INFOMANFAAT.COM

Manfaat Bangun Pagi

infomanfaat.com – Bagi sebagian orang bangun pagi merupakan hal yang sulit untuk dilakukan. Padahal banyak sekali manfaat yang bisa diperoleh dari kebiasaan ini. Banyak penelitian yang mengatakan lebih baik tidur lebih awal dan bangun lebih pagi, daripada membiasakan diri begadang dan bangun kesiangan. Nah, apa saja manfaat bangun pagi?

  • Tenang

    Dengan bangun lebih awal setidaknya anda tidak perlu tergesa-gesa berangkat kerja atau sekolah. Anda masih punya waktu untuk melakukan banyak aktivitas dengan santai. Seringkali bangun kesiangan membuat anda lupa membawa barang-barang penting seperti kertas, barang pesanan teman, dan sebagainya.

  • Punya waktu untuk berolahraga

    Olahraga pagi sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Dengan bangun lebih awal anda akan memiliki waktu untuk berolahraga pagi. Olahraga pagi akan meningkatkan semangat kerja atau belajar anda.

  • Manfaat Bangun Pagi

    sumber gambar: www.socialmediamom.com

  • Menghirup udara segar dan sehat

    Pada pagi hari kadar oksigen meningkat sehingga menyehatkan tubuh kita. Pagi hari masih sedikit kendaraan yang berlalu-lalang sehingga udara minim polusi. Bernafas dalam pada pagi hari akan menyehatkan paru-paru dan membunuh virus yang ada di paru-paru seperti Microbacterium tuberculosis. Selain itu, udara pagi juga baik untuk kecerdasan otak, melancarkan peredaran darah, serta meningkatkan kekebalan tubuh.

  • Sarapan

    Saat anda bangun kesiangan pasti tidak sempat sarapan. Padahal sarapan sangat bermanfaat. Tanpa sarapan anda akan merasa lemas dan kurang bergairah. Selain itu, meninggalkan sarapan akan merusak pola makan sehat.

  • Waktu yang tepat untuk belajar

    Pagi hari pikiran kita masih fresh, didukung suasana pagi yang tenang dengan udara segar sehingga mendukung untuk belajar. Selain itu, hormon kortison yang berfungsi meningkatkan semangat mencapai puncak pada pagi hari dan mencapai titik terendah pada sore hari. Belajar pada pagi hari lebih efektif daripada saat siang atau malam ketika tubuh sudah lelah.

  • Menikmati berbagai keindahan alam

    Banyak sekali keindahan alam yang dapat anda nikmati pada pagi hari seperti sunrise, tetesan embun, kicauan burung, dan sebagainya. Suasana pagi akan membuat anda nyaman dan mengurangi stress.

  • Menyehatkan tulang

    Provitamin D yang ada di tubuh kita perlu diaktifkan dengan berjemur di bawah matahari pagi. Vitamin D aktif akan meningkatkan penyerapan kalsium dan menyimpannya di tulang. Dengan demikian, bangun pagi dan berolahraga di udara bebas akan membuat kita terhindar dari osteoporosis.

  • Terhindar dari macet

    Pagi hari jalanan dipadati pengendara motor atau mobil yang hendak berangkat bekerja atau sekolah. Jika anda bangun lebih awal dan berangkat lebih awal, anda bisa menghindari macet yang melelahkan sekaligus menghabiskan waktu.

  • Menyehatkan jantung

    Tidur terlalu lama menyebabkan penumpukan lemak pada pembuluh darah yang lama-kelamaan mengancam kesehatan jantung. Bangun pagi membuat kita menghentikan tidur panjang yang tidak sehat.

  • Membuka pintu rezeki

    Sekilas hal ini memang tampak kurang masuk akal, tapi coba renungkan! Saat anda bangun pagi, maka anda telah mengawali hari lebih dini dari orang lain, segera melakukan aktivitas ketika orang lain masih terlelap. Anda bisa membuka usaha lebih awal, atau bekerja lebih awal. Hal ini tentu membuat anda selangkah lebih maju daripada orang-orang yang suka bangun siang.

Setelah mengetahui berbagai Manfaat Bangun Pagi, sebaiknya segera biasakan diri untuk aktivitas sehat yang satu ini. Jika anda merasa berat untuk bangun pagi, cobalah untuk membiasakannya secara bertahap. Misalnya dengan menjadwalkan 10 menit lebih awal, kemudian meningkatkan secara berkala. Anda juga bisa meminta orang-orang disekitar yang terbiasa bangun pagi untuk memaksa anda bangun. Semoga bermanfaat.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>