INFOMANFAAT.COM

Manfaat Buah Nangka

Posted on by in with 0 Comments

infomanfaat.comSekilas tentang buah nangka

Buah nangka merupakan buah yang memiliki banyak manfaat. Bukan hanya rasanya yang cukup enak dinikmati, namun nangka juga memiliki beragam manfaat bagi kesehatan. Nangka merupakan salah satu jenis tanaman yang dapat tumbuh dengan baik di daerah beriklim tropis, seperti Indonesia. Selain Indonesia, negara lain yang juga memiliki banyak tanaman buah nangka diantaranya adalah India, Thailand dan sebagainya.

Di Indonesia tanaman ini juga memiliki beberapa nama lokal seperti gori dalam bahasa Jawa. Buah nangka di dalam bahasa latin dikenal dengan nama Artocarpus heterophyllus dan termasuk pada tanaman suku Moraceae. Bentuk fisik dari buah ini hampir mirip dengan buah cempedak, hanya aromanya saja yang sedikit berbeda. Tanaman nangka cukup mudah tumbuh, tak perlu perawatan khusus agar bisa hidup dengan subur. Tanaman buah nangka yang dirawat dengan baik bahkan bisa menjadi sebuah tanaman peneduh yang membuat asri lokasi tempatnya tumbuh.

Manfaat Buah Nangka

  • Manfaat buah nangka di bidang kuliner

    Manfaat buah nangka di bidang kuliner merupakan manfaat yang paling menonjol dari jenis buah yang satu ini. Buah nangka cukup yang masak cukup nikmat dinikmati secara langsung. Atau dapat juga dijadikan sebagai campuran minuman segar seperti es campur atau es rumput laut. Buah nangka yang masih muda cukup nikmat dijadikan sebagai menu kuliner. Gudeg nangka jogja, rendang atau gulai nangka merupakan beberapa menu kuliner favorit dari buah yang satu ini. Biji buah nangka yang sudah masak atau lebih dikenal dengan sebutan biji beton dalam bahasa Jawa, jika direbus juga menjadi santapan yang mengenyangkan.

  • Manfaat Buah Nangka

  • Manfaat buah nangka di bidang kesehatan

    Ada banyak sekali manfaat buah nangka di bidang kesehatan. Salah satunya adalah sebagai obat penyakit diare. Buah nangka yang masih putik dapat dijadikan sebagai obat alami penyakit diare secara efektif. Babal atau putik nangka yang dimakan bersama dengan sedikit garam dapat menjadi penyembuh sakit diare. Buah nangka cukup kaya dengan kandungan kalori, kalsium, zat besi dan karbohidrat. Pada setiap 100 gram buah nangka mengandung 106 kalori.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>