut, sebaiknya Kamu mengonsumsi sepotong buah pepaya. Rasa manisnya yang alami dapat menggantikan rasa manis yang Kamu harapkan dari makanan pencuci mulut.

Pepaya Tinggi Serat

Substitusi makanan pencuci mulut oleh pepaya memiliki keuntungan dobel, selain konsumsi kalori yang rendah, pepaya juga memiliki kandungan serat yang tinggi. Kandungan Serat dalam buah pepaya akan mengosongkan perut secara perlahan, sehingga Kamu akan merasa kenyang dalam waktu yang lebih lama. Selain itu, serat dalam pepaya akan membantu kelancaran proses pembuangan ampas yang sudah tidak dibutuhkan lagi oleh tubuh (BAB). Hal itu jelas akan mengurangi bobot tubuh Kamu, karena proses BAB akan membuang bahan yang sudah tidak dibutuhkan lagi, sehingga terjadi pengurangan bobot. Karakteristik serat yang tinggi pada buah pepaya ini tentunya akan menguntungkan Kamu yang mengonsumsinya dalam rangka menjalankan program penurunan berat badan.

Detoksifikasi Tubuh

Salah satu manfaat pepaya yang dicari orang adalah kemampuannya dalam mendetoksifikasi tubuh, khususnya saluran pencernaan. Detoksifikasi tubuh berarti membersihkan tubuh dari segala macam toksin serta kuman yang dapat mengganggu fungsi normal tubuh. Jika toksin dan kuman berhasil disingkirkan dari tubuh, maka fungsi normal tubuh akan kembali berjalan, termasuk fungsi saluran pencernaan. Saluran pencernaan yang baik akan mampu mengolah nutrisi yang terkandung dalam bahan makanan yang dikonsumsi dengan baik pula, termasuk dalam mencerna lemak sehingga tidak terjadi penimbunan lemak. Hal itu tentunya sangat berarti dalam mendorong keberhasilan usaha dalam menurunkan berat badan.

Jadi, tidak salah ‘bukan jika buah pepaya didapuk sebagai salah satu buah yang paling bermanfaat untuk diet?


loading...

You Might Also Like

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>