INFOMANFAAT.COM

Manfaat Hutan Bagi Kehidupan Manusia

Posted on by in with 0 Comments

infomanfaat.com – Hutan merupakan salah satu bagian paling penting dalam kehidupan manusia. Tanpa hutan keberadaan kehidupan di bumi tidak dapat mungkin terjadi. Tidak hanya menyediakan oksigen tetapi juga banyak manfaat lain yang berhubungan dengan eksistensi manusia di Bumi. 23% dari total lahan di bumi tertutup oleh hutan. Indonesia, terutama Pulau Kalimantan, Sumatra, dan Papua merupakan penyumbang hutan terbesar kedua di dunia setelah hutan tropis raksasa Amazon di Brazil.

Untuk meningkatkan kesehatan manusia dan kelestarian hutan, diperlukan hal-hal untuk mempertimbangkan hutan untuk penduduk setempat dan untuk menilai bagaimana penghuni hutan dapat berkontribusi untuk meningkatkan pengelolaan hutan. Intervensi terhadap hutan, baik yang bertanggungjawab maupun tidak, memiliki implikasi untuk populasi lain, seperti yang telah secara dramatis dan negatif yang ditunjukkan dalam beberapa tahun terakhir dengan yaitu global warming. Oleh karena itu, dengan melihat manfaat secara langsung dan tidak, kita dapat memberikan kontribusi terhadap hutan di sekitar kita.

Jenis Hutan

Hutan berkembang di daerah-daerah iklim yang beragam di seluruh dunia, dan dapat dikategorikan berdasarkan lokasi dan elevasi.

  • Tropis: subur, hutan lebat ditemukan di dekat khatulistiwa. Hutan tropis adalah gudang keanekaragaman hayati di planet ini.
  • Sub-tropis: terdiri dari pohon-pohon yang dapat menahan panas dan cuaca kering .Biasanya ditemukan di daerah utara dan selatan hutan tropis.
  • Mediterania: terletak di selatan daerah beriklim sedang dan mayoritas terdiri atas pohon cemara.
  • Beriklim: campuran cemara cemara dan pohon deciduous yang ditemukan di Amerika Utara, timur laut Asia dan Eropa.
  • Jenis konifera: Hutan-hutan ini ditemukan di sekitar kutub dan daerah dingin, daerah berangin yang mengandung kayu konifer dan kayu keras.

Manfaat Hutan bagi Kehidupan

Pegunungan: juga dikenal sebagai hutan awan. Mengandung terutama tumbuhan runjung dan ditemukan di elevasi tinggi tropis, sub tropis dan subtropis zona.

Pada artikel ini kita akan membahas tentang manfaat langsung dari hutan:

  1. Makanan (bidang pangan)

    Meskipun potensi hutan untuk dijadikan mata pencaharian mungkin kecil, hutan tetap berperan penting. Orang yang tinggal di dan dekat hutan biasanya memperoleh cukup, meskipun variabel, jumlah makanan bergizi dari hutan. Makanan yang berasal dari hutan juga terus memberikan manfaat bagi manusia yaitu protein dan mineral untuk menu variasi harian.

    Bennett dan Robinson (2000) melaporkan bahwa di 62 negara-negara berkembang, masyarakat mendapatkan lebih dari 20 persen dari protein mereka dari daging hewan liar dan ikan. Orang-orang di Kongo Basin sendiri mengkonsumsi lebih dari 1 juta ton daging liar tahunan (setara dengan 4 juta sapi) (Wilkie, 2001), sementara orang-orang di Cekungan Amazon mengkonsumsi 67 000-164 000 ton per tahun (Bennett, Robinson dan Eves , 2002).

  2. Kepentingan Komersial

    Manusia mengambil banyak manfaat dari ekosistem hutan. Banyak obat-obatan dan farmasi telah ditemukan di tanaman asli hutan. Masyarakat lokal bertahan hidup pada tanaman dan hewan yang diambil dari hutan. Produk yang tergantung pada masyarakat modern seperti kayu, kertas dan bambu semua berasal dari ekosistem hutan. Banyak produk lainnya seperti rempah-rempah, karet, dan pewarna juga ditemukan di hutan-hutan di seluruh dunia. Hutan yang penting bagi manusia untuk alasan estetika juga, dan ekowisata merupakan salah satu cara untuk menggunakan dan mempromosikan perlindungan hutan secara berkelanjutan :

    • Tempat Tinggal: Hutan juga rumah bagi berbagai hewan, sebagian besar hewan hidup di pohon-pohon, di dahan pohon dan di bawah pohon.
    • Kertas: Semua jenis kertas dan dalam setiap bidang pekerjaan, pembuatannya dilakukan oleh berbagai produk daun.
    • Rayon: Rayon juga disebut sutra buatan, mereka diperoleh dari berbagai jenis bambu dan berbagai kayu.
    • Kayu: Bahan untuk membuat furnitur, jembatan dan perahu. Tanpa menggunakan kayu semua hal yang disebutkan tidaklah mungkin.
    • Bambu: Bambu juga merupakan produk dari hutan untuk membuat lantai, keranjang dan tali. Ini adalah hal terbaik yang kita dapatkan dari hutan.
  3. Obat herbal dari hutan (bidang kesehatan)

    Banyak tanaman hutan dan hewan menghasilkan racun, fungisida, antibiotik dan senyawa biologis aktif lainnya sebagai mekanisme pertahanan, tetapi banyak dari mereka dapat dijadikan obat. Banyak produk farmasi saat iniberasal dari spesies hutan tropis, misalnya

    • kina dari pohon kina spp. untuk mengobati kanker;
    • tanaman tapak dara (Catharanthus roseus) untuk pengobatan kelenjar prostat membesar;
    • akar kumis kucing (Coleus forskohlii): obat untuk mengobati diabetes ;
    • Dioscorea dumetorum dan Harungana vismia, dan beberapa obat didasarkan pada daun succulents keluarga Mesembryanthemaceae.

    Sistem pengobatan tradisional berdasarkan pengetahuan lokal memang telah dilakukan oleh masyarkat di daerah tropis sejak ratusan bahkan ribuan tahun lalu. Sistem perawatan kesehatan ini penting, terutama ketika pelayanan kesehatan formal perawatan tidak ada. Pasar untuk obat tradisional saat ini telah berkembang, dan banyak dari itu adalah di tangan perempuan, misalnya dalam pembuatan dan penjualan jamu.

Selain manfaat lansung lain di atas, ada juga manfaat hutan yang sangat berpengaru bagi kelangsungan hidup manusia walaupun tidak secara langsung, yaitu;

  1. Iklim

    Hutan merupakan kontributor utama di Bumi untuk mempertahankan iklim, oleh dampak global fotosintesis mereka. Hutan adalah pertahanan alami terhadap perubahan iklim, menghilangkan gas karbon dioksida rumah kaca dan menghasilkan oksigen. Hal ini membantu dalam memurnikan atmosfer dan mengendalikan kenaikan suhu. Deforestasi meniadakan manfaat.

  2. Ekologi

    Selain membantu mengontrol iklim, hutan memiliki manfaat ekologis lainnya. Hutan mencegah erosi dengan mengurangi daya curah hujan di permukaan tanah dan dengan menyerap air dan tanpa harus langsung mengalir di atas dan menghilangkan lapisan tanah. Hutan juga bertindak sebagai filter air, mengumpulkan dan menyimpan air dan mengisi kembali akuifer bawah tanah. Hutan pegunungan tropis sangat penting untuk DAS. Hutan juga meningkatkan kelembaban atmosfer oleh proses transpirasi, yang mempengaruhi suhu dan curah hujan.

  3. Keanekaragaman Hayati

    Hutan mengandung berbagai keanekaragaman hayati yang lebih besar daripada ekosistem lainnya di bumi. Hanya sebagian kecil dari spesies yang ditemukan di hutan telah diperiksa dan dipelajari. Sebuah pohon besar tunggal di hutan hujan Amazon dapat menjadi rumah bagi ribuan spesies. Berbagai macam pohon dan tanaman yang ditemukan di hutan tropis terdiri dari keanekaragaman hayati sangat intensif. Keanekaragaman hayati ini menjadi penting, apalagi tiap spesies saling bergantung telah berevolusi selama jutaan tahun untuk berinteraksi dan berkembang.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>