INFOMANFAAT.COM

Manfaat Bawang Putih untuk Pengobatan Alami

infomanfaat.com – Selama berabad-abad, nenek moyang kita percaya dan menggunakan bawang putih sebagai “obat segala penyakit.” Memang bukan tanpa alasan jika bawang putih mendapat julukan “Umbi Seribu Khasiat”. Senyawa yang terkandung di dalam bawang putih, yaitu Allicin, menyebabkan umbi yang satu ini memiliki banyak khasiat bagi tubuh kita. Sebut saja flu, demam, hipertensi dan beberapa masalah kesehatan lainnya bisa diatasi oleh bawang putih. Manfaat dan khasiat bawang putih akan diuraikan dalam artikel ini.

Berikut manfaat bawang putih bagi kesehatan tubuh kita:

  1. Menyembuhkan flu, pilek, dan demam

    Jika Anda terkena pilek dan flu, ambillah sejumlah siung kecil bawang putih setiap hari sampai infeksi hilang. Bawang putih cenderung mengurangi frekuensi pilek dan flu tanpa efek samping. Dosis per hari yang disarankan adalah dua atau tiga siung bawang putih mentah atau dimasak.

  2. Membersihkan muka dari noda dan jerawat

    Bawang putih ternyata juga memiliki khasiat dalam membersihkan muka kita, terutama buat Kamu para remaja yang seringkali jengkel dengan adanya jerawat atau masalah kulit wajah lainnya. Kita semua pernah memiiki jerawat yang mengerikan, noda, atau komedo di wajah, bukan? Jika Kamu ingin menguranginya, atau jika Kamu hanya ingin kulit wajah Anda lebih bersinar, ambilah dua siung bawang putih mentah secara teratur dengan air hangat di pagi hari. Bawang putih berfungsi sebagai pembersih darah dan membersihkan sistem tubuh Anda secara internal. Jangan makan cokelat, makanan pedas atau berminyak selama pengobatan ini dan bilas wajah Anda lima kali sehari dengan air dingin. Minum banyak air putih setiap hari untuk membilas kotoran beracun dari darah dan buang air kecil setiap kali Anda merasa bahwa kandung kemih sudah penuh.

  3. Khasiat Bawang Putih

  4. Mengurangi Hipertensi

    Gumpalan Darah – Uji klinis, yang diterbitkan dalam Journal of Hypertension, menunjukkan bahwa tekanan darah sukarelawan berkurang 1 – 5% setelah mengkonsumsi suplemen bawang putih. Khasiat bawang putih dalam mengurangi hipertensi tersebut diketahui dapat mengurangi kemungkinan terjadinya stroke 30-40% dan penyakit jantung hingga 20-25%.

  5. Mengurangi kadar kolesterol dalam darah
    Fungsi Bawang Putih Menghambat Plak Kolesterol

    sumber gambar: lifescript.com

    Jika level kolesterol Anda tinggi, gunakan bawang putih dalam makanan Anda. Ini adalah cara yang lebih baik bagi pasien jantung untuk mengurangi tingkat kolesterol mereka. Ilmu kedokteran modern menunjukkan salah satu alasan bahwa bawang putih dapat mengurangi kolesterol, yaitu “Bawang putih telah terbukti sebagai anti-oksidan”. Hal itu dapat membantu untuk mencegah LDL (Low Density Lipo Protein) teroksidasi yang selanjutnya dapat meneyebabkan terbentuknya gumpalan darah. Dengan cara ini kolesterol yang mempersempit arteri mungkin dapat dikurangi. Manfaat bawang putih dalam hal ini adalah mencegah terjadinya pembentukan plak di dinding pembuluh darah yang dapat mengakibatkan penyempitan yang pada akhirnya dapat meningkatkan tekanan darah dan bahkan stroke.

  6. Membantu menurunkan berat badan

    Jika Anda sangat gemuk dan ingin menurunkan berat badan, peras setengah jus lemon dalam satu gelas air hangat suam dan minum dengan dua siung bawang putih mentah secara teratur dua kali sehari (pagi dan sore), selama sekitar tiga bulan. Hindari menggunakan makanan yang mengandung tepung dan lemak. Lakukan olahraga secara teratur. Semoga akan ada perubahan besar dalam tubuh Anda.

  7. Sebagai Anti-aging, membantu mencegah penuaan dini

    Jika Anda merasa telah berkeriput, dan Anda ingin menggunakan krim anti penuaan, akan lebih baik untuk menggunakan 3 siung bawang putih secara teratur karena memiliki efek antioksidan kuat, yang membantu melindungi tubuh Anda melawan “Radikal Bebas” yang merusak. Ingat, kulit terluar terdiri dari kolagen dan elastisitas akan hilang secara tahunan. Oleh karena itu, gunakan bawang putih dan lakukan olahraga secara teratur untuk hasil yang positif.

  8. Mengobati sakit telinga

    Khasiat bawang putih dapat diperoleh tidak hanya dalam bentuk siungnya, namun juga dalam bentuk minyaknya. Contohnya jika Anda mengalami sakit/infeksi telinga, maka tempatkan dua atau tiga tetes minyak bawang putih hangat di telinga.

  9. Memaksimalkan berat badan janin sehat.
  10. Mengurangi resiko kanker

    Gunakan dua bawang putih mentah setiap hari untuk mengurangi risiko kanker, karena sifat Anti-Karsinogeniknya. Fungsi bawang putih dalam hal ini adalah membantu mencegah pembentukan senyawa kanker yang akan berkembang menjadi tumor. Jadi, bawang putih juga berkhasiat dalam menghambat pertumbuhan tumor.

  11. Mengobati gigitan serangga

    Jika serangga menggigit Anda, untuk mengatasinya Anda hanya perlu menumbuk bawang putih dan menerapkannya ke daerah yang terluka untuk mengurangi rasa sakit dan untuk menghilangkan racun.

  12. Antioksidan alami

    Manfaat Bawang Putih akibat adanya Allicin

    Allicin, sumber: 3dchem.com

    Setelah dilakukan studi secara mendalam, ternyata bawang putih mengandung senyawa Antioksidan – Allicin yang memiliki aktivitas antioksidan alami layaknya enzim katalase dan glutation peroksidase dalam darah Anda. Dalam hal ini, khasiat bawang putih itu dapat dimanfaatkan dalam membantu melawan efek merusak dari nikotin dan memperlambat proses penuaan hati Anda dengan menghambat peroksidasi lipid.

Semoga bermanfaat

Related Posts

One thought on “Manfaat Bawang Putih untuk Pengobatan Alami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>