Manfaat Air Putih Bagi Tubuh Manusia

Manfaat Air Putih

infomanfaat.com – Meskipun tampaknya sederhana, ternyata Air Putih mengandung banyak manfaat bagi kehidupan kita, utamanya kesehatan tubuh. Banyak penelitian mengatakan air putih adalah minuman paling sehat. Air putih berbeda dari jenis minuman lainnya karena masih murni dan mengandung mineral. Tanpa adanya tambahan zat lain membuat air putih tidak mengalami proses pencernaan. Minum air putih dalam jumlah cukup ternyata mendatangkan beragam manfaat bagi tubuh kita seperti :

  • Penangkal racun dalam tubuh. Air adalah pelarut zat toksik, sisa metabolisme, bakteri, serta virus dalam tubuh yang kemudian dikeluarkan melalui keringat dan air seni. Air putih tidak berikatan dengan molekul lain seperti glukosa, nikotin, dan lain-lain, sehingga sifat antioksidannya lebih tinggi. Selain itu, air putih juga dipercaya mampu menangkal radiasi.
  • Melarutkan vitamin C dan B. Vitamin C berfungsi sebagai antioksidan sehingga dapat meningkatkan daya tahan tubuh.
  • Mengencerkan kekentalan darah. Darah yang terlalu kental bisa menimbulkan penyakit jantung koroner yang membahayakan jiwa.
  • Melunakkan tinja (kotoran) sehingga buang air besar menjadi lancar.
  • Melangsingkan tubuh. Konsumsi air dingin akan membuat tubuh mengeluarkan kalori untuk menghangatkannya sehingga cadangan kalori tubuh berkurang. Selain itu, konsumsi air putih membuat perut terasa kenyang.
  • Membantu melembabkan kulit. Dehidrasi akan mengakibatkan kulit menjadi kusam dan keriput.
  • Melancarkan proses pencernaan dengan cara mengencerkan asam lambung dan enzim pencernaan.
  • Meredakan maag. Saat perut terasa nyeri sebaiknya anda minum satu atau dua gelas air putih untuk mengencerkan asam lambung, sehingga tidak terlalu pekat yang merangsang dinding lambung.
  • Membilas natrium tubuh dan mengurangi kembung.
  • Menurunkan demam karena salah satu fungsi utama air adalah mengatur temperatur.

Nah, setelah mengetahui berbagai Manfaat Air Putih untuk tubuh, kini saatnya membahas kebutuhan air dan cara mengonsumsinya agar sesuai dengan metabolisme tubuh. Rekomendasi terdahulu dari para ahli kesehatan menyebutkan bahwa konsumsi air putih yang dianjurkan adalah sekitar 6 – 8 gelas atau 1,5 – 2 liter perhari. Namun, rekomendasi terbaru saat ini menyebutkan bahwa kebutuhan air tiap-tiap orang berbeda bergantung pada kondisi-kondisi tertentu, yaitu aktivitas fisik, cuaca, diet, berat badan, jenis kelamin, dan kondisi kesehatan. Kebutuhan cairan ini tidak hanya diperoleh dari air putih saja, namun juga dari konsumsi sayur, buah, serta minuman dan makanan lainnya yang mengandung air. Meskipun sederhana dan mudah, jika dikonsumsi dengan baik bisa menyehatkan tubuh kita, Semoga bermanfaat.


loading...

You Might Also Like

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>