Aneka Manfaat Daun Sirih

Manfaat Daun Sirih

infomanfaat.com – Ketahui manfaat daun sirih di sini! Daun sirih merupakan tanaman menjalar yang sering kita temukan di sekitar kita. Sekilas tanaman ini mungkin kita anggap sebagai tanaman biasa saja. Namun ternyata daun yang sering digunakan oleh orang-orang tua dimamah dan dikunyah tersebut menggunakan kapur atau gambir memiliki beragam manfaat bagi kehidupan manusia, baik untuk aspek kesehatan maupun kecantikan. Namun pengunyahan daun sirih menurut penelitian terbaru menyebutkan akan berdampak pada terjangkitnya kanker mulut. Tanaman sirih merupakan tanaman asli Indonesia. Sirih juga sering dikenal sebagai tanaman obat serta tanaman yang sering digunakan untuk berbagai kegiatan adat istiadat suku melayu.

Batang tanaman sirih berwarna coklat kehijauan,bentuknya bulat, beruas serta merupakan tempat keluarnya akar. Daun sirih yang tunggal berbentuk jantung, memiliki ujung yang runcing, tumbuh secara berselang-seling, memiliki tangkai, serta mengeluarkan bau yang sedap jika diremas.

Manfaat tanaman sirih cukup beragam. Sebagai tanaman obat, sirih memiliki fungsi yang penting untuk kesehatan manusia. Hal ini terkait dengan berbagai kandungan yang terdapat pada tanaman sirih. Ada beberapa kandungan penting dalam tanaman sirih, diantaranya adalah yang terkandung dalam minyak atsiri sirih yaitu, betIephenol, pati, seskuiterpen, diatase, gula, zat samak dan kavikol yang memiliki efek untuk mematikan kuman, mematikan jamur serta anti oksidan.

Manfaat Daun Sirih

Manfaat tanaman sirih

Manfaat tanaman sirih untuk kesehatan cukup beragam. Daun sirih bisa digunakan sebagai obat penyakit luar maupun penyakit dalam. Berikut ini diberikan beberapa manfaat daun sirih untuk kesehatan:

Manfaat daun sirih untuk kesehatan:

  1. Untuk mengobati berbagai penyakit luar, diantaranya adalah mimisan, eksim, bisul, koreng, luka bakar, gatal-gatal, gusi berdarah, sakit mata, mengurangi produksi ASI yang berlebihan dan sebagainya. Manfaat daun sirih pada beberapa penyakit tersebut bisa dilakukan untuk pengobatan dari luar.
  2. Untuk mengobati penyakit dari dalam, diantaranya adalah keputihan, bau ketiak, gusi bengkak, membersihkan mata, haid tidak teratur, bau mulut, asma, radang tenggorokan, sakit gigi, batuk, sariawan, jerawat, broncithis, demam berdarah dan sebagainya.

Manfaat daun sirih tak hanya dirasakan untuk kesehatan saja, kecantikan juga sering memanfaatkan daun sirih sebagai bahan untuk membantu kaum wanita bisa tampil cantik secara alami. Manfaat daun sirih untuk kecantikan diantaranya adalah untuk melentikkan bulu mata. Tangkai daun sirih yang dicelupkan ke lendir lidah buaya kemudian dioleskan pada bulu mata akan membantu bulu mata Anda tampil lebih lentik dan lebat. Bulu mata yang lentik dan lebat akan memberikan kesan kecantikan alami yang lebih pada kaum wanita.

Manfaat daun sirih juga sering digunakan pada berbagai serangkaian acara adat suku melayu. Pemberian daun siri pada jenis tari persembahan masyarakat Riau merupakan salah satu simbol peghargaan kepada tamu istimewa yang disambut. Sirih dianggap sebagai salah satu tanaman adat yang sudah menjadi simbol beragam kegiatan adat istiadat.


loading...

You Might Also Like

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>