Manfaat Berbicara (Mengobrol) dengan Bayi

Manfaat Berbicara dengan Bayi
sumber gambar: madeformums.com

infomanfaat.com – Sebagian besar dari kita mungkin berpikir kalau berbicara dengan bayi hanya untuk kepentingan menghibur semata dengan tujuan agar bayi tertawa, misalnya bermain cilukba atau berbicara dengan aksen yang lucu. Hal itu tidaklah salah, tetapi sebenarnya ada manfaat besar yang akan diperoleh bayi Anda ketika Anda mengajaknya berbicara atau mengobrol. Bahkan untuk membicarakan sesuatu yang tidak penting pun akan memberikan manfaat tersendiri bagi perkembangan bayi, terutama perkembangan bahasanya.

Lewat pembicaraan yang Anda lakukan, bayi akan mencoba memelajari kata-kata yang keluar dari mulut Anda. Bukan untuk mengerti arti setiap kata yang Anda ucapkan, tetapi lebih sebagai sarana bagi dirinya untuk belajar hal-hal baru. Selain itu, melalui pembicaraan dengan bayi, Anda akan melatihnya untuk bisa fokus pada suara dari kata-kata yang Anda ucapkan hingga akhirnya memelajari irama dari kalimat-kalimat yang Anda katakan. Saat Anda berbicara dengan bayi Anda, maka pada saat itu bayi Anda akan memerhatikan mulut atau ekspresi dari wajah Anda. Pengamatannya tersebut akan membantu Bayi Anda untuk mengerti bagaimana suara dari kata-kata terbentuk dan memelajari pola bicara dari bahasa Ibu yang Anda perkenalkan. Ingin hasil yang baik? Bicaralah dengan gaya seperti bayi Anda mengeluarkan suara, tampak konyol memang, tetapi menurut penelitian hal tersebut akan membuat bayi Anda lebih cepat mengerti akan kata-kata yang Anda ucapkan.

Kata pertama yang mungkin dimengerti oleh bayi Anda adalah kata “Tidak”. Secara umum, pada umurnya yang 6 bulan bayi mulai bisa menghubungkan kata “Tidak” yang terlontar dari mulut Anda dengan makna bahwa dia harus menghentikan kegiatan apapun yang sedang dia dilakukan. Dan pada usia 9 bulan, Bayi Anda mungkin dapat mengerti beberapa frase sederhana yang sering ditujukan ke mereka, seperti “Dadaa…” atau “Kiss-Bye dulu sayang…”

Manfaat Berbicara dengan Bayi

sumber gambar: madeformums.com

Selain manfaat di atas, berbicara dengan bayi juga bisa mengurangi tingkat stress yang bayi Anda alami. Suara Anda yang lembut akan membuat bayi lebih tenang. Berbicara dengan bayi juga penting untuk perkembangan emosinya, semakin intens Anda berbicara dengannya maka ikatan yang terbentuk antara Anda dengan bayi Anda akan semakin erat. Hal tersebut akan membuat bayi Anda merasa semakin nyaman, karena dia tahu bahwa Anda menyayanginya. Kepercayaan diri bayi Anda pun akan meningkat seiring dengan kemampuannya dalam mengerti akan konsep dari sebuah keluarga.

Semakin banyak Anda berbicara dengan bayi Anda, semakin cepat kemajuan perkembangan bahasa yang bisa bayi Anda capai. Anda perlu ingat bahwa belajar bahasa adalah hal kritis yang harus dilakukan oleh seorang bayi, karena hal tersebut merupakan gerbang bagi terciptanya komunikasi antara bayi anda dengan dunia, dan peran Anda sangat krusial dalam keberhasilannya belajar bahasa. Banyak-banyaklah berbicara dengan bayi Anda.


loading...

You Might Also Like

One comment

  1. 1

    maaf, baru tahu. saya fikir selama ini berkomunikasi/ngobrol dengan bayi tidak akan direspon oleh mereka. karena saya juga kurang pandai dalam mencari perhatian mereka.
    mohon tipsnya.
    terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>