INFOMANFAAT.COM

Manfaat Tidur Siang

infomanfaat.com – Banyak yang beranggapan bahwa tidur siang adalah salah satu aktivitas yang kurang baik, karena identik dengan kemalasan. Padahal sebenarnya tidaklah demikian. Tidur siang tidak seburuk apa yang banyak dipikirkan orang. Tidur siang justru memiliki banyak manfaat bagi tubuh kita. Penelitian menunjukkan bahwa tidur siang dapat membantu meningkatkan kewaspadaan, menurunkan stress dan ketegangan, serta meningkatkan fungsi kognitif otak.

Manfaat Utama Tidur Siang

Selama ini, mungkin hanya bayi dan anak-anak saja yang terbiasa tidur siang. Pada bayi misalnya, mereka akan menjadi mudah marah dan sering menangis bila tidak tidur siang. Sementara pada anak-anak, tidur siang diperlukan karena penting untuk pertumbuhan tubuh mereka. Lalu bagaimana dengan orang dewasa? Tidur siang ternyata juga penting untuk orang dewasa. Apa saja manfaatnya?

  1. Tidur siang adalah obat untuk Kurang Tidur

    Tidur siang bisa menjadi salah satu cara untuk mengobati kekurangan tidur di malam hari. Anda bisa mendapatkan manfaat yang luar biasa dari tidur siang meski hanya sebentar, sekitar 15 sampai 20 menit. Kurang tidur di malam hari faktanya bisa menimbulkan kantuk di siang hari yang berarti dapat menurunkan efektivitas Anda dalam bekerja. Dengan tidur siang sebentar, Anda bisa mengkompensasi kekurangan waktu tidur tersebut yang pada akhirnya bisa mengurangi rasa kantuk dan membuat tubuh Anda merasa lebih berenergi setelahnya nanti.

    Manfaat tidur siang

    Tidur adalah kumulatif, jika Anda kehilangan waktu tidur satu hari, maka Anda akan merasakan kantuk di hari berikutnya. Manusia harus cukup tidur, karena kurang tidur bisa menimbulkan ketidakseimbangan dalam tubuh. Dan rasa kantuk merupakan salah satu reaksi alamiah tubuh terhadap ketidakseimbangan tersebut.

    Selain menimbulkan rasa kantuk, defisit (kekurangan) tidur juga bisa menimbulkan berbagai kerugian bagi tubuh, yaitu:

    • Menurunkan kemampuan tubuh untuk lebih sigap dalam hal bereaksi terhadap sesuatu
    • Menurunkan kemampuan tubuh dalam hal mengambil keputusan dan mengolah informasi di otak
    • Menurunkan kemampuan mengingat (memori) jangka pendek
    • Menurunkan semangat, motivasi dan kinerja
    • Menurunkan kewaspadaan
    • Menurunkan kesabaran (biasanya orang menjadi mudah marah karena mengantuk)
    • Lebih sering murung, lesu, mudah jenuh dan stres.

  2. Tidur siang dapat meningkatkan fungsi otak

    Tidur siang selama 5 -15 menit dapat membantu meningkatkan fungsi otak selama lebih dari 3 jam.

    Tidur siang selama kurang lebih 30 sampai 60 menit baik untuk membantu Anda dalam hal berpikir dan mengambil keputusan. Tidur siang juga bisa mengembalikan lagi kemampuan memori dan daya ingat otak Anda yang lelah akibat banyak berpikir dan bekerja.

    Sebuah studi baru oleh para peneliti Harvard menemukan bahwa tidur siang selama 60-90 menit memiliki manfaat serupa dengan tidur malam hari, yaitu bisa berefek positif bagi kinerja otak. Ini berarti bahwa menggabungkan tidur malam dengan tidur siang dapat memunculkan efek yang lebih baik lagi bagi fungsi otak.

    Tidur siang selama 60 sampai 90 menit juga cukup efektif untuk membuat koneksi baru di otak sehingga meningkatkan kemampuan otak dalam hal menganalisa dan memecahkan masalah. Para peneliti di University Pennsylvania menemukan bahwa orang-orang akan lebih mampu memecahkan masalah matematika setelah beristirahat atau tidur siang sejenak.

  3. Tidur siang dapat meningkatkan kreativitas dan produktivitas

    Penelitian menunjukkan bahwa tidur siang lebih dari 20 menit dapat membantu meningkatkan memori dan kreativitas. Kemampuan dan fungsi otak yang meningkat tentunya akan meningkatkan daya imajinasi dan kreasi otak. Tidur siang akan mengistirahatkan sejenak otak yang lelah, menyegarkan otak dan membantu memunculkan ide-ide kreatif setelahnya nanti.

    Tak hanya itu, tidur siang sebagai bentuk istirahat sejenak dari rutinitas sehari-hari ternyata juga bisa meningkatkan produktivitas dalam bekerja sebesar 30%. Orang yang tidur siang juga menjadi lebih semangat dan termotivasi karena energinya seperti sudah terisi kembali. Semangat dan energi yang meningkat tersebut membuat orang menjadi lebih produktif dalam menjalankan aktivitas kerja sehari-hari.

  4. Tidur siang akan meningkatkan kewaspadaan

    Tidur siang selama 20 menit sangat baik untuk meningkatkan kewaspadaan dan fungsi saraf motorik Anda. Biasanya setelah tidur siang Anda akan menjadi lebih gesit dan aktif dalam beraktivitas.

    Kewaspadaan yang baik tentulah sangat dibutuhkan bagi mereka yang berprofesi sebagai pengemudi. Tidur siang merupakan salah satu cara efektif untuk meningkatkan kewaspadaan dan mengatasi kantuk bagi para pengemudi. Tidur siang singkat sebelum mengemudi dapat mengurangi risiko terjadinya kecelakaan. Ahli tidur juga merekomendasikan bahwa jika Anda merasa mengantuk saat mengemudi, Anda harus segera mencari tempat istirahat, minum minuman berkafein dan tidur siang sebentar setidaknya selama 20 menit.

  5. Tidur siang mampu mengendurkan ketegangan

    Anda tentunya sering merasakan ketegangan di otak dan kepala akibat kurang tidur di malam hari. Bahkan Anda sering merasakan pusing kepala saat benar-benar mengantuk. Tidur siang merupakan cara efektif untuk menghilangkan keluhan tersebut, karena akan membantu menurunkan stres dan ketegangan di otak.

    Suntuk dan mood yang jelek juga bisa diatasi dengan tidur siang. Tidur siang membantu memperbaiki mood Anda dan membuat anda merasa lebih baik setelahnya.

  6. Tidur siang dapat menurunkan resiko penyakit jantung

    Menurut penelitian dari Harvard School of Public Health dan University of Athens Medical School di Yunani, tidur siang merupakan aktivitas yang baik untuk jantung. Sebuah tersebut menunjukkan bahwa tidur siang selama 30 menit sebanyak 3 kali dalam seminggu dapat menurunkan resiko penyakit jantung sebesar 37%.

    Tidur siang selama 45 – 60 menit juga dapat menurunkan tekanan darah akibat stress.

  7. Tidur siang baik untuk mata

    Ketegangan di mata akibat terlalu lama berada di depan komputer/laptop bisa diatasi dengan tidur siang. Dengan tidur siang, otot-otot di mata akan menjadi lebih rileks. Ketegangan pada mata yang terjadi secara terus menerus dapat menimbulkan efek yang tidak baik bagi kesehatan mata Anda. Jadi, tak ada salahnya untuk tidur siang sejenak untuk mengobati kelelahan pada mata Anda.

  8. Terhindar dari Pertambahan Berat Badan
    Dengan tidur siang berarti Kamu telah memperbanyak total waktu tidur Kamu dalam sehari. Menurut penelitian, waktu tidur yang cukup akan menghindari seseorang dari kecenderungan untuk mengalami kegemukan atau obesitas. Mereka yang waktu tidurnya sedikit akan mengalami penurunan hormon leptin (hormon yang membuat Kamu merasa kenyang) dan peningkatan hormon ghrelin (hormon yang membuat Kamu merasa lapar). Oleh karena itu, tidur disinyalir sebagai salah satu cara dalam mengontrol berat badan seseorang.


Tips Tidur Siang

Agar Anda benar-benar mendapatkan manfaat baik dari tidur siang, ikutilah beberapa tips berikut ini:

  • Hal pertama yang perlu dilakukan untuk bisa tidur siang dengan baik adalah menanamkan dalam diri Anda secara psikologis bahwa tidur siang bukanlah kesalahan, bukanlah kemalasan. Justru Anda akan mendapatkan banyak manfaat dari aktivitas tidur siang.

  • Lakukan tidur siang secara reguler.
    Jaga jadwal tidur yang teratur. Baiknya tidur antara pukul 13:00-15:00. Jangan tidur terlalu sore, yaitu di atas jam 3 karena bisa mengganggu waktu tidur malam Anda nantinya.

  • Tidurlah walau hanya sebentar.
    Ada pro dan kontra untuk durasi tidur, tetapi jika Anda hanya memiliki 15 menit untuk istirahat/tidur, maka lakukanlah! Jika Anda hanya memiliki 5 menit saja, tidurlah selama 5 menit. Istirahat sejenak bermanfaat untuk mengurangi stres dan membantu tubuh menjadi lebih rileks, lebih semangat dan berenergi sehingga dapat menyelesaikan tugas harian Anda.

    Anda bisa mengatur waktu tidur dengan mengatur alarm pada ponsel Anda selama 30 menit atau kurang jika Anda tidak ingin bangun dengan kepala pusing karena kebanyakan tidur siang. Meski bermanfaat, sebaiknya tidur siang dilakukan maksimal selama 1-2 jam saja. Tidur siang yang terlalu lama justru bisa menimbulkan keluhan pusing di kepala Anda, menimbulkan nyeri punggung, dan mengganggu waktu tidur malam Anda.

  • Jika kesulitan untuk tidur siang dalam suasana terang, pergilah ke tempat yang gelap. Tidur siang di kamar gelap atau memakai masker mata dapat membantu Anda untuk terlelap lebih cepat.

Ternyata, mitos tidur siang yang katanya membuat kita menjadi malas adalah salah. Tidur siang sebenarnya normal dan wajar-wajar saja. Karena tidur siang justru merupakan kebiasaan yang sehat sebagai bentuk respon alami terhadap ritme tubuh manusia.

Harry S. Truman Winston Churchill, Albert Einstein, Margaret Thatcher, Thomas Edison, Leonardo da Vinci, dan John F. Kennedy adalah beberapa contoh tokoh terkenal yang terbiasa tidur siang.

Meski bermanfaat, tidur siang ternyata bukanlah untuk semua orang. Bagi sebagian orang, tidur siang justru bisa membuat mereka merasa pusing dan menjadi mudah marah. Bila Anda termasuk ke dalam kelompok orang yang demikian, maka sebaiknya hindari tidur siang. Penderita insomnia juga termasuk kelompok orang yang harus menghindari tidur siang dan tertidur pada sore hari, karena akan semakin memperberat keluhan insomnianya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>