INFOMANFAAT.COM

Manfaat Vitamin B12 bagi Kesehatan

Posted on by in with 0 Comments

Sekilas tentang vitamin B12

infomanfaat.com – Vitamin B12 merupakan salah satu jenis vitamin yang cukup vital dibutuhkan oleh tubuh. Jenis vitamin B12 atau kobalamin merupakan jenis vitamin yang hanya terdapat pada hewan. Pada tumbuh-tumbuhan tidak mengandung vitamin B12. Oleh karena itu, bagi mereka kaum vegetarian sering mengalami masalah defisiensi atau kekurangan vitamin B12 karena tidak mengkonsumsi sumber-sumber vitamin B12 yang hanya terdapat pada hewan.

Vitamin B12 merupakan jenis vitamin larut dalam air yang memiliki peran yang sangat penting bagi kerja sistem otak dan sistem saraf. Vitamin B12 termasuk ke dalam delapan vitamin B yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Vitamin B12 terlibat langsung dalam metabolisme setiap sel di dalam tubuh manusia.

Manfaat vitamin B12

Ada beberapa manfaat vital dari vitamin B12 yang dibutuhkan oleh tubuh, beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Menjaga kesehatan sistem saraf sekaligus memperlancar produksi DNA dalam tubuh.
  2. Menjaga serta meningkat energi dalam tubuh.
  3. Memperlancar pembentukan asam amino homosistein yang dapat menghambat terjadinya aterosklerosis.
  4. Membantu melawan penyakit jantung.
  5. Mengurangi resiko penyakit anemia.

Manfaat Vitamin B12

Kebutuhan akan vitamin B12 berbanding lurus dengan usia seseorang. Semakin tua usia maka kebutuhan akan vitamin B12 semakin meningkat. Oleh karena itu pada orang-orang lanjut usia dibutuhkan konsumsi vitamin B12 yang lebih banyak. Untuk para lansia, konsumsi akan vitamin B12 akan lebih efektif melalui pemberian suplemen dibandingkan dengan penyerapan dari makanan karena organ pencernaan dari para lansia sudah mulai berkurang fungsinya. Konsumsi terlalu berlebihan dari vitamin B12 tidak terlalu menimbulkan efek yang berarti, namun demikian sangat dianjurkan untuk menjaga dosis konsumsi vitamin B12 sesuai dengan dosis yang dianjurkan perharinya.

Sumber-sumber vitamin B12

Beberapa makanan yang menjadi sumber utama vitamin B12 untuk Anda konsumsi diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Ikan
  2. Daging
  3. Telur
  4. Unggas
  5. Hati
  6. Produk susu
  7. Sereal (sumber nabati yang memiliki kandungan vitamin B12), kaum vegetarian umumnya memilih jenis sereal untuk suplai vitamin B12 ke dalam tubuh.

Defisiensi vitamin B12

Defisiensi atau kekurangan asupan vitamin B12 akan memberikan efek yang buruk bagi kesehatan tubuh. Berikut beberapa akibat yang akan dirasakan sebagai dampak dari kekurangan asupan vitamin B12:

  1. Mengalami penyakit anemia atau kurang darah.
  2. Mudah lelah dan lemah dalam beraktivitas.
  3. Mengalami penyakit sembelit.
  4. Menurunnya nafsu makan sehari-hari.
  5. Penurunan berat badan.
  6. Mudah mengalami kesemutan pada tangan atau kaki.
  7. Sulit menjaga keseimbangan, mudah depresi, bingung, miskin memori dalam pikiran, mengalami rasa sakit pada mulut dan lidah.

Dari penjelasan tersebut sangat jelas bagaimana fungsi dan manfaat vitamin B12 diperlukan oleh tubuh. Konsumsi yang cukup akan kebutuhan vitamin B12 akan menjadikan tubuh Anda sehat dan tehindar dari penyakit yang diakibatkan oleh defisiensi vitamin B12.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>