INFOMANFAAT.COM

Manfaat dan Khasiat Buah Naga

Posted on by in with 0 Comments

infomanfaat.com – Anda suka mengkonsumsi buah naga? Buah yang satu ini sudah biasa menghiasi lidah kita sekitar delapan tahun terakhir. Selain rasanya yang enak, tampilannyapun begitu menarik. Buah yang berasal dari Amerika Utara dan Meksiko ini terkenal multi fungsi. Keindahan bentuk luar yang menyerupai nanas dengan warna merah dan permukaan halus menarik perhatian siapapun yang melihatnya. Karena itu, buah ini kerap kali dijadikan sebagai hiasan, seperti bangsa Cina yang tak pernah melewatkan buah naga dalam upacara keagamaan.

Selain digunakan untuk hiasan, buah ini juga bisa diolah menjadi beraneka ragam makanan. Kandungan air yang tinggi membuat buah ini tidak mudah busuk, sehingga mudah disimpan. Anda bisa menikmati buah yang satu ini dalam bentuk selai, es buah, jus, salad, dan lain-lain.

Ada empat jenis buah naga dengan kandungan gizi yang sedikit berbeda yaitu buah naga daging putih (Hylocereus undatus), daging merah (Hylocereus polyrhizus), daging sangat merah (Hylocereus costaricensis), dan kulit kuning daging putih (Selenicerius megalanthus). Dari keempat jenis ini, yang banyak ditemukan di Indonesia adalah jenis buah naga kulit merah dengan warna daging putih dan merah.

Manfaat khasiat buah naga

Buah yang berasal dari tanaman kaktus ini ternyata memiliki nilai gizi yang tinggi dan bermanfaat untuk kesehatan. Apa saja manfaatnya?

  • Sebagai antioksidan dan meningkatkan daya tahan tubuh
    Rasa asam pada buah naga menjadi bukti tingginya kandungan vitamin C. Di dalam vitamin C terdapat asam askorbat yang merupakan antioksidan yang sangat baik. Selain melawan radikal bebas, asam askorbat juga berfungsi mengisolasi sel tumor, mencegah efek onkogenik virus dan karsinogenik. Karena itulah mengonsumsi buah naga bisa meningkatkan daya tahan tubuh sekaligus mencegah kanker. Selain vitamin C, antioksidan lain yang terdapat pada buah ini adalah vitamin E dan linoleat pada biji buah naga.

  • Menyehatkan mata
    Buah naga juga mengandung vitamin A yang berfungsi untuk kesehatan mata anda.

  • Melancarkan buang air besar
    Seperti kebanyakan buah lainnya, buah naga mengandung air dalam jumlah besar dan serat. Serat tidak bisa biolah dalam tubuh dan akan berfungsi melunakkan feses. Jadi, makan buah naga akan melancarkan BAB sekaligus merampingkan perut anda.

  • Melindungi dari osteoporosis
    Ternyata buah naga mengandung kalsium dan fosfor. Kedua mineral ini adalah pembentuk tulang dan gigi kita. Dengan konsumsi kalsium cukup, maka tubuh tidak akan mengambil kebutuhan kalsium dari tulang belakang atau gigi. Dengan begitu tulang dan gigi kita tetap kuat dan utuh sampai tua.

  • Obat pasien talasemia
    Buah naga merah mengandung indicaxantin yang merupakan salah satu pigmen betaxantin. Pigmen betaxantin merupakan pembentuk betaglobin (bagian dari hemoglobin) yang berfungsi mengangkut oksigen dari paru-paru. Karena itu, di Italia buah naga digunakan untuk terapi talasemia akibat kerusakan betaglobin.

  • Baik digunakan untuk penderita diabet
  • Menjaga kesehatan kulit
    Kadar air yang tinggi serta kandungan berbagai vitamin dalam buah ini bisa menjaga kelembaban kulit anda. Vitamin C berfungsi menghambat pembentukan pigmen sehingga kulit terlihat lebih cerah, sedangkan vitamin E akan memperhalus kulit anda.

  • Meningkatkan kesuburan
    Di dalam buah merah cantik ini ada vitamin E yang berperan pada antisterilitas atau meningkatkan kesuburan.

  • Menurunkan kolesterol dan mencegah hipertensi
    Fungsi lain dari asam askorbat (salah satu kandungan vitamin C) adalah mencegah ateriosklerosis dan menurunkan produksi LDL (lemak jahat). Rendahnya kadar LDL dalam darah menghindarkan pembentukan plak pada pembuluh darah sehingga pembuluh darah tetap elastis. Dengan begitu tekanan darah dan kadar kolesterol darah tetap normal.

Nah, sekarang kita sudah mengetahui berbagai manfaat buah naga baik untuk kesehatan, kecantikan ataupun sekedar hiasan. Untuk itu buah ini layak untuk dimasukkan salah satu daftar belanja anda. Daripada mengalokasikan uang untuk membeli makanan mahal tinggi lemak, lebih baik beli buah ini dan rasakan berbagai manfaatnya.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>