INFOMANFAAT.COM

Manfaat Vitamin D Bagi Tubuh Manusia

Posted on by in with 0 Comments

infomanfaat.com – Ingin tahu apa manfaat vitamin D bagi kesehatan tubuh Anda? Vitamin merupakan unsur klumit yang dibutuhkan oleh tubuh dalam jumlah yang terbatas untuk meningkatkan berbagai bentuk reaksi enzimatis atau reaksi yang melibatkan berbagai kerja enzim di dalam tubuh.

Vitamin berfungsi sebagai biokatalis, yakni unsur biologis yang membantu terjadinya proses reaksi enzimatis. Meskipun sebagai unsur yang membantu proses terjadi berbagai reaksi di dalam tubuh, jumlah vitamin yang masuk ke dalam tubuh harus dibatasi, kelebihan jumlah vitamin yang masuk ke dalam tubuh justru akan memberikan dampak buruk bagi kesehatan, terutama untuk organ hati dan ginjal sebagai salah satu organ pencernaan yang vital bagi tubuh manusia.

Vitamin D memiliki banyak sekali manfaat bagi pertumbuhan manusia, diantara beberapa manfaat yang jelas diakui adalah sebagai berikut:

  1. Manfaat vitamin D yang pertama adalah membantu prose penyerapan kalsium sebagai mineral yang sangat dibutuhkan oleh tulang. Kondisi tulang keropos merupakan salah satu hal yang dipicu akibat kekurangan vitamin D tersebut.

  2. Manfaat vitamin D yang kedua adalah menjaga sistem kekebalan tubuh manusia. Berbagai aktivitas padat yang dilakukan manusia sehari-hari memberi resiko menurunnya sistem kekebalan tubuh, melalui asupan vitamin D yang cukup, maka akan mengurangi resiko penurunan sistem kekebalan tubuh.
  3. Manfaat vitamin D yang lainnya adalah mencegah berbagai penyakit berbahaya seperti steoporosis, , kanker, hipertensi dan osteoarthritis.

Sumber sumber vitamin D

Sumber-sumber Vitamin D
Disamping harus mengetahui manfaat vitamin D di atas, Anda juga perlu mengetahui apa yang menjadi sumber-sumber vitamin D. Berikut ini beberapa jenis makanan sebagai sumber cadangan vitamin D yang dibutuhkan oleh tubuh manusia:
1. Minyak ikan jenis ikan cod
2. Ikan salmod dan mackerel
3. Berbagai bentuk sereal yang telah diperkaya dengan vitamin D
4. Telur
5. Margarin yang telah diperkaya dengan vitamin D
6. Ikan tuna
7. Sinar matahari
8. Susu
9. Jamur
10. Udang

Beberapa sumber dari vitamin D di atas bisa Anda konsumsi pada dosis yang dianjurkan sebagai sumber vitamin D. Kelebihan dari pengkonsumsian makanan justru membuat Anda tak akan lagi mendapatkan manfaat vitamin D seperti yang diharapkan, namun biasanya memberikan efek kesehatan yang lain. Oleh karena itu makanlah dengan dosis yang dianjurkan.

Ukuran Dosis Vitamin D yang Dianjurkan
Pengkonsumsian terhadap vitamin D perlu dibatasi, berikut ini beberapa anjuran dosis konsumsi vitamin D untuk berbagai usia:

  • Laki-laki dan perempuan sehat untuk rentang usia 14 sampai 40 tahun dianjurkan dalam sehari hanya mengkonsumsi vitamin D sebanyak 5 microgram atau sebesar 200 internasional unit (IU) untuk per harinya.

  • Untuk usia di atas 51 tahun, asupan meningkat menjadi dua kali lipat, yakni 10 microgram atau menjadi 400 internasional unit (IU) untuk per harinya.

Kekurangan Vitamin D
Manfaat vitamin D tak akan lagi dirasakan apabila konsumsi terhadap vitamin tersebut berlebihan, demikian pula apabila kekurangan asupan vitamin D, maka akan berisiko menyebabkan beberapa penyakit, diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Resiko terkena penyakit osteoporosis atau keropos tulang yang biasanya dialami oleh orang-orang usia lanjut yang kekurangan asupan vitamin D tersebut.

  2. Kekurangan vitamin D dapat menyebabkan resiko terkena penyakit sclerosis (MS), merupakan penyakit autoimun yang menyerang sistem saraf pada manusia. Kekurangan vitamin D pada usia muda akan meningkatkan resiko terkena penyakit tersebut.
  3. Bagi Anda para penyuka kopi perlu berhati-hati, karena kafein pada kopi akan menghambat penyerapan vitamin D oleh tubuh.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>