Manfaat Kacang Merah untuk Kecantikan

Manfaat Kacang Merah dalam Kecantikan

infomanfaat.com – Selain digunakan sebagai bahan makanan dan minuman, ternyata kacang merah juga menyimpan manfaat untuk diaplikasikan sebagai bahan untuk mendukung kecantikan seseorang, terutama bagi kecantikan kulit. Aplikasi kacang merah untuk digunakan sebagai komponen kecantikan bahkan terbilang sangat mudah, seperti pada dua aplikasi yang akan dijelaskan di bawah ini:

Air Rebusan Kacang Merah dapat Berfungsi sebagai Toner

Apa itu Toner? Toner adalah larutan penyegar wajah yang diaplikasikan setelah wajah dibersihkan dengan cairan pembersih. Jadi, fungsi toner dalam hal ini adalah menyempurnakan pembersihan kotoran yang mungkin masih terdapat pada wajah atau mungkin komponen yang berasal dari cairan pembersih wajah itu sendiri, misalkan komponen minyak yang terdapat dalam cairan pembersih yang mungkin saja masih menempel dan membentuk lapisan tipis di wajah. Toner berupa cairan yang berbasis air dan mengandung zat aktif tertentu yang dapat berasal dari tumbuhan, dalam hal ini kacang merah. Ya, kacang merah dapat digunakan sebagai komponen untuk membuat cairan toner.

Cara membuatnya, bahan yang dibutuhkan adalah seperempat mangkuk kacang merah dan 1 mangkuk air. Kacang merah dan air dimasukkan ke dalam panci dan dididihkan di atas kompor dengan keadaan panci terbuka. Saat sudah mendidih, panci diangkat dan disingkirkan dari tungku kompor, serta ditutup dan dibiarkan hingga dingin. Ketika sudah dingin, pisahkan kacang merah dari air dengan cara menyaringnya, kemudian tampung air rebusan kacang merah tersebut dalam container dan di-seal (disegel), lalu simpan di dalam kulkas.

Cara menggunakannya, gunakan cairan toner kacang merah atau air rebusan kacang merah itu dengan menggunakan kapas untuk dibasuh pada seluruh permukaan wajah. Untuk hasil yang lebih maksimal, Kamu bisa menggunakan kain masker yang direndam di dalam cairan toner kacang merah, lalu ditempelkan pada wajah dan dibiarkan selama 15 menit.

Kacang Merah sebagai Cairan Pengangkat Sel Kulit Mati (Exfoliator)

Exfoliator adalah komponen pengangkat sel kulit mati. Dalam produk kosmetika yang sering kita gunakan biasanya kita mengenal exfoliator sebagai scrub, yaitu butiran kecil yang kerap terasa kasar saat digunakan dan terdapat pada produk pembersih wajah. Kacang merah dapat dijadikan sebagai scrub yang berfungsi dalam mengangkat sel-sel kulit mati (atau sebagai exfoliator), sehingga wajah akan tampak lebih cerah.

Cara membuatnya, kacang merah dihaluskan dengan blender hingga mendapatkan konsistensi yang cukup halus. Bubuk kacang merah tersebut kemudian disimpan dalam wadah rapat dan dibuka saat akan digunakan.

Cara menggunakannya, campurkan bubuk kacang merah hasil blender dengan air hingga terbentuk pasta. Aplikasikan pasta pada permukaan wajah dengan frekuensi 2 hingga 3 kali per minggu. Selain, sebagai exfoliator, Kamu juga bisa menggunakan bubuk kacang merah sebagai masker, tergantung dari seberapa banyak air yang ditambahkan.


loading...

You Might Also Like

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>