INFOMANFAAT.COM

Manfaat Puasa Bagi Kesehatan

infomanfaat.com – Terkadang menjalankan ibadah puasa terasa begitu berat. Menahan lapar dan haus selama sebulan membuat badan lemas dan tak bergairah. Belum lagi harus bangun malam untuk makan sahur. Ups…jangan menggerutu dulu. Ternyata ibadah puasa tidak hanya berpahala namun juga menyehatkan loh teman. Banyak sekali manfaat puasa untuk kesehatan kita. Apa saja manfaatnya?

  1. Puasa dapat menyehatkan pencernaan
    Coba bayangkan, dalam waktu setahun tubuh kita dijejali beraneka ragam makanan hingga menumpuk. Organ-organ pencernaan dibiarkan bekerja siang dan malam tanpa henti. Bagaimana jika kita yang disuruh bekerja tanpa istirahat dalam waktu satu tahun? Pasti lelah bukan? Nah, puasa adalah saatnya istirahat bagi organ pencernaan kita. Dengan begitu organ pencernaan kita lebih sehat dan tidak rusak.

  2. Puasa juga bisa menghilangkan racun dalam tubuh (detoksifikasi)
    Sekian lama tubuh kita menimbun radikal bebas dan dibuang saat kita menjalankan ibadah puasa. Selain itu, ketika lambung kita dalam keadaan kosong makanan lebih mudah diserap sehingga tidak meninggalkan sisa makanan yang membusuk. Karena tidak ada makanan yang membusuk maka kuman-kuman jahat tidak dapat bertahan hidup. Dengan demikian kita akan terhindar dari berbagai macam penyakit berbahaya.

    Manfaat kesehatan puasa

  3. Puasa dapat meningkatkan sel darah putih
    Puasa juga dapat meningkatkan produksi sel darah putih sehingga daya tahan tubuh kita membaik.

  4. Puasa bisa mempercantik kulit dan membuat awet muda
    Ternyata puasa dapat memperhalus dan menyegarkan kulit. Hal ini dikarenakan cadangan glikogen dan lemak dibawah kulit dibakar sehingga terjadi regenerasi sel-sel kulit, sehingga kulit tampak lebih segar dan awet muda.

  5. Puasa bisa memperbarui sel
    Pada saat puasa sel-sel kita dihancurkan dan diganti dengan sel baru sehingga lebih produktif dan menyehatkan.

  6. Puasa efektif untuk membakar lemak jahat
    Karena gula darah menurun maka tubuh membakar cadangan lemak dibawah kulit. Dengan demikian puasa bisa membuat tubuh menjadi lebih ideal.

  7. Puasa mampu menyembuhkan penyakit maag
    Seringkali penyakit maag disebabkan pola makan yang kurang teratur. Dengan puasa pola makan menjadi lebih teratur dan sakit maag menjauh.

  8. Puasa mampu menghilangkan stress dan menyehatkan jantung
    Stress memacu hormon adrenalin yang menyebabkan jantung berdetak lebih kencang dan cepat. Puasa yang ikhlas mendatangkan kesejukan hati dan menambah kesabaran. Dengan hati yang ikhlas stres akan menjauh, penyakit jantung tak berani mendekat.

  9. Puasa mampu menyembuhkan penyakit diabetes ringan
    Puasa bisa menyembuhkan penyakit diabetes ringan dengan cara menurunkan kadar gula dalam darah pada penderita diabetes.

  10. Puasa juga dapat meredakan nyeri sendi
    Manfaat puasa untuk meredakan nyeri sendi disebabkan karena meningkatnya kemampuan netrofil dalam membasmi bakteri.

  11. Puasa akan menyeimbangkan kadar asam dan basa dalam tubuh
  12. Puasa dapat menurunkan kolesterol
    Dengan puasa maka konsumsi makanan berlemak berkurang sehingga kolesterol jahat ikut menurun.

  13. Puasa dapat membantu melawan kanker
    Menurut sebuah studi yang dipublikasikan dalam journal Science Translational Medicine, puasa ternyata juga dapat membantu melawan penyebaran sel-sel kanker. Puasa memperlambat pertumbuhan dan penyebaran tumor, serta efektif untuk menyembuhkan beberapa jenis kanker tertentu seperti kanker payudara, kanker kulit dan neuroblastoma/kanker pada jaringan syaraf, bila dikombinasikan dengan kemoterapi.

    Respon sel-sel kanker dan tumor terhadap puasa ternyata berbeda dengan respon sel-sel yang normal. Sel-sel kanker menjadi semakin lemah karena tidak mendapatkan pasokan nutrisi lewat darah saat tubuh sedang dalam keadaan berpuasa. Berbeda dengan sel-sel normal, ketika tidak mendapatkan pasokan nutrisi saat kondisi tubuh sedang berpuasa, sel-sel normal tetap mampu bertahan hidup. Sementara sel-sel kanker, mereka akan terus membelah dengan cepat dan lebih cepat lagi, yang pada akhirnya menjadi mati karena terus membelah dan menghancurkan dirinya sendiri.

  14. Puasa membantu melindungi otak dan melawan penyakit degeneratif, yaitu parkinson dan alzeimer
    Sebuah penelitian di National Institute on Ageing, Baltimore, Amerika menemukan fakta bahwa puasa dapat membantu melawan penyakit degeneratif yang terjadi di otak, misalnya alzeimer dan parkinson. Puasa membuat jumlah kalori yang masuk ke dalam tubuh menjadi berkurang, dan pengurangan jumlah kalori tersebut ternyata bermanfaat baik untuk kesehatan tubuh dan otak.

Setelah mengetahui berbagai manfaat menakjubkan dari puasa, sebaiknya kita laksanakan ibadah ini dengan penuh keikhlasan. Puasa disyariatkan bukan untuk membebani umat islam, namun untuk menjaga kesehatan hati dan tubuh kita. Tentunya dengan diiringi aktivitas dan pola makan yang sehat. Semoga amal puasa kita diterima dan tubuh kita semakin sehat. Amin.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>