Manfaat Senyum: Tersenyumlah dan Dunia Akan Tersenyum Kepada Anda

Manfaat Senyum

infomanfaat.com – Tersenyum adalah cara yang bagus untuk membuat diri Anda menonjol. Selain untuk meningkatkan kesehatan Anda, mengurangi stres, dan daya tarik Anda, tersenyum adalah salah satu cara untuk menyenangkan hidup lebih lama dan itu adalah hal paling mudah yang dilakukan.

Stres telah dikaitkan dengan sejumlah masalah kesehatan, termasuk penyakit jantung, diabetes tipe 2, tekanan darah tinggi dan obesitas. Tetapi dengan tersenyum dapat menjauhkan kondisi stress dari hidup Anda, berikut berbagai manfaat yang dapat Anda dapatkan dengan tersenyum:

  1. Tersenyum Membuat Anda Terlihat Menarik
    Kita tertarik pada orang yang tersenyum. Orang-orang yang terlihat bahagia diperkirakan memiliki lebih banyak teman dan menjadi lebih sukses, dengan tampil lebih percaya diri dan menjadi lebih mudah untuk didekati.
  2. Manfaat Senyum

  3. Perubahan Suasana Hati Ketika tersenyum
    Suatu kali ketika Anda merasa sedih, Ada kesempatan dimana Anda dapat mengubah suasana hati menjadi lebih baik dengan cara tersenyum. Tersenyum dapat ‘mengelabui’ tubuh untuk membantu Anda mengubah suasana hati Anda. Bila Anda tertawa, tubuh Anda melepaskan endorfin. Ini adalah zat kimia otak yang dikenal sebagai neurotransmiter, yang akan membuat kita merasa bahagia.

    Tersenyum adalah salah satu cara untuk mengurangi penderitaan yang disebabkan oleh situasi menjengkelkan. Psikolog menyebutnya hipotesis ‘umpan balik wajah’. Bahkan memaksakan diri untuk tersenyum ketika kita tidak merasa seperti itu cukup untuk mengangkat suasana hati kita.

  4. Tersenyum Bisa Menular
    Ketika seseorang tersenyum mereka meringankan ruangan, mengubah suasana hati orang lain, dan membuat hal-hal menjadi lebih bahagia. Seseorang tersenyum akan membawa kebahagiaan ke sekitarnya.
  5. Meredakan Stres
    Kadang kita benar-benar stress ketika menghadapi sesuatu. Tertawa mengurangi tingkat kortisol, hormon stres, dan memberikan perubahan mood secara cepat. Tersenyum membantu mencegah kita dari tampak letih, lelah, dan kewalahan. Ketika Anda stres, sempatkan untuk tersenyum. Stres akan berkurang dan Anda akan lebih mampu mengambil tindakan.
  6. Tersenyum Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh Anda
    Tersenyum membantu sistem kekebalan tubuh untuk bekerja lebih baik. Saat Anda tersenyum, fungsi imun meningkatkan kemungkinan karena Anda lebih rileks. Bisa saja mencegah flu dan pilek dengan tersenyum. Tawa yang baik juga dapat bermanfaat bagi paru-paru, dan bahkan bisa membakar kalori.
  7. Tersenyum Menurunkan Tekanan Darah Anda
    Saat Anda tersenyum, ada pengurangan yang signifikan dalam tekanan darah Anda. Anda dapat membuktikannya jika Anda memiliki monitor tekanan darah. Duduk selama beberapa menit, membaca. Lalu tersenyum selama satu menit dan membaca lagi sambil tersenyum. Apakah Anda melihat perbedaan?
  8. Wajah Tersenyum Membuat Anda Terlihat Lebih Muda
    Otot-otot kita gunakan untuk tersenyum mengangkat wajah, membuat seseorang tampak lebih muda. Tidak perlu ke Beauty Center untuk face lift, cobalah tersenyum dalam menjalani hidup Anda, Anda akan terlihat lebih muda dan merasa lebih baik.
  9. Tersenyum Meringankan Hukuman
    Ketika orang tertangkap melakukan hal buruk mereka sering tersenyum ketika mereka tertangkap (koruptor misalnya). Apakah ini untuk keuntungan mereka?

    Menurut sebuah studi yang dilakukan oleh LaFrance dan Hecht (1995), kita bisa memperlakukan orang yang pernah melanggar aturan dengan keringanan lebih banyak jika mereka tersenyum tersenyum. Tidak peduli apakah itu senyum palsu, senyum menyedihkan atau memang benar-benar senyum. Hal ini tampaknya berhasil karena kita menemukan orang yang tersenyum setelah melanggar aturan yang lebih dapat dipercaya daripada mereka yang tidak.

  10. Dimaafkan secara Sosial Atas Kekeliruan atau Kekonyolan
    Apakah Anda pernah melakukan hal-hal yang konyol dan diketahui orang lain? Atau menginjak kaki orang misalnya. Biasanya Anda langsung tersenyum malu sebagai rasa malu sekaligus ungkapan perasaan bersalah. Senyum malu dengan muka menunduk akan memperoleh rekan-perasaan dari orang lain sehingga mereka memaafkan kita lebih cepat.

    Jadi tersenyum malu membantu kita keluar dari ‘penjara’. Sekali lagi, itulah kekuatan senyum.

  11. Karena Kalau Tidak Tersenyum Aku Akan Merasa Buruk
    Kadang-kadang kita tersenyum baik karena sopan dan agar kita dapat menghindari perasaan buruk setelahnya, misalnya ketika ada orang yang membuat lelucon dan ternyata itu tidak lucu, dan dia adalah orang penting atau orang yang kita segani.

    Jadi kita mengangguk dan tersenyum sopan, karena kalau tidak kita akan menyesal sesudahnya. Perempuan, meskipun, tampaknya merasa ini tekanan untuk tersenyum pada berita gembira orang lain lebih daripada pria.

  12. Senyum untuk wawasan
    Ketika kita sedang gugup pandangan kita cenderung sempit. Kita berhenti melihat apa yang terjadi di sekitar tepi dan hanya melihat apa yang benar-benar di depan kita. Hal ini berlaku di kedua yang harfiah dan pengertian metaforis: ketika gugup atau stres kita cenderung memperhatikan ide-ide yang berada di tepi kesadaran kita.

    Tersenyum membuat kita merasa baik yang juga meningkatkan fleksibilitas perhatian kita dan kemampuan kita untuk berpikir secara holistik. Ketika ide ini diuji oleh Johnson et al. (2010), hasil menunjukkan bahwa peserta yang tersenyum melaksanakan tugas-tugas secara lebih baik. Jadi senyum benar-benar dapat membantu memberi kita wawasan ledakan.

  13. Tersenyumlah dan (setengah) Dunia Tersenyum Kepada Anda
    Salah satu kebahagian sosial yang sederhana, yang muncul hampir tanpa disadari karena itu otomatis, adalah ketika Anda tersenyum pada seseorang dan mereka tersenyum kembali.

    Karena Anda akan telah menyadari, meskipun, tidak semua orang kembali tersenyum. Hinsz dan Tomhave (1991) ingin melihat berapa proporsi orang yang akan menanggapi senyuman yang ditujukan kepada mereka dan kemudian membalasnya dengan senyum mereka sendiri. Hasilnya menunjukkan sekitar 50% orang membalas.

  14. Senyum untuk Umur panjang
    Mungkin penelitian ini dapat membujuk senyum Anda keluar: orang yang tersenyum lebih banyak mungkin hidup lebih lama. Sebuah studi gambar yang diambil dari pemain bisbol pada tahun 1952 menunjukkan mereka yang tersenyum-senyum memiliki hidup lebih lama dibandingkan dengan rekan mereka yang tidak, yaitu lebih lama tujuh tahun (Abel & Kruger, 2010).

Fakta Ilmiah Tentang Senyum

  • Anda mungkin berpikir bahwa orang tersenyum karena mereka bahagia, tetapi penelitian ilmiah menunjukkan sebaliknya.”Cukup menggunakan otot yang sama seperti tersenyum akan menempatkan Anda dalam suasana hati yang bahagia,” jelas Dr Michael Lewis, psikolog di Universitas Cardiff.
  • Charles Darwin adalah salah satu orang pertama yang menunjukkan ekspresi seseorang benar-benar dapat mengintensifkan perasaannya. Teori ini dikenal sebagai ‘umpan balik’ atau ‘hipotesis umpan balik wajah’.
  • Ekspresi tersenyum menjadi ‘feed back’ atau umpan balik ke bagaimana kita mengalami suasana hati, sehingga membuat kita merasa lebih bahagia.
  • Orang yang menggunakan otot-otot mereka untuk tersenyum ketika disajikan dengan kartun menemukan mereka lebih lucu daripada orang yang tidak, ini bisa membuat Anda menjadi tampak lebih muda.
  • Studi terpisah telah menunjukkan bahwa orang yang menderita kelumpuhan wajah, dan tanpa kemampuan untuk tersenyum, ditemukan bahwa mereka lebih mudah menderita depresi.

Sekarang ada banyak alasan untuk tersenyum, bukan?


loading...

You Might Also Like

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>