Manfaat Homeschooling

Manfaat Homeschooling

infomanfaat.comApa itu Homeschooling?

Homeschooling merupakan alternatif model pembelajaran bagi anak-anak untuk bisa mengekspresikan bakat dan kemampuan yang dimilikinya secara lebih fleksibel dan tidak terikat seperti pada model pembelajaran formal. Homeschooling menjadi sistem pendidikan alternatif yang lebih ramah, bersahabat sekaligus mampu lebih menggali bakat-bakat besar yang dimiliki oleh seorang anak didik. Model pembelajaran yang dilakukan dengan homeschooling dibuat dengan model pembelajaran di rumah.

Orang tua biasanya mendatangkan staff pengajar ke rumah untuk belajar sebagaimana di kurikulum formal, namun disesuaikan dengan gaya rumahan. Sistem pembelajaran dengan metode homeschooling sangat sesuai untuk anak-anak yang memiliki kecenderungan bakat yang menonjol pada suatu bidang sehingga dengan metode pembelajaran homeschooling akan lebih mudah tergali dan terasah.

Bagaimana kedudukan dari sistem pendidikan homeschooling dibandingkan dengan pendidikan formal yang diakui oleh pemerintah. Dasar hukum undang-undang yang memberi ketentuan atas sistem pendidikan homeschooling telah diatur dalam UU 20 tahun 2003 pasal 26 ayat 4 yang menyatakan bahwa:

Satuan pendidikan non formal terdiri atas lembaga kursus, lembaga pelatihan, kelompok belajar, pusat kegiatan belajar masyarakat, dan majelis taklim, serta satuan pendidikan yang sejenis.’

Manfaat Homeschooling

Peserta didik dari Komunitas Belajar tersebut apabila memenuhi persyaratan maka dapat mengikuti ujian nasional pendidikan kesetaraan pada jalur pendidikan non formal.

Manfaat Homeschooling

Manfaat yang paling utama dari metode pembelajaran dengan sistem homeschooling adalah dapat terciptanya suasana belajar yang kondusif, ramah, nyaman dan bersahabat bagi anak sehingga bagi mereka yang memiliki bakat-bakat terpendam atau menonjol akan dapat tergali dan terekspresikan dengan baik.

Gaya belajar dengan sistem homeschooling sangat cocok untuk para anak-anak yang mengikuti orang tuanya yang sering berpindah-pindah tempat tinggal ke luar daerah. Manfaat penting lainnya adalah peserta didik akan siap terjun ke masyarakat, karena apa yang diajarkan merupakan hal-hal yang dialami sehari-hari.

Manfaat yang tak kalah penting lainnya dari homeschooling adalah terciptanya kondisi pergaulan yang aman dan tidak menyimpang dari peserta didik. Orang tua dapat lebih memantau perkembangan dan kondisi anak. Manfaat homeschooling akan mampu menjawab kegalauan pada sekolah formal yang sangat rentan dengan berbagai resiko yang menyangkut kebaikan anak-anak didik akibat adanya interaksi sosial yang salah.


loading...

You Might Also Like

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>