Manfaat Daun Jati Cina Membersihkan Saluran Pencernaan

Manfaat Daun Jati Cina

infomanfaat.com – Daun jati cina yang juga dikenal dengan nama Senna Leaves merupakan tanaman obat yang memiliki beragam khasiat bagi tubuh. Khasiatnya yang paling menonjol adalah kemampuannya dalam menstimulasi pergerakan usus atau saluran pencernaan. Dewasa ini, banyak orang yang mengalami minimnya pergerakan pada saluran pencernaan mereka, hal itu tentu akan menjadi masalah. Jika pergerakan usus atau saluran pencernaan berhasil dinormalkan, maka akan banyak masalah kesehatan yang akan terpecahkan.

Daun Jati Cina Sebagai Obat Pencahar (Mengatasi Konstipasi/Sembelit)

Daun Jati Cina telah lama dikenal dan digunakan sebagai obat pencahar alami. Hal tersebut berkat adanya kandungan senyawa glikosida dalam daun jati cina yang membantu proses transport elektrolit, sehingga dapat meyebabkan terjadinya pergerakan usus dalam waktu 6 hingga 12 jam setelah dikonsumsi.

Penggunaan daun jati cina dalam mengatasi konstipasi telah diakui oleh FDA (BPOM-nya Amerika) dan telah disetujui sebagai obat pencahar yang tidak diresepkan. Daun jati cina dapat menstimulasi otot-otot usus besar dalam mendorong feses untuk dikeluarkan dari tubuh. Tidak hanya itu, aksi daun jati cina sebagai obat pencahar juga mempengaruhi konsistensi feses, karena kolon dapat menyerap lebih banyak air sehingga feses menjadi lebih lembut. Kasus konstipasi yang cukup parah juga dapat diatasi oleh pemberian daun jati cina.

Pembersih Kolon (Usus Besar)

Khasiatnya dalam menstimulasi otot-otot kolon membuat daun jati cina kerap digunakan dengan tujuan untuk membersihkan usus besar dari sisa-sisa makanan yang belum dikeluarkan dari tubuh. Seringkali terdapat sisa-sisa makanan yang stagnan terakumulasi di dalam perut, sehingga kita sering merasa tidak nyaman karenanya atau biasa disebut begah, daun jati cina dapat menyelesaikan masalah tersebut dengan sangat efektif, terlebih lagi sifatnya alami (sehingga lebih aman bagi tubuh).

Membantu Menurunkan Berat Badan

Manfaatnya dalam mengosongkan usus besar atau saluran pencernaan membuat daun jati cina kerap menjadi pilihan sebagai saah satu cara yang digunakan banyak orang untuk tujuan menurunkan berat badan. Daun jati cina berkhasiat dalam membuang sampah yang menumpuk atau terakumulasi di dalam tubuh. Hal itu akan berkontribusi dalam menurunkan bobot badan Anda. Tidak hanya itu, daun jati cina juga dapat mengeluarkan toksin dari dalam tubuh, sehingga proses metabolisme di dalam tubuh akan berjalan dengan baik. Proses metabolisme tubuh yang baik akan mencegah terjadinya obesitas atau kegemukan. Peran daun jati cina dalam menurunkan berat badan lebih kepada menstimulasi proses pembuangan (ekskresi) sampah dari dalam tubuh ketimbang membakar lemak.

Membantu Mengatasi Wasir

Daun jati cina telah diketahui bermanfaat dalam mengatasi wasir serta memfasilitasi proses penyembuhannya sehingga menjadi lebih cepat. Khasiat daun jati cina dalam melembutkan konsistensi feses tentu akan sangat bermanfaat bagi para penderita wasir, karena hal itu akan membuat feses menjadi lebih mudah dan cepat dikeluarkan. Keluhan akan rasa sakit yang kerap dialami para penderita wasir saat defekasi (BAB) tidak akan lagi dialami jika feses mudah dan cepat dikeluarkan, atau paling tidak rasa sakit yang dirasakan akan sangat minimal.


loading...

You Might Also Like

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>