INFOMANFAAT.COM

Manfaat Olahraga

infomanfaat.com – Secara umum, aktifitas fisik dan olahraga teratur dengan tekanan yang cukup dan dalam waktu yang cukup akan memberikan berbagai manfaat sebagai berikut :

  1. Jantung akan bertambah besar dan kuat, sehingga daya tampung besar dan denyutan kuat dan akan meningkatkan efisiensi kerja jantung.
  2. Elastisitas pembuluh darah akan bertambah karena berkurangnya timbunan lemak dan penambahan kontraksi otot dinding pembuluh darah. Elistisitas dinding pembuluh darah akan memperlancar aliran darah. Kelancaan aliran darah akan memperlancar pembuangan zat-zat lebih sebagai sisa pembakaran, sehingga bisa diharapkan pemulihan yang cepat.
  3. Elastisitas paru akan bertambah, sehingga berkembang-kempis juga akan bertambah. Besamaan dengan perubahan pada jantung dan pembuluh darah, ketiganya bertanggung jawab untuk penundaan kelelahan.
  4. Peningkatan kekuatan, kelenturan dan daya tahan otot, lilamentum dan tendon, peningkatan aktifitas enzim tulang yang akan meningkatkan kekuatan dan kepadatan tulang.
  5. Manfaat Olahraga

  6. Melalui mekanisme psikologi, olahraga meningkatkan perasaan berprestasi, menghilangkan ketegangan, membentuk jiwa sportif, mengajarkan sifat sabar, gembira dan melatih berkonsentrasi.
  7. Makin tinggi intensitas olahraga yang dilakukan maka makin tinggi pula gelombang alpha dalam otak.
  8. Olahraga juga bisa membuat kamu menjadi lebih tinggi, terutama jenis olahraga yang berhubungan dengan lompat dan peregangan, seperti olahraga bola basket.
  9. Sementara itu, olahraga yang berhubungan dengan lari, menendang, atau melempar bola, seperti sepakbola atau kriket, dapat membantu kamu dalam menguatkan lengan dan kaki.
  10. Pada anak-anak, penelitian membuktikan kalau olahraga dapat meningkatkan kemampuan anak dalam bidang pelajaran matematika. Olahraga yang melibatkan kemampuan anak dalam membidik dan memukul, contohnya tenis, bulu tangkis, baseball, dan kriket, akan membantu anak untuk bisa lebih fokus.
  11. Penelitian juga menunjukkan bahwa olahraga, khususnya bagi anaak perempuan, dapat membuat mereka memiliki perspektif positif akan gambaran tubuh mereka, mereka tidak akan minder terkait dengan masalah tubuh yang gemuk, justru rasa penghargaan terhadap diri sendiri akan semakin tinggi dengan semakin seringnya berolahraga.
  12. Masih membahas manfaat olahraga untuk anak. Olahraga dapat meningkatkan kualitas kepemimpinan mereka serta dapat membesarkan semangat anak dalam berkelompok, yang mana keduanya sangat dibutuhkan dalam interaksi mereka dengan anak-anak lain sebagai bekal untuk masa depan. Tidak hanya itu, olahraga juga dapat menumbuhkan semangat kompetitif dalam diri anak, sehingga mereka lebih bisa mengerti akan arti menang dan kalah, sukses dan gagal.
  13. Olahraga juga melatih seseorang, termasuk Anak Anda, untuk meningkatkan keahliannya dalam hal perencanaan, serta meningkatkan kemampuan analisis seseorang. Hal tersebut tentu saja akan sangat membantu anak dalam pelajarannya.
  14. Olahraga akan meningkatkan kecerdasan sosial seseorang atau anak, karena olahraga merupakan sarana yang tepat untuk membangun interaksi sosial di tengah kesibukan yang melanda. Minat pada olahraga yang sama sangat berpotensi melahirkan hubungan baru antar individu.
  15. Dengan berolahraga dapat membebaskan Kamu dari stress dan tekanan. Olahraga akan membuat Kamu lebih rileks dalam situasi seperti apapun, bahkan dalam situasi tekanan tinggi. Dengan melakukan olahraga atletik, Kamu akan terbantu dalam mengatasi depresi atau kecemasan yang Kamu rasakan.
  16. Secara keseluruhan, dengan berolahraga rutin, maka kualitas hidup seseorang akan meningkat.

Selamat berolahraga dan rasakan manfaat dahsyatnya.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>