INFOMANFAAT.COM

Manfaat Vitamin E untuk Kulit dan Tubuh

infomanfaat.com – Apa itu Vitamin E?

Vitamin E sebenarnya adalah keluarga vitamin yang larut dalam lemak, dan bertindak sebagai antioksidan yang kuat dalam tubuh. Antioksidan adalah senyawa yang melawan radikal bebas berbahaya dengan cara menetralisir aksinya. Radikal bebas adalah sumber penyebab penyakit yang dapat berkembang dalam tubuh. Ketika kita terus menerus mengkonsumsi makanan yang mengandung antioksidan, khususnya dalam hal ini vitamin E, tubuh kita dapat melawan penyebab penyakit ini. Ada 8 bentuk yang berbeda dari vitamin E; d-alfa tokoferol adalah yang paling aktif di tubuh kita. Vitamin E ditemukan dalam minyak sayur, kacang-kacangan, dan sayuran berdaun hijau. Saat ini vitamin E juga disajikan dalam suplemen yang dipasarkan secara bebas. Selain sebagai antioksidan, vitamin E membantu mencegah penggumpalan darah.

Untuk urusan kesehatan dan perawatan kulit, vitamin E sangat popular di kalangan masyarakat. Kenyataannya, produk perawatan kulit yang mengandung vitamin E menjadi pilihan utama untuk kulit yang sehat.

  1. Antioksidan

    Karena aktifitas antioksidan ini, vitamin E sangat penting dalam melindungi kulit dari sinar ultra violet, polusi, obat-obatan, dan eleman lain yang menghasilkan sel radikal bebas yang membahayakan. Vitamin E juga dipercaya sebagai alkohol alami yang paling efektif daripada asetat yang antioksidannya kurang efektif. Selalu perhatikan ini dalam label produk perawatan kulit.

    Sifat antioksidan vitamin E juga penting untuk membran sel. Misalnya, vitamin E melindungi sel-sel paru-paru yang berada dalam kontak secara konstan dengan oksigen dan sel darah putih yang membantu melawan penyakit.

    Tapi peran antioksidan vitamin E sebenarnya bisa lebih banyak. Ada bukti yang signifikan vitamin E dapat melindungi tubuh dari penyakit jantung dan dapat memperlambat yang berhubungan dengan penuaan. Seperti beta-karoten, efek vitamin E dalam pencegahan penyakit jantung mungkin baik dan harus dengan dosis yang tepat.

    Vitamin E juga bertindak sebagai antioksidan pada makanan. Vitamin E dalam minyak sayur membantu menjaga makanan dari proses oksidasi dan memperlambat makanan berubah menjadi tengik. Demikian juga, melindungi vitamin A dalam makanan dari yang teroksidasi. Hal ini membuat vitamin E bisa digunakan pengawet makanan yang alami.

  2. Manfaat vitamin E

  3. Regulator untuk Vitamin A

    Manfaat vitamin E untuk perawatan kulit sehat juga mencakup kemampuan untuk mengatur asupan dan aliran vitamin dalam tubuh, yang penting bagi kesehatan kulit.

  4. Vitamin E untuk Menghambat Penuaan Dini

    Vitamin E yang ditambahkan ke lotion, krim, dan produk perawatan kulit lainnya, termasuk yan diminum, memainkan peran dalam anti-penuaan dini pada kulit. Ini membantu kulit terlihat muda dengan mengurangi munculnya garis-garis halus dan kerutan. Juga, menghambat radikal bebas yang diyakini memainkan peran penting dalam penuaan kulit dan oleh karena itu aktivitas antioksidan ini sangat berharga untuk masalah kulit.

  5. Perlindungan dari Sinar UV dan Pengobatan Kulit Terbakar Akibat Sinar Matahari

    Lotion yang mengandung Vitamin E memberikan beberapa manfaat dalam mencegah dan mengobati kulit terbakar akibat sinar matahari. Lotion ini melindungi lapisan epidermis kulit dari tahap awal kerusakan dari sinar ultra violet. Vitamin E juga meningkatkan efektivitas tabir surya. Lotion ini tidak bekerja secara langsung. Lotion tabir surya harus digunakan sekitar 20 menit sebelum melakukan aktifitas di luar yang sangat mungkin akan terkena sinar matahari, Jadi, memungkinkan vitamin E untuk diserap jauh ke dalam lapisan epidermis.

  6. Pengobatan Penyakit Kulit

    Vitamin E dapat membantu dalam pengobatan berbagai penyakit kulit atau kondisi kulit tidak sehat. Aplikasi topikal seperti yang digunakan untuk mengobati psoriasis adalah salah satu manfaat vitamin E yang terkandung di dalamnya. Vitamin E uang diminum dapat membantu mengobati eritema (suatu peradangan kulit yang menghasilkan benjolan kemerahan, menyakitkan, dan rapuh).

  7. Mencegah Kanker Kulit

    Salah satu manfaat paling penting dari vitamin E adalah mencegah kanker kulit. Hal memperbaiki kualitas perlindungan terhadap sinar matahari dan tentu saja sifat antioksidan yang kuat, yang membantu mengurangi atau mencegah kerusakan kulit akibat sinar matahari.

    Dengan memerangi kanker yang dinamis, vitamin E melindungi sel dan DNA dari kerusakan yang dapat berubah menjadi sel kanker. Vitamin E juga mengurangi pertumbuhan tumor sementara serta meningkatkan fungsi kekebalan tubuh dan mencegah zat pra kanker sebelum diubah menjadi karsinogen. Percobaan terhadap tikus menunjukkan bahwa vitamin E yang diaplikasikan ke kulit dapat membantu mencegah kanker kulit akibat paparan radiasi ultraviolet.

Manfaat Vitamin E lainnya

Ada berbagai manfaat lain dari vitamin E untuk perawatan kulit:

  • vitamin E membantu mengurangi bekas luka yang muncul
  • vitamin E dapat membantu mencegah munculnya bintik hitam akibat pertambahan usia
  • membantu menjaga keseimbangan minyak di dalam kulit selama proses pembersihan
  • mengurangi kehilangan air dari kulit transepidermal dan memperkuat fungsi kulit kulit sebagai pelindung

Secara keseluruhan untuk perawatan kulit, manfaat yang lebih diperoleh dari aplikasi topikal dari vitamin E melalui krim atau lotion daripada mengkonsumsi vitamin E secara oral. Kulit mampu menyerap vitamin E alami efektif. Namun, mengonsumsi vitamin E secara oral adalah penting bagi kesehatan untuk bagian lain di dalam tubuh.

Beberapa lotion kulit dan krim yang direkomendasikan oleh para ahli kebanyakan adalah yang mengandung alkohol bentuk vitamin E (alfa-tokoferol) bukan bentuk asetat (alfa-tokoferol asetat). Bentuk asetat tidak menembus permukaan kulit dengan baik dan memberikan sedikit manfaat vitamin E seperti aktivitas antioksidan untuk kulit.

Mengapa Vitamin E Penting untuk Kesehatan?

Ada beberapa manfaat vitamin E untuk tubuh Anda. Beberapa penelitian terdahulu yang melibatkan asupan vitamin E lebih tinggi dari kebutuhan harian yang direkomendasikan, telah menunjukkan bahwa vitamin E mungkin berguna dalam mengobati atau mungkin mencegah:

  • nyeri menstruasi
  • jumlah sperma yang rendah
  • peradangan jaringan mata
  • katarak
  • sindrom kaki yang kaku dan meredakan kram otot
  • Penyakit Alzheimer
  • Penyakit Parkinson
  • rheumatoid arthritis
  • asma
  • berbagai komplikasi diabetes terkait dan mungkin membantu dalam pengobatan dan bahkan mencegah diabetes itu sendiri
  • penyakit kardiovaskular
  • kanker prostat dan kanker payudara

Manfaat vitamin E juga membantu tubuh meningkatkan dan mengatur kadar vitamin dalam tubuh dan sebagai booster atau pemicu sistem kekebalan tubuh, terutama pada orang dewasa yang telah menua. Vitamin E topikal juga dapatmeningkatkan sirkulasi darah yang baik dan mencegah pembekuan darah, terutama pada orang yang menderita diabetes.

Rekomendasi Asupan Diet

400 IU (international unit) adalah tingkat atas ditoleransi vitamin E. Jika mengkonsumsi lebih dari ini setiap hari dapat meningkatkan risiko kematian bagi seseorang. Namun, hal ini biasanya hanya terjadi melalui suplemen, Anda tidak bisa benar-benar mendapatkan vitamin E yang banyak dari makanan. Masalah utama adalah sel darah menjadi terlalu tipis, terjadi koagulasi (pembekuan darah), dan pasien akan mengalami perdarahan, atau berdarah sampai meninggal dunia.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>