INFOMANFAAT.COM

Manfaat Analisa SWOT dalam Bisnis

Posted on by in with 0 Comments

Apa itu analisa SWOT?

infomanfaat.com – Analisa SWOT merupakan sebuah metode rancangan strategis yang bertujuan untuk mengevaluasi SWOT yakni, Strengths atau kekuatan, Weaknesses atau kelemahan, Opportunities atau peluang serta Threats atau ancaman dalam sebuah usaha bisnis yang direncanakan. Ada beberapa hal penting terkait dengan aplikasi analisa SWOT, diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Bagaimana kekuatan atau strengths akan mampu mengambil keuntungan atau advantage dari peluang atau opportunities yang ada.
  2. Bagaimana upaya mengatasi kelemahan (weaknesses) yang akan mencegah keuntungan (advantage) sebagai hasil dari peluang (opportunities) yang ada.
  3. Bagaimana kekuatan atau strengths akan mampu menghadapi ancaman atau threats yang ada.
  4. Bagaimana faktor kekuatan (strengths) akan mampu menghadapi ancaman (threats) yang ada.

Analisa SWOT

Manfaat Analisa SWOT

Analisa SWOT meliputi 4 hal utama yang akan dinilai yakni sebagai berikut:

  1. Strengths atau kekuatan, yakni kekuatan apa yang dimiliki oleh sebuah perusahaan untuk dapat menghasilkan suatu keuntungan.
  2. Weaknesses atau kelemahan, yakni kelemahan apa yang dimiliki oleh sebuah perusahaan sehingga tidak mampu mengambil peluang dan keuntungan bisnis.
  3. Opportunities atau peluang, merupakan kesempatan-kesempatan yang dimiliki oleh perusahaan untuk dapat tampil mendapatkan keuntungan sebanyak-banyaknya.
  4. Threats atau ancama, merupakan hal-hal yang akan menjadi ancaman di masa akan datang terkait penyelenggaraan sebuah usaha bisnis. Ancaman bisa dari dalam perusahaan atau dari luar perusahaan. Dari luar perusahaan misalnya munculnya pendatang baru atau adanya kompetitor yang cukup kuat.

Manfaat Analisa SWOT

Manfaat apa yang akan didapatkan dengan adanya analisa SWOT tersebut? berikut ini beberapa diantaranya:

  1. Sebagai panduan bagi perusahaan untuk menyusun berbagai kebijakan strategis terkait rencana dan pelaksanaan di masa akan datang. Dengan adanya analisa ini, maka diharapkan perusahaan akan mampu memilih kebijakan dan rencana terbaik untuk perkembangan bisnis di masa akan datang.
  2. Menjadi bentuk bahan evaluasi kebijakan strategis dan sistem perencanaan sebuah perusahaan. Analisa SWOT akan membantu perusahaan dalam memikirkan berbagai upaya evaluasi kebijakan yang dirasa merugikan dan mana yang menguntungkan. Menetapkan berbagai rancangan terbaru sebagai solusi berbagai masalah yang ditemukan melalui evaluasi analisa SWOT tersebut.
  3. Memberikan informasi mengenai kondisi perusahaan, selanjutnya melalui informasi yang ada tersebut akan menjadi pedoman bagi pemilik perusahaan maupun perancang kebijakan untuk melakukan berbagai kebijakan baru sebagai solusi atas hasil analisa yang sudah ada.
  4. Memberikan tantangan ide-ide baru bagi pihak manajemen perusahaan. Adanya berbagai permasalahan seperti kelemahan, peluang serta kekuatan yang kecil ataupun ancaman dari pihak luar akan mendorong bagian dari manajemen perusahan untuk menemukan berbagai ide kebijakan yang lebih fresh dan akan lebih efektif menjadi solusi atas berbagai permasalahan yang ada.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>