INFOMANFAAT.COM

Manfaat Vitamin A Bagi Kesehatan Tubuh

Posted on by in with 0 Comments

infomanfaat.com – Vitamin A merupakan salah satu jenis vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh untuk mengkatalis berbagai reaksi enzimatis atau yang melibatkan kerja enzim di dalam tubuh manusia. Vitamin sebagai salah satu unsur klumit yang dibutuhkan oleh tubuh merupakan bentuk pemercepat atau pendorong berlangsungnya reaksi-reaksi enzimatis tersebut. Vitamin A merupakan salah satu jenis vitamin yang tidak diproduksi sendiri oleh tubuh, oleh karena itu sangat dibutuhkan asupannya dari luar tubuh. Manfaat vitamin A untuk kesehatan manusia juga cukup vital. Apa saja manfaat vitamin A tersebut bagi manusia? Berikut ini beberapa diantaranya:

  1. Manfaat vitamin A atau retinol bagi manusia yang pertama adalah untuk perrtumbuhan dan daya imunitas bagi tubuh.
  2. Vitamin A membantu menyehatkan berbagai selaput lendir serta lapisan kulit pada tubuh manusia. Selaput lendir atau mukosa pada tubuh manusia yang sehat akan mampu mencegah keerusakan sel. Selaput mukosa tersebut sangat berperan untuk mencegah kanker termasuk juga penyakit HIV. Oleh karena itu, pengkonsumsian terhadap vitam A yang baik akan mampu mencegah manusia dari risiko kanker, tumor dan sebagainya.
  3. Manfaat vitamin A yang lain terkait perannya untuk menyehatkan selaput mukosa adalah mencegah munculnya sel-sel leukimia pada manusia.
  4. Vitamin A sangat baik untuk mencegah berbagai penyakit yang disebabkan oleh virus. Berbagai jenis virus misalnya virus pernafasan, campak, bahkan virus HIV akan bisa dihambat melalui konsumsi vitamin A yang cukup pada tubuh.
  5. Manfaat Vitamin A

  6. Vitamin A juga membantu mencegah penyakit stroke. Para penderita penyakit stroke sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi berbagai jenis sumber-sumber vitamin A seperti buah dan sayur-sayuran.
  7. Manfaat vitamin A adalah penting untuk penyehatan mata. Kelembaban mata merupakan hal yang menjadi kerja dari vitamin A tersebut.
  8. Vitamin A juga dipercaya mampu mencegah resiko kanker kulit. Mengkonsumsi berbagai buah dan sayuran yang sehat akan membantu kulit Kamu menjadi tampak lebih halus dan sehat.

Sumber-sumber Vitamin A

Setelah mengetahui berbagai manfaat vitamin A di atas, maka Kamu juga sangat penting mengetahui berbagai sumber-sumber vitamin A yang bisa Kamu konsumsi, berikut ini beberapa sumber vitamin A tersebut:

  1. Jenis sayur-sayuran, seperti bayam, bayam merah, daun genjer, daun kacang panjang, kacang panjang, kol cina, kankung, labu kuning, rumput laut, sawi, terong, semanggi, wortel dan sebagainya.
  2. Jenis buah buahan, seperti apel, mangga, pisang, pepaya, sukun dan sebagainya.
  3. Jenis hewani, seperti daging ayam, daging bebek, ginjal domba, hati ayam, hati sapi, sosis hati dan sebagainya.
  4. Kacang ercis dan kacang merah.
  5. Sereal jagung, mentega, minyak kelapa sawit, minyak ikan dan sebagainya.

Anjuran Dosis Vitamin A

Meskipun manfaat vitamin A sangat banyak, namun asupan vitamin ke dalam tubuh tetap dibatasi jumlahnya. Kelebihan dari jumlah tersebut malah akan menimbulkan dampak kesehatan yang kurang baik. Dosis yang dianjurkan untuk vitamin A perharinya adalah untuk wanita dewasa sebanyak 1000 microgram perhari sementara laki-laki dewasa sebanyak 800 microgram. Berbagai dampak buruk akibat kelebihan atau over dosis vitamin A diantaranya adalah rambut rontok, lekas marah, kerusakan hati dan limfa dan sebagainya.

Bahaya Kekurangan Vitamin A

Asupan vitamin A yang kurang pada tubuh manusia menimbulkan berbagai resiko terjadinya penyakit. Beberapa bahaya yang disebabkan kekurangan vitamin A diantaranya aalah rabun senja, atau kesehatan pada mata yang kurang serta resiko mengalami diare.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>