Manfaat Teh Jahe Bagi Tubuh

Khasiat Teh Jahe

infomanfaat.com – Masyarakat Kita mengenal adanya minuman yang disebut bandrek, dan mungkin banyak di antara kita yang pernah mengonsumsinya. Mengonsumsi bandrek atau sebenarnya merupakan teh jahe merupakan tradisi yang sudah sangat dikenal di kalangan orang Indonesia. Ternyata, kebiasaan tersebut memiliki manfaat yang beragam, mulai dari mengatasi kelelahan hingga mengurangi peradangan. Nah, apa saja sebenarnya manfaat teh jahe, berikut ini sejumlah manfaatnya yang menarik untuk kita ketahui:

Mengatasi Rasa Mual

Meminum teh jahe sebelum memulai perjalanan akan mencegah Kamu merasakan mual dan muntah akibat dari pergerakan yang Kamu rasakan. Tidak hanya bersifat preventif, teh jahe juga bersifat kuratif (menyembuhkan). Saat Kamu merasa mual teh jahe dapat menghilangkan rasa mual tersebut setelah Kamu meminumnya.

Melegakan Perut

Seringkali perut kita merasa tidak enak ketika kita merasa sakit atau setelah menjalani kemoterapi atau saat perut penuh. Nah, jika saat itu kita meminum teh jahe, maka rasa tidak enak di perut itu bisa segera diatasi. Hal tersebut telah dikaji secara ilmiah oleh peneliti dari University of Maryland Medical Center. Meski begitu, banyak juga yang tidak menyetujui hasil studi mereka, jadi mungkin tidak semua rasa tidak enak pada perut dapat dihilangkan dengan meminum teh jahe.

Mengurangi Peradangan

Jahe mengandung senyawa antiinflamasi yang cocok untuk digunakan dalam pengobatan rumahan guna mengatasi masalah pada sendi dan otot. Tidak hanya dengan cara dikonsumsi, namun masalah persendian juga bisa diatasi dengan cara merendam bagian sendi yang mengalami peradangan di dalam teh jahe. Nah, guna menghindari munculnya permasalahan otot sesudah melakukan latihan fisik, maka Kamu bisa meminum teh jahe setelah melakukan berbagai latihan olahraga.

Mengurangi Nyeri Saat Menstruasi

Teh jahe mungkin dapat menjadi solusi bagi para perempuan yang kerap mengalami nyeri saat masuk masa menstruasi. Menurut sebuah penelitian pada tahun 2012, teh jahe yang diberikan pada para perempuan yang mengalami dismenore terbukti mampu mengurangi dan mempersingkat rasa sakit yang muncul saat menstruasi.

Memulihkan Kinerja Kelenjar Adrenal (Anak Ginjal)

Kelenjar anak ginjal yang mengalami kelelahan atau fatigue yang muncul akibat stress yang dialami dapat diredakan atau dipulihkan kondisinya dengan cara mengonsumsi teh jahe. Dalam hal ini, teh jahe bekerja dengan cara menyeimbangkan kadar hormon kortisol (hormone penyebab stres) dalam tubuh, mengembalikan tekanan darah ke level normal, meningkatkan laju metabolisme dan energi tubuh.

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Kandungan antioksidan dalam teh jahe mungkin dapat meningkatkan kemampuan sistem imun tubuh dalam melindungi tubuh dari berbagai serangan penyakit. Tidak hanya itu, diduga aroma kuat yang dimiliki teh jahe juga dapat menstimulasi kinerja sistem kekebalan tubuh.

Mengatasi Infertilitas

Beberapa orang percaya bahwa teh jahe berkhasiat dalam menstimulasi fertilitas pada pria dengan cara meningkatkan jumlah sp*rma dan mengatasi disfungsi ere*si.

Meningkatkan Sirkulasi Dalam Tubuh

Teh jahe memiliki khasiat dalam meningkatkan atau memperlancar sirkulasi darah dalam tubuh, sehingga Kamu akan merasakan bahwa tubuh Kamu menjadi sangat bernergi, pada akhirnya Kamu tidak malas lagi sekaligus dapat mengusir kelelahan yang Kamu rasakan.

———————-

Baca juga:
Manfaat dan Khasiat Jahe untuk Kesehatan


loading...

You Might Also Like

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>