INFOMANFAAT.COM

Manfaat Kacang Hijau sungguh Luar Biasa

infomanfaat.com – Kacang hijau merupakan salah satu makanan yang terlihat sederhana namun sebenarnya bisa dijadikan pembangkit tenaga karena kekayaan gizinya. Kacang hijau merupakan keluarga kacang-kacangan dan sumber protein yang baik. Jika kacang hijau digabungkan dengan sereal lain, maka lengkaplah kebutuhan protein. Ketika tumbuh, kacang hijau mengandung vitamin C yang bahkan tidak ditemukan dalam kacang itu sendiri.

Manfaat Kacang Hijau untuk Kesehatan

Kacang hijau kaya akan nutrisi sebagai berikut:

  1. Protein: Kacang hijau mengandung sekitar 3.16 g protein per sajian. Sementara daging masih merupakan salah satu sumber protein terbaik dengan kandungannya sebanyak 7 g per ons, kacang hijau dan makanan nabati memiliki lemak jenuh dan kolesterol jauh lebih sedikit dibandingkan daging.
  2. Manfaat Kacang Hijau

  3. Asam folat atau folat, dapat membantu :
    • menurunkan risiko penyakit jantung,
    • mengurangi kecacatan pada saat kelahiran,
    • memberikan kontribusi terhadap pertumbuhan sel normal,
    • membantu dalam metabolisme protein,
    • berperan dalam pembentukan sel darah merah dan proses penyembuhan dalam tubuh.
  4. Besi: membantu untuk membangun ketahanan terhadap stres dan penyakit. Besi sangat penting untuk pembentukan hemoglobin yang berfungsi dalam membawa oksigen dari paru-paru ke seluruh sel di dalam tubuh. Besi juga berperan penting dalam aktivitas suatu sistem enzim yang berperan dalam memperlancar metabolisme tubuh dan produksi energi.
  5. Seng: adalah pemicu sistem kekebalan tubuh dan dapat membantu dalam memerangi infertilitas pria. Seng membantu proses penyembuhan dalam tubuh, pertumbuhan, dan perbaikan jaringan.
  6. Kalium: diperlukan untuk mempertahankan keseimbangan asam-basa dalam darah dan untuk kontraksi otot agar jantung berdetak normal.
  7. Magnesium: membantu pembuluh vena dan arteri untuk rileks, mengurangi resistensi dan meningkatkan aliran darah, oksigen, dan nutrisi ke seluruh tubuh. Penelitian telah menunjukkan bahwa kekurangan magnesium tidak hanya terkait dengan serangan jantung tapi yang segera setelah serangan jantung, kekurangan magnesium dapat menyebabkan terjadinya kerusakan jantung akibat radikal bebas.
  8. Tembaga: Tubuh membutuhkan tembaga dalam rangka penyerapan zat besi. Unsur tembaga juga terlibat dalam proses metabolisme protein di dalam tubuh.
  9. Mangan: mineral yang merupakan kunci untuk produksi energi dan pertahanan oleh antioksidan, juga diperlukan untuk metabolisme karbohidrat, lemak, dan protein, dan dapat membantu untuk otak dan saraf.
  10. Fosfor
  11. Tiamin: memastikan bahwa fungsi sistem saraf berfungsi dengan benar, juga penting untuk produksi energi dari karbohidrat.

Kacang hijau juga tinggi akan serat, rendah lemak jenuh, rendah sodium, dan tidak mengandung kolesterol. Berbagai nutrisi yang terkandung dalam kacang hijau menawarkan seluruh sumber manfaat kesehatan untuk sistem kekebalan tubuh, metabolisme, jantung dan organ tubuh lainnya, pertumbuhan sel, perlindungan terhadap radikal bebas, dan penyakit seperti kanker dan diabetes.

Seperti semua kacang-kacangan, kacang hijau sangat tinggi serat – lebih daripada buah-buahan dan sayuran dan bahkan lebih baik dari biji-bijian. Serat larut dalam kacang hijau dapat menangkap kolesterol dalam usus, lalu keluar dari aliran darah, dan membawanya keluar dari tubuh.

Secara umum, kacang hijau dapat menghilangkan atau mengurangi resiko:

  1. Kolesterol
    Jika Anda memiliki kolesterol tinggi, Anda bisa mendapatkan manfaat dari makan kacang hijau setiap hari. Kacang hijau mengandung rendah kolesterol dan tinggi dalam serat makanan terlarut. Serat makanan mengacu pada partikel makanan tertentu yang tidak dapat dicerna. Serat makanan terbagi dalam dua bentuk: larut dan tidak larut. Bentuk serat tidak larut dalam menormalkan pergerakan feses, tetapi tidak efektif menurunkan tekanan darah. Serat larut saat dicampur dengan air di dalam saluran pencernaan akan membentuk bahan seperti gel, yang membantu dalam mendukung fungsi-fungsi esensial tubuh.

    Makanan yang kaya akan serat larut dapat membantu menurunkan kolesterol LDL (kolesterol jahat) dengan mendorong produksi reseptor LDL yang bertanggung jawab untuk menghilangkan kelebihan kolesterol LDL dari aliran darah. Dianjurkan untuk mengkonsumsi 10 sampai 25 g serat larut per hari untuk mengurangi jumlah kolesterol LDL. Kacang hijau mengandung 1,9 g serat makanan total per cangkir. Kacang hijau dapat dikombinasikan dengan makanan lain yang kaya serat makanan untuk lebih menurunkan kadar kolesterol LDL.

  2. Kanker Payudara
    Kacang hijau dan jenis kacang lainnya mengandung protease inhibitor. Protease inhibitor memperlambat replikasi sel-sel kanker tertentu termasuk yang ditemukan pada kanker payudara. Protease inhibitor dikenal untuk memblokir dan mencegah pembentukan sel tumor.
  3. Keluhan Pasca-Menopause
    Kacang seperti berbagai kacang hijau mengandung nutrisi isoflavon. Isoflavon membantu mengatur aktivitas hormonal. Isoflavon termasuk kelas phytoestrogen, membuat kacang hijau bersifat estrogenik alami. Kacang hijau mengandung sekitar 495,1 ug konten fitoestrogen, membuat kacang hijau merupakan sumber fitoestrogen.

    Dalam uji coba 12-minggu, fitoestrogen ditunjukkan untuk mengurangi hot flashes (rasa panas) pada perempuan menopause yang sering mengganggu. Konsumsi 90 mg per hari akan mendapat manfaat fitoestrogen wanita pasca-menopause dalam mencegah dampak buruk dari osteoporosis dengan merangsang pembentukan tulang.

  4. Diabetes
    Kacang hijau memiliki indeks glisemik makanan yang rendah, yang berarti kacang adalah makanan ramah diabetes. Makanan glisemik rendah mendukung kadar gula darah yang sehat. Orang yang makan makanan yang memiliki indeks glikemik rendah cenderung memiliki tingkat lemak tubuh total yang lebih rendah dibandingkan dengan mereka yang mengkonsumsi makanan tinggi glisemik, seperti roti tawar dan softdrink. Dalam studi terbaru, kacang hijau berperan mengurangi glukosa darah, plasma C-peptida, glukagon dan tingkat urea nitrogen dalam darah non-manusia tipe-2 penderita diabetes. Dalam studi tersebut, kecambah kacang hijau dan mantel biji kacang hijau dikonsumsi untuk total lima minggu sebelum mencapai kesimpulan.

Pengolahan Kacang Hijau

Kacang hijau dapat digunakan dalam berbagai cara. Mereka dapat tumbuh, dimasak, atau dibuat tepung. Di beberapa negara Asia, dibuat menjadi pasta dan digunakan sebagai mengisi kue kering/pastry seperti bakpia, bahkan dibuat menjadi es krim dan lolipop. Kacang hijau harus dicuci dengan baik untuk menghilangkan kotoran. Mereka juga mengandung sangat sedikit oligosakarida, gula bertanggung jawab untuk perut kembung.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>