INFOMANFAAT.COM

Manfaat Menangis Bagi Kesehatan

infomanfaat.com – Menangis? Siapa, sih yang tidak pernah mengalaminya? Ingat ketika Anda pertama kali dilahirkan? Jika Anda tidak ingat, Anda dapat bertanya pada orang tua untuk memastikan apakah Anda melakukannya atau tidak. Menangis bukanlah tanda seseorang berwatak cengeng atau lemah. Menangis dapat terjadi akibat luapan kegembiraan maupun kesedihan. Jadi, menangis tidak selalu identik dengan hal-hal yang menyakitkan.

Jangan selalu identikkan menangis dengan wanita, karena ternyata pria pun melakukannya walaupun tidak terang-terangan. Bagi sebagian orang, menangis adalah cara mereka untuk meluapkan emosi. Tidak selamanya kehidupan seseorang berjalan dengan mulus. Kadangkala masalah dengan keluarga, pasangan, dan permasalahan di tempat kerja membuat mereka tidak mampu menahan emosi sehingga mereka memutuskan untuk menangis.

Menangis memang tidak bisa menyelesaikan masalah, namun setidaknya perasaan akan menjadi sedikit lega dan menjadi lebih baik. Bagi Anda yang kerap menangis, jangan khawatir karena di balik semua itu, ternyata ada banyak manfaat dari air mata yang Anda keluarkan

  • Menangis membuat hati tenang

    Seperti yang sudah dijabarkan sebelumnya, menangis mampu menjadi salah satu cara untuk meluapkan emosi tanpa menyakiti siapa pun. Usai menangis, perasaan akan menjadi lega dan tenang, serta lebih stabil.

  • Kegunaan Menangis

  • Menangis membuat hidung menjadi sehat (untuk kesembuhan sinusitis)

    Menangis pun memiliki manfaat bagi pernapasan. Penyakit yang menyerang saluran pernapasan salah satunya adalah sinusitis, yaitu radang sinus. Peradangan pada sinus akan mengakibatkan proses pertukaran udara pada hidung akan terganggu karena proses pengaturan kelembapan hidung tidak berjalan normal. Setiap tahun, penderita penyakit ini semakin meningkat. Penderitanya akan mengalami rasa sakit pada bagian kepala, perubahan warna lendir menjadi kuning kehijauan hingga mengakibatkan rasa nyeri di seluruh wajah yang tak jarang menimbulkan bengkak. Menangis dapat berguna sebagai cara alternatif untuk mengobati tekanan yang diakibatkan sinusitis.

  • Menangis menyehatkan mata

    Indera penglihatan pun juga terkena efek positif akibat menangis. Air mata mampu menjadi anti bakteri alami bagi mata. Bakteri terbunuh karena kandungan cairan lisozom yang terdapat pada air mata. Kelembaban mata pun akan meningkat sehingga mengurangi risiko pandangan yang mudah kabur. Jadi, menangis berguna dalam meningkatkan kemampuan visual seseorang.

  • Menangis membuang racun di dalam tubuh

    Penelitian yang dilakukan di Minnesota menunjukkan bahwa menangis berguna dalam membantu proses pembuangan racun di dalam tubuh. Kandungan bahan kimia berbahaya dalam air mata yang tidak dikeluarkan akan menimbulkan stres. Selain itu, Dr Abigael San, seorang psikolog klinis menyatakan bahwa menangis juga bermanfaat dalam mengurangi ketidakseimbangan bahan kimia dalam tubuh. Dalam keadaan seperti itu, otak akan mengirimkan perintah pada saraf untuk segera mengekskresikan zat kimia dalam tubuh sekaligus memberikan efek menenangkan.

Cara mengatasi mata bengkak akibat menangis

Menangis terkadang meninggalkan efek berupa mata yang sedikit merah atau bengkak sehingga mengganggu penampilan. Tak jarang pula mata menjadi mudah mengalami iritasi. Anda tidak perlu takut untuk mengeluarkan air mata demi kecantikan karena ada tips untuk membuat wajah Anda kembali segar seperti sebelum menangis.

Pertama, pastikan Anda meminum cukup air agar tidak mengalami dehidrasi usai menangis. Air dengan jumlah yang cukup akan menormalkan proses metabolisme tubuh dan proses pembuangan racun di dalam tubuh.

Selanjutnya, untuk menghilangkan sisa-sisa air mata, Anda dapat membasuhnya dengan air dingin, kemudian letakkan potongan mentimun pada bagian mata hingga tidak terasa dingin lagi. Sebagai alternatif, Anda juga dapat menggunakan es batu yang terlebih dahulu dibungkus handuk untuk menghindari kerusakan kulit mata. Air dingin berfungsi untuk mengurangi bengkak yang ditimbulkan.

Agar tampil lebih cantik dan segar, Anda dapat memberikan sentuhan make up tipis di sekitar mata. Semoga setelah emosi dikeluarkan, Anda tetap terlihat segar setelah menangis. Semoga berguna

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>