INFOMANFAAT.COM

Manfaat Aerobik Untuk Kesehatan

infomanfaat.com – Untuk mendapatkan tubuh yang sehat dan bugar banyak sekali cara telah ditempuh. Seperti makan makanan sehat, jogging tiap pagi, atau olahraga ringan ataupun berat. Banyak sekali orang menghabiskan bnayak uang untuk pemeliharaan kesehatan ini karena memang sehat itu mahal harganya. Tetapi sebenarnya ada satu hal yang bisa dilakukan tanpa mengeluarkan banyak uang. Senam aerobik bisa menjadi salah satu alternatif, melakukan senam aerobik tidak harus datang ke sanggar senam dan harus membayar uang keanggotaan yang mahal. Cukup dengan menyiapkan ruang yang cukup luas di depan ruang keluarga Anda, di depan layar televisi Anda.

Sebelum bicara lebih detail lagi tentang manfaat senam aerobik, dengan melakukan senam aerobik di rumah, satu manfaat sudah kita dapatkan, yaitu menghemat. Manfaat aerobik yang dilakukan di rumah, khusus bagi Ibu Rumah Tangga, adalah kita bisa tetap mengawasi anak sambil tetap melakukan senam. Selain itu manfaat aerobik lainnya yang dilakukan di rumah adalah kita tidak perlu menghadapi kemacetan lalu lintas apabila kita ingin pergi ke sanggar senam, terutama Kamu yang hidup di kota besar. Inginnya sehat dan rileks malah bertemu dengan kemacetan lalu lintas, kala usudah begitu pasti membuat kita malas dan menurunkan mood yang sudah dibangun. Dengan melakukan senam aerobik di rumah kita juga bisa mengatur makanan sehat yang akan disantap setelah selesai latihan.

Manfaat Aerobik

Secara spesifik, banyak manfaat aerobik yang bisa kita dapatkan, yaitu,meningkatkan kinerja jantung, menurunkan berat badan karena dipercaya gerakan aerobik bisa lebih banyak membakar kalori dan bisa melawan depresi. Dan semua manfaat ini bisa didapatkan apabila aerobik dilakukan berulang kali dan secara teratur.

Banyak hal yang harus dipersiapkan apabila kita ingin mendapatkan manfaat aerobik yang maksimal. Mengecek kondisi kesehatan dengan dokter yang terpercaya supaya tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, istirahat yang cukup dan sehat. Apabila sedang sakit sebaiknya latihan dikurangi atau mungkin ditunda sampai kondisi kesehatan membaik. Takaran latihan juga perlu dipertimbangkan; maksudnya apakah latihan sebaiknya dilakukan sekali atau dua kali dalam seminggu. Takaran latihan juga dipengaruhi oleh kondisi kesehatan tubuh dan daya tahan tubuh yang maksimal.

Melakukan aerobik guna mendapatkan manfaat yang maksimal hendaknya memperhitungkan beberapa faktor, yaitu, intensitas latihan, lama latihan, frekuensi latihan, gejala fisik awal latihan, makanan dan minuman yang dikonsumsi, perlengkapan latihan dan waktu latihan. Apabila kita melakukan senam aerobik di rumah maka hal yang perlu kita perhitungkan adalah waktu latihan. Waktu latihan yang terbaik adalah di pagi hari. Pakaian yang akan kita kenakan juga mempengaruhi keberhasilan latihan, contohnya menggunakan pakaian yang bisa menyerap keringat dan tidak terlalu ketat. Bagi para wanita lebih baik menggunakan sport bra supaya lebih tenang dan nyaman. Sepatu olahraga juga penting karena bisa mengurangi resiko cedera kaki. Perlengkapan latihan tersebut seharusnya tetap dipakai walaupun latihan dilakukan di rumah. Melakukan senam aerobik di rumah memang tidak menghabiskan banyak waktu, tetapi tetap saja banyak hal yang mesti dipertimbangkan. Semoga latihan aerobik Anda berhasil dan mendapatkan manfaat yang dinginkan.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>