INFOMANFAAT.COM

7 Manfaat Jus Tomat: Tidak Sekedar Enak dan Segar

Posted on by in with 0 Comments

infomanfaat.com – Salah satu sayuran yang paling umum dan populer adalah tomat. Hal ini karena fleksibilitas dan manfaat kesehatan yang berlimpah. Tomat dapat ditemukan dalam berbagai hidangan dan digunakan dalam berbagai acara. Bisa disajikan saat mentah sebagai lalapan atau sebagai sayuran dalam masakan. Salah satu bentuk yang lebih populer dari sayuran ini adalah dalam bentuk jus. Selain segar dan enak, jus tomat adalah minuman bergizi dengan banyak manfaat kesehatan. Apa saja manfaat itu:

  1. Vitamin C

    Jus tomat mengandung lebih dari 50 persen dari kebutuhan vitamin C setiap hari, sangat baik untuk penyerapan zat besi dan kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas. Tingginya kadar vitamin C adalah indikator yang baik kesehatan gizi lengkap.

  2. Lycopene

    Senyawa organik utama dalam tomat adalah Lycopene. Lycopene adalah antioksidan yang melindungi DNA dalam sel-sel darah putih serta membantu dalam pencegahan penyakit jantung. Lycopene memberi warna merah tomat dan juga telah ditemukan memiliki antioksidan dan sifat anti-kanker. Antioksidan beraksi dengan cara melindungi sel-sel dan organ dari kerusakan oksigen. Lycopene telah ditemukan efektif terhadap beberapa jenis kanker, termasuk kolorektal, payudara, prostat, paru-paru dan kanker pankreas. Satu porsi jus tomat mengandung sekitar 50 persen dari kebutuhan harian.

  3. Manfaat Jus Tomat

  4. Beta-karoten

    Jus tomat menyediakan sekitar 20 persen dari kebutuhan harian beta-karoten, yang memberikan tomat warna merah tua dan mengkonversi menjadi vitamin A dalam tubuh. Vitamin A diperlukan untuk kesehatan mata, serta memperkuat sistem kekebalan tubuh.

  5. Vitamin dan Mineral

    Jus tomat merupakan sumber vitamin dan mineral, termasuk vitamin A dan C. Satu cangkir jus tomat akan menyajikan hingga 74 persen vitamin C dan dan 2 persen vitamin A utnuk kebutuhan harian. Vitamin ini membantu sistem kekebalan tubuh dengan menghancurkan radikal bebas dalam aliran darah yang merusak sel. Vitamin lain yang ditemukan dalam jus tomat adalah K, B1, B2, B3, B5, B6, kalium, magnesium, besi dan fosfor. Vitamin K penting untuk kesehatan tulang karena mengatur dan meningkatkan kemampuan tubuh untuk menyerap kalsium. Satu porsi berisi sekitar 18 persen dari kebutuhan harian.

  6. Kolesterol

    Jus tomat juga merupakan obat alami yang sangat baik untuk kolesterol tinggi. Jus tomat banyak mengandung serat, yang bertindak untuk membantu memecah LDL (atau kolesterol jahat) dalam tubuh. Juga, B3 (niasin) yang ditemukan dalam jus tomat telah digunakan sebagai cara alami untuk mengobati kolesterol tinggi selama bertahun-tahun.

  7. Penyakit jantung

    Vitamin B6 dalam tomat membantu tubuh memecah senyawa yang disebut homocystene menjadi molekul lain yang tidak berbahaya. Homocystene adalah senyawa yang merusak dinding pembuluh darah dan membantu untuk menyebabkan penyakit jantung.

  8. Tipe 2 Diabetes dan Gumpalan Darah

    Segelas jus tomat setiap hari tampaknya membantu mereka yang bermasalah dengan pembekuan darah dengan memberikan efek pengencer darah. Kelainan pembekuan darah dialami penderita diabetes. Namun juga bermanfaat bagi siapa saja termasuk pelancong yang menggunakan pesawat terbang dan perokok.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>