Buah Berkhasiat untuk Meningkatkan Trombosit

Pepeaya Meningkatkan Trombosit

infomanfaat.com – Tidak jarang Indonesia mengalami wabah demam berdarah yang bisa membawa dampak yang fatal bagi mereka yang mengidapnya. Penyakit demam berdarah dengue yang disebabkan oleh virus mengakibatkan turunnya jumlah trombosit di dalam darah. Pengobatan penyakit jenis ini biasanya dilakukan denan cara mengkondisikan tubuh pasien agar antibodinya dapat melawan virus sekaligus tubuh pasien dapat kembali pulih untuk mengembalikan jumlah trombosit yang telah turun. Berikut ini beberapa buah yang dapat membantu tubuh untuk meningkatkan jumlah trombosit dalam darah:

Pepaya

Baik buah pepaya ataupun daunnya memiliki khasiat dalam meningkatkan jumlah trombosit dalam beberapa hari penggunaannya. Bahkan, khasiat pepaya dalam meningkatkan trombosit telah dibuktikan secara ilmiah oleh para peneliti dari Asian Institute of Science and Technology di Malaysia yang menemukan bahwa jus daun pepaya mampu meningkatkan jumlah trombosit pada pasien yang didiagnosa demam dengue. Konsumsi jus daun pepaya dua kali sehari dapat meningkatkan kadar trombosit dalam darah secara alami.

Delima (Pomegranate)

Delima kaya akan kandungan zat besi yang sangat bermanfaat dalam menambah trombosit darah. Selain zat besi, buah delima juga dilengkapi dengan berbagai vitamin yang berguna dalam menghimpun kekuatan agar tidak lemah dalam menghadapi demam dengue. Buah ini dapat dikonsumsi begitu saja atau dibuat menjadi jus.

Kurma

Layaknya delima, kurama juga kaya akan kandungan zat besi, sehingga dapat dikonsumsi oleh mereka yang kadar trombositnya rendah. Selain itu, kurama juga kaya akan nutrisi lainnya, seperti gula yang sangat bermanfaat dalam menyuplai energy pada mereka yang sakit dan tengah lemah.

Jeruk

Salah satu penyebab turunnya jumlah tromosit adalah kurangnya asupan folat atau vitamin B9. Untuk mengurangi kemungkinan tersebut, maka konsumsi folat penting untuk dilakukan. Salah satu buah yang tinggi kandungan folatnya adalah jeruk. Kamu bisa mengonsumsi jeruk dalam bentuk jus untuk dapat memperoleh folat. Orang dewasa dalam sehari paling tidak membutuhkan 400 mg folat.

Anggur Kering (Kismis)

Kismis atau buah anggur yang dikeringkan ternyata memiliki kandungan zat besi yang cukup tinggi, yaitu sebesar 30%. Hal itu membuat kismis menjadi salah satu makanan yang dapat meningkatkan kadar trombosit dalam darah.

Buah-buahan yang Tinggi Kandungan Vitamin K

Vitamin K memegang peranan penting dalam proses pembekuan darah bersama dengan trombosit. Adanya vitamin K dalam tubuh akan menstimulasi tubuh untuk lebih banyak memproduksi trombosit. Oleh karena itu, beberapa buah yang kaya akan kandungan vitamin K berpotensi untuk meningkatkan jumlah trombosit dalam darah, yaitu seperti alpukat, kiwi, pir, anggur, serta delima/pomegranate.


loading...

You Might Also Like

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>