INFOMANFAAT.COM

Manfaat Buah Pisang Bagi Kesehatan

Posted on by in with 0 Comments

infomanfaat.comManis, legit, putih, dan wangi adalah ciri khas Buah Pisang yang merupakan favorit semua orang mulai dari bayi hingga lansia. Selain itu, pisang juga termasuk buah yang sangat murah karena bisa ditemui di berbagai tempat dan mengalami panen sepanjang tahun. Variasi jenis pisang juga tidak membuat kita bosan. Cara mengkonsumsi pisang juga bisa sangat bervariasi, selain bisa dimakan langsung; smoothing atau jus, dicampur dengan yogurt atau sereal, atau bahkan dengan susu.

Ingin tahu Manfaat Buah Pisang secara spesifik? Dengan mengetahui manfaatnya Anda akan sadar betapa besar manfaat dari buah yang sering kita temui dalam kehidupan sehari-hari itu, dan, tentu saja, Anda akan mulai mengkonsumsinya secara rutin mulai hari ini:

  • Menu Wajib Diet

    Bagi yang sedang menjalankan program diet, konsumsi pisang sangat dianjurkan karena sebuah pisang mengandung 11% dari RDA (Recommended Daily Allowance) serat diet dan hanya mengandung 108 kalori. Serat dalam pisang tidak hanya menjaga agar pencernaan tetap lancar, tetapi membantu mempertahankan kadar gula dalam darah agar tetap rendah dan mengurangi nafsu makan.

  • Manfaat buah pisang

  • Kesehatan Jantung dan Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

    Rata-rata sebuah pisang mengandung 467 mg kalium dan hanya 1 mg sodium yang mampu mencegah tekanan darah tinggi dan penyakit atherosclerosis.

    Para peneliti telah melakukan riset terhadap 40.000 warga Amerika laki-laki yang sehat selama 4 tahun untuk mengetahui efek diet berdasarkan tekanan darah. Mereka yang mengkonsumsi makanan yang berkadar kalium tinggi (lebih dari 13% dari RDA), sama dengan jumlah konsumsi makanan yang mengandung magnesium dan serat, memiliki resiko ringan menderita stroke dan serangan jantung.

    Sebuah studi yang diterbitakan oleh the Archives of Internal Medicine juga menginformasikan bahwa hampir 10.000 warga Amerika Serikat yang mengkonsumsi makanan berserat, 21 gram per hari, memiliki 12% lebih kecil terkena penyakit jantung koroner (CHD) dan 11% lebih kecil memiliki resiko terkena penyakit jantung kardiovasskular (CVD) jika dibandingkan konsumsi yang biasa tiap hari, yaitu 5 gram saja.

  • Menjaga kesehatan tulang

    Berkaitan dengan manfaat kardiovaskular di atas, potassium atau kalium yang terkandung pada pisang ini juga bermanfaat untuk kesehatan tulang. Kalsium dapat meminimalisir hilangnya kalsium pada saat buang air kecil yang disebabkan oleh makanan berkadar garam tinggi yang memang biasa dikonsumsi oleh warga Amerika, jadi membantu mencegah kekeroposan tulang.

    Selain itu, mengkonsumsi pisang sesering mungkin juga dapat meningkatkan kemampuan tubuh tunuk menyerap kalsium memalui beberapa mekanisme.

    Pisang sangat kaya akan fruktooligosakarida, senyawa yang disebut prebiotik tersebut berguna bagi kesehatan karena memelihara bakteri probiotik yang menguntungkan bagi manusia di dalam usus. Bakteri ini menghasilkan vitamin dan enzim pencernaan yang meningkatkan kemampuan menyerap nutrisi, serta senyawa yang melindungi manusia dari mikroorganisme yang berbahaya. Ketika fruktooligosakarida difermentasikan oleh bakteri-bakteri ini, tidak hanya jumlah bakteri probiotik saja yang meningkat, tetapi juda kemampuan tubuh untuk menyerap kalsium. Terlebih lagi, waktu transit gastrointestinal menjadi lebih singkat, mengurangi resiko kanker usus.

    Pisang yang berwarna hijau mengadnung rantai pendek asam lemak yang tidak dapat dicerna (oleh manusia) yang merupakan makanan favorit bagi sel yang membuat lapisan usus. Ketika sel-sel ini terpelihara dengan baik dan sehat, kemampuan tubuh untuk menyerap nutrisi seperti kalsium meningkat tajam.

  • Mencegah Maag

    Pisang memang telah lama dikenal efek antasidanya yang mampu melindungi lambung dari maag. Pada sebuah studi, perpaduan sederhana antara pisang dan susu secara signifikan menekan sekresi asam lambung. Penelitian terhadap hewan juga dilakukan dan mereka menemukan bahwa pisang yang segar melindungi perut hewan dari luka.

    Kinerja buah pisang memang sangat mengagumkan. Yang pertama, substansi pisang membantu mengaktifkan sel-sel yang membentuk jaringan perut, maka mereka memproduksi lendir pelindung yang tebal sebagai dinding asam lambung. Kedua, komposisi di dalam pisang yang bernama protease inhibitor membantu menghancurkan bakteri di dalam lambung yang menjadi penyebab utama penyakit maag.

  • Membantu Penyembuhan Diare

    Pisang merupakan buah yang tepat untuk penderita diare. Mereka sering kekurangan elektrolit yang sangat penting bagi tubuh mereka, maka pisang dapat mengisi kekurangan kalium, salah satu elektrolit yang penting, yang membantu mengatur fungsi jantung serta keseimbangan cairan dalam tubuh.

    Selain itu, pisang juga mengandung pektin, serat yang mudah larut (dinamakan hidrokoloid) yang dapat membantu menormalkan pergerakan pada pencernaan dan memudahkan konstipasi. Pisang juga mengandung zat tepung yang kadarnya bervariasi sesuai dengan tingkat kematangan. Pada pisang yang masih muda, pisang hanya mengandung level 30 indeks gylcemic (dibawah 50 dianggap rendah). Pada pisang yang telah matang, level ini akan naik pada tingkat 60-an. Kandungan ini menunjukkan bahwa pisang adalah buah yang sangat baik untuk perncernaan dibandingkan buah manis lainnya.

  • Menyehatkan Mata

    Mengkonsumsi wortel agar mata sehat ketika masih anak-anak itu biasa kita dengar. Tetapi ketika dewasa, konsumsi lebih dibutuhkan untuk menjaga kesehatan mata.

    Sebuah studi yang melibatkan lebih dari 100.000 perempuan selama 18 tahun dan laki-laki selama 12 tahun, para peneliti telah membuktikan kandungan antioksidan vitamin A, C, dan E, dan karoten, yang berfungsi untuk perkembangan ARMD (age-related macular degenerated) atau ARMD neovaskular, berperan untuk mencegah penyakit mata atau gangguan penglihatan lainnya.

    Dengan menyajikan jus pisang atau mencampurkannya dengan yogurt atau cereal untuk sarapan Anda bersama dengan buah lain seperti apel, plum, atau pear, berarti Anda sudah melindungi mata Anda agar senantiasa sehat hingga tua.

  • Mendukung Kesehatan Ginjal dan Mencegah Resiko Kanker Ginjal

    Sekitar 190.000 kasus kanker ginjal didiagnosa tiap tahun. Penyebabnya bervariasi yaitu merokok, tekanan darah tinggi, obesitas, dan tercemar zat kimia berancum seperti asbes dan kadmium.

    Sebuah riset yang diterbitkan di International Journal of Cancer menyarankan bahwa konsumsi buah-buahan dan sayuran, khususnya pisang, dapat mencegah penyakit ginjal. Hasil ini berdasarkan studi pada 61.000 perempuan berumur 40 hingga 76 tahun selama 13,4 tahun, menunjukkan bahwa perempuan yang mengkonsumsi lebih dari 75 persen buah dan sayur tiap bulan mengurangi resiko kanker ginjal hingga 40 persen. Perempuan yang mengkonsumsi pisang 4 hingga 6 kali per minggu mengurangi resiko hingga separo dibandingkan mereka yang tidak mengkonsumsi pisang. Kandungan antioksidan lah yang sangat berperan dalam pencegahan ini.

Selain manfaat di atas, ada manfaat lain yang bisa kita langsung rasakan;

  • Mengurangi Depresi dan Menghilangkan Stress

    Pisang mengandung triptopan, asam amino yang dapat diubah menjadi serotonim yang berfunsgi untuk meningkatkan mood.

    Kandungan kalium dalam pisang juga membantu menormalkan detak jantung dengan mengatur keseimbangan cairan dalam darah. Dalam keadaan stress tinggi, level kalium dalam tubuh menurun tajam, jadi mengkonsumsi kalium akan mengembalikan keseimbangan secara alami tanpa harus mengkonsumi obat-obatan.

  • Mencegah Anemia

    Pisang sangat kaya akan zat besi, yang membantu fungsi hemoglobin dalam tubuh.

  • Mengurangi Derita ‘Morning Sickness’ pada wanita hamil

    Memakan pisang sebagai cemilan menaikkan kadar gula dalam darah dan mencegah ‘morning sickness.’

  • Mengurangi Resiko Akibat Merokok

    Pisang juga membantu para merokok yang ingin berhenti merokok. Pisang mengandung vitamin B6 dan B12, seperti kalium dan magnesium, substansi ini membantu tubuh untuk mengurangi efek nikotin yang akan merusak tubuh.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>