INFOMANFAAT.COM

12 Manfaat Susu Sapi Bagi Manusia

infomanfaat.com – Masih ingat istilah “Empat sehat Lima sempurna” kan? Dalam istilah tersebut disebutkan bahwa susu merupakan nutrisi penyempurna bagi kecukupan gizi yang dibutuhkan manusia. Mulai dari bayi baru lahir, anak-anak, remaja, orang dewasa bahkan sampai mereka yang sudah lanjut usia pun membutuhkan susu. Tak heran memang, karena susu mengandung banyak zat gizi penting dan nutrisi alami yang sangat bermanfaat, diantaranya kalsium, vitamin D, vitamin A, zinc, zat besi, tiamin, asam amino, dan berbagai zat gizi penting lainnya yang dibutuhkan tubuh.

Ada beberapa macam susu yang biasa dikonsumsi manusia, yaitu Air susu ibu (ASI), susu sapi (yang paling sering dikonsumsi), susu kedelai (biasanya dikonsumsi bagi mereka yang alergi protein susu sapi), dan susu kambing. Khusus yang akan dibahas di artikel ini adalah manfaat dan khasiat dari susu sapi. Apa saja sih manfaat dan khasiatnya bagi manusia?

  1. Susu memberikan nutrisi alami yang seimbang. Susu mengandung komposisi protein, karbohidrat, lemak, vitamin dan mineral yang pas dan dibutuhkan untuk menjaga kesehatan tubuh manusia.

  2. manfaat susu sapi bagi kesehatan manusia

  3. Susu mengandung sembilan zat gizi penting yang sangat bermanfaat bagi kesehatan, yaitu:
    Kalsium : berperan membangun dan menjaga kesehatan gigi dan tulang
    Protein : membangun dan memperbaiki jaringan otot tubuh dan juga berfungsi sebagai sumber energi
    Kalium : membantu menjaga tekanan darah normal
    Fosfor : membantu menguatkan gigi dan tulang serta menghasilkan energi
    Vitamin D : membantu menjaga tulang
    Vitamin B12: menjaga kesehatan sel darah merah dan jaringan saraf
    Vitamin A : menjaga sistem imun, penglihatan (baik untuk mata), dan kulit
    Riboflavin (Vitamin B2) : Berperan penting untuk mengubah makanan menjadi energi
    Niasin : berperan dalam metabolisme gula dan asam lemak

  4. Susu baik untuk tulang.
    Susu dikenal sebagai minuman yang penting bagi kesehatan tulang manusia. Susu dan produk olahannya mengandung kalsium, fosfor, magnesium dan protein yang sangat esensial untuk menjaga kesehatan dan pertumbuhan tulang. Itulah sebabnya anak-anak yang masih dalam masa pertumbuhan sangat dianjurkan untuk minum susu.

    Kaum wanita yang lebih rentan terhadap resiko osteoporosis (pengeroposan tulang) juga sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi susu setiap hari. Konsumsi susu yang cukup sejak dari masa kanak-kanak dan berlanjut terus hingga dewasa dapat membantu menjaga kekuatan dan kepadatan tulang. Kalsium tak hanya baik untuk tulang, namun juga bermanfaat untuk menjaga fungsi otot dan peredaran darah.

  5. Susu baik untuk gigi.
    Kandungan kalsium dan fosfor dalam susu sangatlah baik untuk kesehatan gigi. Susu mampu mencegah timbulnya masalah gigi berlubang. Protein, kalsium, fosfor yang terkandung dalam susu dapat melindungi email gigi, merangsang produksi saliva dan menetralisir asam akibat makanan yang masuk ke dalam mulut.

    Salah satu jenis protein yang paling banyak terkandung dalam susu adalah kasein yang dapat melindungi lapisan email gigi dan mencegah hilangnya kalsium dan fosfat pada email gigi saat gigi terkena makanan yang asam. Studi kesehatan terbaru juga menyebutkan bahwa susu juga mampu menurunkan efek karsinogenik makanan pada gigi.

  6. Susu dapat mencegah dan menurunkan resiko terkena penyakit serangan jantung.
    Menurut sebuah studi kesehatan yang dilakukan di Universitas Cardiff, Inggris, kebiasaan minum susu setiap hari dapat menurunkan resiko terkena penyakit berbahya mematikan seperti serangan jantung dan stroke sebesar 15 – 20 %.

    Banyak nutrisi penting dalam susu yang disinyalir amat bermanfaat untuk kesehatan jantung, salah satunya adalah kalsium. Kalsium yang dikonsumsi dalam jumlah yang cukup dapat menurunkan resiko penyakit jantung dengan cara menurunkan kadar kolesterol jahat dan meningkatkan kadar kolesterol baik dalam tubuh.

  7. Susu bermanfaat untuk menjaga dan menurunkan tekanan darah.
    Kalsium, kalium, protein dan magnesium dalam susu berkhasiat untuk menjaga dan menurunkan tekanan darah. Konsumsi 3 porsi susu atau produk olahan susu per hari bersamaan dengan konsumsi 5 porsi buah-buahan dan sebagai bagian dari diet rendah garam dapat mengurangi tekanan darah tinggi pada orang dewasa dan anak-anak.
    Selain itu, kalsium juga dapat mengikat dan mengurangi penyerapan lemak jahat pada usus sehingga pada akhirnya dapat mencegah kenaikan tekanan darah.

  8. Susu juga berkhasiat mengurangi resiko penyakit diabetes tipe 2.
    Diabetes tipe 2 merupakan penyakit yang banyak diderita orang dewasa. Sebuah studi kesehatan yang meneliti sekitar 37.000 wanita dewasa menyebutkan bahwa mereka yang terbiasa mengkonsumsi susu rendah lemak setiap harinya ternyata memiliki resiko yang lebih kecil terkena penyakit diabetes tipe 2. Studi yang serupa pada tahun 2005 juga mendapati bahwa pria yang suka minum susu rendah lemak ternyata juga memiliki resiko lebih kecil terkena penyakit diabetes tipe 2.

  9. Susu bermanfaat untuk mencegah dan menurunkan resiko penyakit kanker usus besar.
    Ternyata susu juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan usus besar. Kalsium dan Asam linoleat terkonjugasi (komponen lemak alami) dalam produk olahan susu dikenal pula sebagai senyawa pelindung dari kanker usus besar. Konsumsi setidaknya satu gelas susu per hari dapat menurunkan resiko kanker usus besar sebesar 15%.

  10. Susu mampu menurunkan resiko kanker payudara.
    Ada sebuah penelitian di Norwegia terhadap 45.000 wanita di sana yang melaporkan bahwa wanita yang terbiasa mengkonsumsi susu sejak dari kecil dan berlanjut terus sampai dewasa ternyata memiliki resiko yang lebih kecil terkena penyakit kanker payudara.

  11. Susu bermanfaat untuk meningkatkan kualitas tidur.
    Susu mengandung zat yang dapat merangsang hormin melatonin, hormon yang dapat membuat manusia merasakan kantuk. Rangsangan pada hormon tersebut membuat orang yang meminum susu merasa lebih cepat mengantuk dan membuat tidur menjadi lebih pulas.

  12. Susu bermanfaat bagi kecantikan wanita.
    Susu ternyata memiliki manfaat untuk kecantikan wanita. Susu tak hanya dapat menguatkan gigi dan tulang namun juga bisa menguatkan kuku dan rambut. Kandungan protein dan lemak dalam susu mampu menguatkan rambut, sementara kandungan kalsiumnya membantu pertumbuhan rambut dan mencegah timbulnya kerontokan rambut. Susu juga mengandung nutrisi penting lainnya bagi rambut yaitu vitamin A, B6, biotin dan kalium yang kesemuanya bekerja bersama-sama untuk menjaga rambut agar tetap lembut dan berkilau. Selain itu, kandungan vitamin A dalam susu juga diyakini dapat membuat kulit menjadi lebih sehat dan halus.

  13. Susu dapat berperan sebagai penetralisir racun (toksik) yang ada dalam makanan.

Susu itu sangat menyehatkan. Berbagai kandungan vitamin, mineral, dan zat gizi penting lain yang dimiliki susu bisa membuat tubuh menjadi fit, sehat, dan kuat. Ayo, mulai dari sekarang, jangan ragu lagi untuk memasukkan susu dalam menu makan sehari-hari Anda, karena manfaat dan khasiatnya sangat bagus untuk kesehatan kita. Minumlah susu dua sampai tiga gelas sehari agar kebaikan susu dapat kita peroleh.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>