Manfaat Teratai Untuk Kesehatan

Manfaat Teratai untuk Kesehatan

infomanfaat.com – Tanaman air asli dari daratan Asia yang cantik ini banyak tumbuh di kolam atau berkembang liar di rawa-rawa. Dalam bidang kesehatan, tanaman teratai dapat digunakan untuk menyembuhkan mimisan hingga kanker. Hal tersebut mungkin disebabkan karena kayanya kandungan nutrient dalam teratai, sebut saja vitamin C, vitamin B6, folat, niasin, riboflavin, asam pantotenat, thiamine, serat, dan banyak mineral seperti tembaga, zinc, zat besi, magnesium dan mangan.

Secara farmakologis, seluruh bagian teratai bermanfaat untuk kesehatan dan dapat digunakan untuk mengobati penyakit. Mulai dari rimpang, daun, benang sari, tunas, biji sampai bunganya dapat menyembuhkan penyakit.

Biji teratai diketahui bisa mengatasi gangguan penyerapan makanan, diare, badan lemah, radang usus kronis, disentri, muntah, keputihan, dan perdarahan. Sedangkan tunas teratai dapat meredakan demam, kehausan, jantung berdebar, gelisah, muntah darah, dan darah tinggi. Kamu bisa terbebas dari keputihan, perdarahan, dan anyang-anyangan dengan mengonsumsi benang sari teratai. Rimpangnya bermanfaat untuk perdarahan, darah haid berlebihan, sakit perut, wasir, mimisan, sakit jantung, gangguan lambung, kurang darah, dan menopause.

Sementara itu, daun teratai dapat mengatasi pingsan karena hawa panas, pusing, sakit kepala, dan beri-beri. Bagian bawah daun untuk mengatasi disentri berdarah, diare, dan menenangkan bayi dalam kandungan. Batang teratai dapat digunakan untuk meredakan pingsan, dada tertekan karena panas dan keputihan. Adapun bunga teratai dapat mengatasi trauma, perdarahan, radang kulit bernanah, menambah selera makan, badan lemah dan kurang darah.

Cara Pemakaian Teratai

Beberapa bagian teratai bisa diminum, direbus, diparut, maupun dijus.

  • Bila menderita darah tinggi, ambil 10 gram biji teratai dan 15 gram tunas biji teratai, lalu direbus dengan 350 ml air hingga tersisa 200 ml, lalu minum seperti minum teh setiap hari.
  • Bila mengalami kondisi sering muntah dan diare, gunakan 50 gram rimpang teratai ditambah 15 gram jahe, dicuci bersih, lalu dijus atau diparut, kemudian diambil airnya dan minum sehari 3 kali.
  • Untuk mengatasi panas dalam dapat juga dengan memanfaatkan rimpang teratai, caranya adalah dengan menggunakan 100 gram rimpang teratai ditambah 50 gram rimpang segar alang-alang, cuci, potong secukupnya, lalu direbus dengan 500 ml air bersih sampai tersisa 250 ml. Setelah dingin, saring, minum seperti teh.


loading...

You Might Also Like

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>