Manfaat Vitamin C bagi Kesehatan Tubuh

infomanfaat.com – Vitamin C adalah salah satu vitamin yang memiliki peranan besar dalam kehidupan. Vitamin yang larut dalam air atau bersifat hidrofilik ini memiliki sensasi rasa asam yang khas. Kandungan terbesar dalam vitamin C adalah senyawa asam askorbat yang terkenal sebagai antioksidan. Namun ternyata asam askorbat memiliki berbagai manfaat lain selain antioksidan. Apa sajakah itu?

  1. Antioksidan

    Asam askorbat dapat melawan radikal bebas yang merusak DNA organisme. Antioksidan dari vitamin C mengubah radikal bebas menjadi radikal askorbil yang kemudian berubah menjadi askorbat dan terakhir menjadi dehidroaskorbat. Dengan cukup mengkonsumsi vitamin C, maka tubuh akan terhindar dari berbagai penyakit.

  2. Menurunkan Tekanan Darah

    Asam askorbat berfungsi meningkatkat sekresi NO oleh sel endothelial melalui sintesis NO atau siklase guanilat dan mereduksi nitrite menjadi NO. Dengan demikian vitamin C dapat menghalau penyempitan pembuluh darah yang disebabkan oleh penurunan sekresi NO. Penyempitan pembuluh darah itulah yang menyebabkan vasodilatasi dan berujung pada tekanan darah tinggi.

  3. Mencegah Penyakit Jantung

    Manfaat lain dari Vitamin C adalah mencegah terjadinya oksidasi LDL dan memindahkan elektronnya ke tokoferol yang teroksidasi dalam membran sel. LDL adalah lemak jahat yang dapat menimbulkan plak pada koronaria jantung yang mengakibatkan penyakit jantung koroner. Jika oksidasi LDL dapat dicegah maka resiko penyakit jantung akan semakin menurun.

  4. Pembentukan Kolagen

    Kolagen adalah sejenis protein yang berfungsi menghubungkan semua jaringan serabut, kulit, urat, tulang rawan, dan jaringan lain dalam tubuh manusia. Vitamin C diperlukan untuk menjaga struktur kolagen sehingga mempercepat penyembuhan patah tulang, memar, luka, dan lain-lain.

  5. Mencegah Sariawan

    Berdasarkan kejadian pada akhir abad ke-18 dimana pelaut Inggris banyak yang terserang sariawan karena hanya makan biskuit dan daging hewan, maka kemudian dilakukan penelitian dan ditemukan bahwa ternyata vitamin C dapat menyembuhkan sariawan.

  6. Sistem Imun atau Kekebalan Tubuh

    Vitamin C banyak terdapat di jaringan tubuh yang memiliki peranan dalam imunitas manusia (limfosit B, limfosit T, dan platelet), seperti ginjal, liver, dan lensa mata. Asam askorbat dapat meningkatkan sistem imun dengan cara menstimulasi produksi interferon (protein yang melindungi sel dari serangan virus) dan mensintesis antibodi IgG dan IgM.

  7. Mengoptimalkan absorbsi Fe (Besi)

    Vitamin C dapat meningkatkan absorbsi Fe di usus halus dengan cara mereduksi feri menjadi fero (bentuk lain besi yang lebih mudah diabsorbsi) dan menghambat pembentukan hemosiderin (zat yang menghambat pelepasan Fe). Vitamin C juga berfungsi memindahkan besi dari transferin di dalam plasma ke feritin hati.

  8. Obat Pencahar

    Vitamin C meningkatkan pengeluaran mukosa lambung sehingga feses lebih lunak dan mudah dibuang. Karenanya terlalu banyak konsumsi vitamin C dapat menyebabkan diare.

  9. Mencegah Asam Urat

    Hasil penelitian yang dilakukan oleh universitas Boston menunjukkan bahwa vitamin C dapat menurunkan asam urat pada pria hingga 17%, bahkan angka itu akan naik menjadi 45% jika rutin mengkonsumsi vitamin C sebanyak 1500 mg/hari. Hal itu bisa terjadi karena sifat urikosurik vitamin C yang mampu menghambat reabsorbsi asam urat dalam ginjal, sehingga sekresi asam urat melalui urin akan ditingkatkan.

  10. Mencegah Kanker

    Asam askorbat bersifat menekan sitokina IL-18 dan enzim hialuronidase pada degradasi asam hialuronat untuk mencegah metastasis. Selain itu vitamin C juga menstimulasi kolagen yang menghambat pertumbuhan sel tumor, mencegah efek onkogenik virus dan karsinogen. Karena sifat tersebut maka vitamin c dapat digunakan untuk terapi penderita kanker. Meski asam askorbat bersifat toksik terhadap sel kanker, namun tidak berbahaya untuk sel normal manusia.

  11. Mencerahkan Warna Kulit

    Asam askorbat bekerja memblokir oksidasi DOPA sehingga mencegah pembentukan melanin yang berperan dalam pewarnaan kulit manusia menjadi lebih gelap.

  12. Mencegah Penuaan Dini

    Asam askorbat mampu melindungi kulit dari pengaruh buruk sinar UV yang dapat menyebabkan penuaan dini dan kanker kulit.

  13. Meningkatkan absorbsi kalsium

    Vitamin C dapat meningkatkan absorbsi kalsium dengan cara mempertahankan kalsium dalam bentuk larutan. Meski demikian hal ini bisa menyebabkan penyakit batu ginjal karena terlalu banyak kalsium yang diikat di ginjal. Karenanya konsumsi harian vitamin C tidak boleh melebihi 2.000 mg/hari.

  14. Meredakan Asma

    Berdasarkan hasil penelitian vitamin C dapat meredakan asma pada orang dewasa. Dosis vitamin c untuk penderita asma adalah 2 g/ hari.

Itulah berbagai manfaat yang dapat diperoleh dari konsumsi vitamin C. Tapi konsumsi berlebih juga akan membahayakan tubuh. Jadi tetap konsumsi vitamin C dalam jumlah yang diperbolehkan untuk mendapatkan hasil optimal.


loading...

You Might Also Like

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>