INFOMANFAAT.COM

Manfaat Mandi (Berendam) Air Hangat

infomanfaat.com – Mandi merupakan rutinitas manusia untuk menjaga kebersihan diri. Belakangan ini mandi tidak hanya dianggap sebagai rutinitas belaka, namun juga digunakan sebagai terapi kesehatan atau kecantikan. Ada berbagai jenis air yang digunakan untuk mandi seperti mandi susu, mandi air garam, mandi air dingin, dan sebagainya. Nah, kali ini kita akan mengulas mengenai manfaat mandi atau berendam di air hangat. Apa saja manfaatnya?

  • Menyehatkan Jantung

    Penelitian di Jepang menunjukkan bahwa berendam air hangat selama 10 menit dapat melancarkan sirkulasi darah sehingga menyehatkan jantung. Selain itu, peredaran darah yang lancar juga dapat mencegah masuk angin. Berendam air hangat untuk menjaga kesehatan jantung ini bisa dilakukan baik pria atau wanita. Sebaiknya bilas dengan air dingin setelah selesai berendam.

  • Mengendurkan Otot

    Berendam air hangat dengan temperatur 37 derajat Celsius dapat mengendurkan otot setelah seharian bekerja. Anda juga bisa mengarahkan shower air hangat ke bagian yang pegal-pegal sebagai pengganti pijatan lembut.

  • Manfaat Mandi Air Hangat

    sumber gambar: www.morphealth.com

  • Menghilangkan stres

    Mungkin Anda merasa begitu banyak beban menumpuk sehingga membuat stres. Saat emosi sudah tak terkontrol lagi cobalah berendam air hangat dengat temperatur 37-380C. Anda bisa menambahkan aroma parfum yang Anda sukai, meredupkan penerangan dan menyalakan lilin, serta mendengarkan musik klasik untuk membuat diri semakin rileks. Sebaiknya jangan bilas dengan air dingin jika tujuan mandi air hangat untuk menghilangkan stres atau insomnia.

  • Menyembuhkan insomnia

    Insomnia bisa diakibatkan oleh stress atau ketegangan otot. Berendam air hangat dapat mengusir penyebab insomnia tersebut sehingga membuat tidur Anda semakin pulas.

  • Menstabilkan suhu tubuh

    Tidak seperti air dingin yang dapat menurunkan suhu tubuh, mandi air hangat cenderung membuat suhu tubuh kita stabil. Hal ini disebabkan air hangat dapat melebarkan pembuluh darah. Oleh karena itu, mandi air hangat sangat disarankan bagi Anda yang sedang demam.

  • Membersihkan kulit

    Berendam di air hangat akan membuat pori-pori kita melebar sehingga kotoran yang menempel pada kulit mudah untuk dibersihkan. Untuk mendapatkan hasil maksimal, sebaiknya tambahkan sedikit sabun pada air dan gosok kulit perlahan.

  • Membuang zat toksik dalam tubuh

    Setelah pori-pori membuka, maka zat toksik dalam tubuh kita dapat dikeluarkan. Hal ini sangat membantu menjaga kesehatan tubuh. Gunakan air hangat dengan temperatur 32-350C untuk terapi ini.

  • Menyembuhkan Eskema

    Penyakit kulit seperti ruam, eskema, gatal-gatal dapat disembuhkan dengan berendam air hangat ruam-ruam kuku yang ditambah baking soda (natrium bikarbonat) sebagai antiseptik. Untuk tujuan menghilangkan penyakit kulit, sebaiknya terapi dilakukan secara rutin selama 10-20 menit. Alternatif lain yang terbukti ampuh adalah mandi air hangat yang mengandung belerang. Jika Anda menjalani terapi air belerang sebaiknya jangan dilakukan bersama-sama dengan penderita lain dalam satu kolam agar tidak tertular penyakit kulit dari penderita lain.

  • Menurunkan gula darah

    Penelitian dari New England Journal of Medicine menyatakan bahwa berendam dalam air hangat selama setengah jam dapat menurunkan gula darah hingga 13%.

  • Menyembuhkan flu dan sakit kepala

    Jika Anda sering terserang flu atau sakit kepala, cobalah merendam kaki Anda di air hangat yang telah ditambahkan lavender, papermint, atau lemon. Lakukan selama 10-20 menit secara teratur. Kaki termasuk bagian tubuh yang mudah kedinginan, jadi cara tersebut membantu menjaga suhu tubuh Anda.

  • Menjaga kesehatan usus

    Mandi air hangat dapat membantu menjaga usus besar agar tetap bekerja dengan baik.

  • Meredam Infeksi

    Berendam air hangat yang ditambah cuka selama 10-20 menit dapat meredam infeksi yeast seperti sariawan. Cara ini juga bermanfaat untuk menghilangkan racun dan menjaga ph tubuh.

  • Meredam batuk

    Sering batuk atau batuk Anda susah sembuh? Cobalah berendam air hangat! Uap air panas yang Anda hirup dapat membantu menghilangkan phlegm penyebab batuk.

Ternyata banyak sekali manfaat mandi air hangat yang bisa kita peroleh. Anda bisa melakukan terapi air hangat dirumah tanpa mengeluarkan banyak biaya. Namun, sebaiknya jangan mandi menggunakan air hangat ketika Anda akan berangkat bekerja atau sekolah karena akan menurunkan semangat dan gairah. Semoga bermanfaat.

One thought on “Manfaat Mandi (Berendam) Air Hangat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>