INFOMANFAAT.COM

Manfaat Email di Era Globalisasi

Posted on by in with 0 Comments

infomanfaat.com – Electronic mail atau yang sering disebut dengan email ini merupakan sebuah media surat menyurat dimana para penggunanya tidak memerlukan pak pos untuk mengantarkannya. Pengiriman surat melalui email tentu saja hanya bermodalkan jaringan internet yang tentu saja gratis untuk siapa saja dan tujuan mana saja. Sekarang bukan jamannya lagi mengirim surat dengan menggunakan media kertas jika kita bisa mengirimnya melalui email. Apalagi jika sampai menghabiskan banyak kertas jika sampai terjadi kesalahan penulisan. Email yang tersaji dalam bentuk softfile tentu saja dapat diedit atau diperbaiki kembali jika terjadi kesalahan penulisan. Hal itu sangatlah berbeda dengan era sebelum ada email yang harus menggunakan amplop, menunggu pak pos, memerlukan waktu berhari-hari dan membosankan karena terlalu lama waktu yang terbuang. Di era globalisasi seperti sekarang ini, email sangatlah besar manfaatnya bagi masyarakat. Dimulai dari efisiensi waktu yang didapat dari berkirim surat melalui email, biaya yang dibutuhkan dan keamanan adalah beberapa manfaat email yang dapat diperoleh para pengguna email.

Manfaat email yang pertama adalah efisiensi waktu yang tentu saja akan mudah didapatkan dari berkirim surat melalui email. Ketika seseorang ingin mengirim email kepada orang lain, mereka hanya tinggal menuliskan alamat email yang mereka inginkan saja. Yang penting adalah terhubungnya akun email pengirim dengan jaringan internet. Ketika hal ini sudah dipastikan terhubung, maka yang tinggal dilakukan adalah meng-attach file atau yang disebut dengan melampirkan file. Biasanya akan sangat diperlukan bagi para pengguna yang bergelut di bidang bisnis yang memerlukan waktu yang cepat untuk mengirim file dokumen yang diharapkan segera sampai di alamat tujuan tanpa waktu yang lama. Di era modern sekarang ini, hanya memerlukan hitungan detik saja untuk mengirimkan surat dalam bentuk email ini. Maka dari itu, telah banyak pula dosen-dosen ataupun guru-guru yang menyarankan para mahasiswa atau muridnya untuk mengirimkan tugas melalui email. Selain mereka dapat memperoleh tugas yang dikirim tanpa menunggu lama, mereka juga bisa mengetahui waktu pengiriman email tersebut. Jika pengguna email ingin mengirim file yang berukuran besar, mereka tidak perlu khawatir karena telah tersedia pula menu untuk mengirim file dalam ukuran besar.

Manfaat Email

Manfaat email yang kedua adalah murahnya biaya berkirim surat melalui email. Yang diperlukan oleh pengguna email dalam berkirim surat melalui email adalah koneksi internet yang sekarang sangat murah biayanya, sedangkan biaya untuk mengirim email tersebut malahan gratis, tidak membayar apapun, hanya memerlukan koneksi internet. Hal tersebut tentu saja sangat membantu isi kantong para pengguna email yang ingin menghemat uangnya. Tanpa mengeluarkan biaya, namun dapat mengirim file kepada alamat yang dituju adalah hal yang bagus dan menyenangkan, bukan?

Selain efisiensi waktu dan biaya, para pengguna internet juga mendapatkan manfaat email berupa keamanan dalam berkirim file. Keamanan yang dimaksud disini adalah jaminan bahwa email tersebut akan benar-benar sampai kepada alamat yang dituju tanpa harus mampir-mampir ke tempat yang lain. Biasanya jika pengirim ingin memposkan surat melalui media kantor pos, mereka seringkali menjadi salah alamat ataupun suratnya tidak sampai di pihak yang dituju. Hal ini akan sangat menyebalkan, bukan? Namun, dengan menggunakan email, pengirim tidak akan mengalami hal-hal yang menyebalkan tersebut. Email yang dikirim kan tentu saja hanya dapat dibaca oleh pemilik akun email tersebut. Orang lain tidak akan mengetahui isinya. Maka dari itulah, email sangatlah bermanfaat di era masa kini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>