Manfaat Coklat bagi Kesehatan

Manfaat Coklat bagi Kesehatan
sumber gambar: fanpop.com

infomanfaat.com – Sebagai makanan yang disukai semua kalangan mulai anak-anak hingga dewasa, coklat seolah sudah menjadi makanan tradisi di Indonesia. Rasanya yang manis dan lezat selalu membuat air liur mengalir. Makanan yang berasal dari Meksiko ini ternyata tidak hanya lezat di lidah, namun juga sangat bermanfaat. Mau tahu apa saja manfaat dari coklat?

  • Antioksidan

    Kandungan antioksidan dalam coklat cukup tinggi. Antioksidan dalam coklat adalah dari jenis flavonoid yang bisa menangkal radikal bebas. Jika radikal bebas dibasmi, maka daya tahan tubuh akan meningkat. Jadi, coklat berguna dalam membantu tubuh melawan radikal bebas.

  • Memperpanjang umur

    Sebuah penelitian di Harvard membuktikan bahwa konsumen coklat mampu bertahan hidup lebih lama daripada yang tidak mengonsumsinya. Salah satu manusia tertua di dunia, Jeanne Louise Calment dapat bertahan hidup hingga usia 122 karena mengkonsumsi dark chocolate sebanyak 2,5 pon dalam seminggu. Tidak disangka ya ternyata coklat berkhasiat dalam memperpanjang usia seseorang.

  • Menjaga kesehatan jantung

    Flavonoid yang ada dalam coklat mampu menurunkan LDL sekaligus mengangkat plak pada pembuluh darah. Selain flavonoid, coklat juga mengandung asam oleat yang bermanfaat dalam menjaga kesehatan jantung. Dengan demikian konsumen coklat dapat terhindar dari penyakit jantung koroner.

  • Menjaga kesehatan gigi

    Coklat mengandung kalsium dan fosfor yang berguna untuk menjaga keutuhan gigi, serta mengurangi asam di mulut dan berkhasiat dalam mencegah gigi berlubang. Selain itu coklat mengandung theobromine yang dapat membunuh bakteri Streptococcus mutans yang bersarang di rongga mulut.

  • Anti Depresi

    Karena coklat berkhasiat dalam melebarkan pembuluh darah, maka suhu tubuh akan stabil dan otot-otot mengendur, dengan demikian tubuh menjadi lebih rileks. Selain itu, kandungan phenylethylamine dapat meningkatkan penyerapan triptofan ke otak yang kemudian menghasilkan dopamine. Dopamine berfungsi merangsang perasaan senang dan perbaikan suasana hati. Phenylethylamine juga dapat memunculkan perasaan jatuh cinta (hati berbunga).

  • Mencegah kanker

    Coklat mengandung antioksidan fenol yang bermanfaat dalam mencegah kanker. Kandungan antikanker pada coklat ternyata lebih tinggi daripada teh.

  • Rahasia awet muda

    Dahulu para wanita menggunakan teh yang mengandung katekin untuk mencuci muka. Katekin dapat menangkal polusi dan radiasi sehingga wajah terlihat cerah dan awet muda. Ternyata kandungan katekin pada coklat lebih tinggi daripada teh. Jadi, mungkin anda bisa mencoba lulur atau masker coklat yang ditengarai memiliki kegunaan dalam membuat anda tampak awet muda.

  • Pas Untuk diet

    Coklat adalah makanan yang tinggi kalori dan lemak. Namun, lemak yang terkandung di dalam coklat adalah lemak nabati yang bebas kolesterol. Kandungan gizi yang kompleks pada coklat akan memberi efek kenyang namun tetap sehat dibandingkan camilan yang lain seperti gorengan atau makanan lain dari tepung.

  • Meningkatkan gairah atau semangat

    Kandungan theobromine dan kafein pada coklat dapat mencegah rasa kantuk dan meningkatkan semangat. Jadi ada baiknya anda makan coklat saat bosan atau terkantuk.

  • Meningkatkan kecerdasan

    Berbagai penelitian menyatakan bahwa coklat memiliki peran dalam melindungi sel saraf otak dan meningkatkan memori otak. Coklat juga berguna dalam mencegah kerusakan sel saraf otak saat terserang stroke.

Jika selama ini kita selalu dilarang mengonsumsi coklat karena takut gigi berlubang, berjerawat atau kegemukan, kini pandangan tersebut harus segera dibuang jauh. Terbukti coklat tidak membuat kerusakan gigi atau kegemukan, justru sangat bermanfaat bagi kesehatan selama dikonsumsi dalam jumlah yang tepat. Sebaiknya anda mengonsumsi 1,5 ons coklat perhari atau minimal tiga batang coklat perminggu. Bagi penderita ginjal, konsumsi coklat harus ditekan karena dapat meningkatkan ekskresi kalsium.

Anda bisa mengonsumsi coklat padat atau dalam bentuk cair sebagai minuman agar tidak bosan, sekaligus dapat merasakan khasiatnya. Sebaiknya jangan terlalu tergesa-gesa dalam mengonsumsinya agar bisa merasakan kelezatannya di lidah. Kini, say yes to chocolate. Semoga bermanfaat.


loading...

You Might Also Like

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>