INFOMANFAAT.COM

Manfaat dan Khasiat Kunyit bagi Kesehatan

infomanfaat.com – Sebagai bumbu yang banyak digunakan dalam berbagai masakan, kunyit memberikan citarasa tersendiri sekaligus warna kuning yang khas. Bumbu dapur yang satu ini telah lama diketahui memiliki khasiat anti-inflamasi dan telah digunakan pada berbagai pengobatan penyakit. Kunnyit juga diketahui telah lama digunakan pada pengobatan tradisional Cina dan India (ayurveda). Sejuta manfaat yang dimiliki kunyit mengundang berbagai peneliti untuk meneliti bumbu dapur yang memiliki nama latin Curcuma longa ini.

Manfaat Kunyit bagi Kesehatan

[list style="list10" color=magenta"]

  • Kunyit bermanfaat dalam melawan kanker

    Berbagai penelitian menunjukkan bahwa kurkumin yang terkandung dalam kunyit memiliki kemampuan yang menjanjikan dalam melawan kanker.

    Salah satunya diketahui bahwa kandungan kurkumin dalam kunyit berkhasiat dalam mengurangi resiko kanker payudara pada wanita yang tengah menjalani terapi hormon selama masa menopausenya. Berdasarkan percobaan pada tikus, diketahui bahwa kurkumin dapat menghambat pertumbuhan tumor yang dipicu oleh progestin. Wanita yang menjalani terapi hormon pada masa menopause biasanya menerima pemberian kombinasi estrogen dan progestin. Kurkumin juga diketahui dapat menghambat terjadinya penyebaran sel kanker payudara.

    9 studi yang dilakukan pada tikus menunjukkan bahwa pemberian kurkumin ternyata dapat mengurangi ukuran tumor pada otak ebanyak 81 persen. Penelitian di UCLA juga menemukan bahwa kurkumin mampu menghambat pertumbuhan kanker.

    Penelitian yang lain juga menunjukkan bahwa ketika dikombinasikan dengan kembang kol ternyata kurkumin yang terkandung dalam kunyit berkhasiat dalam mencegah terjadinya kanker prostat dan juga menghentikan pertumbuhan sel kanker pada prostat yang sudah ada sebelumnya.

  • Manfaat Kunyit

  • Kunyit mencegah penyakit Alzheimer

    Penelitian yang dilakukan pada tahun 2009 menunjukkan bahwa jika dipasangkan dengan vitamin D, kurkumin mampu melindungi tubuh dari penyakit Alzheimer. Kombinasi kurkumin dengan vitamin D mungkin dapat merangsang system imun tubuh untuk membersihkan plak beta amyloid yang terdapat di otak. Adanya plak amyloid di otak dapat menyebabkan terjadinya penyakit Alzheimer.

  • Kunyit berkhasiat menjaga kesehatan hati

    Khasiat kunyit dalam menjaga kesehatan hati berhasil diketahui melalui percobaan pada tikus. Para peneliti berhasil menemukan bahwa kandungan kurkumin dalam kunyit dapat mengekang produksi protein yang menyebabkan terjadinya inflamasi pada sel-sel hati. Dalam hal ini dapat dikatakan bahwa manfaat kunyit adalah sebagai bahan untuk mendetoksifikasi hati, sehingga hati kita tetap sehat dan dapat menjalankan fungsinya.

  • Kunyit juga berfungsi sebagai agen antioksidan dan anti-inflamasi

    Khasiat kunyit sebagai antioksidan dapat terlihat dalam aksinya mencegah kanker. Dalam hal ini karakteristik antioksidan dari kurkumin berfungsi dalam menetralkan radikal bebas yang dapat menyerang sel-sel normal dan mengubahnya menjadi sel kanker. Sifat antioksidan kurkumin dalam kunyit sangat kuat, oleh karenanya berbagai penelitian menunjukkan bahwa kurkumin dalam kunyit bermanfaat dalam pencegahan berbagai macam kanker.

    Manfaat kunyit tidak hanya sebatas antioksidan yang kuat, namun juga sebagai agen anti-inflamasi alami yang poten. Hal tersebut terbukti dari percobaan yang dilkukan pada tikus. Percobaan tersebut menunjukkan bahwa pemberian kunyit pada tikus yang menderita rheumatoid arthritis menghasilkan penghambatan onset penyakit tersebut pada tikus. Selain itu, pemberian kunyit pada tikus juga berkhasiat dalam mengurangi gejala rheumatoid arthritis secara signifikan.

  • Khasiat Kunyit untuk Diabetes

  • Manfat kunyit dalam mencegah diabetes

    Lagi-lagi percobaan pada tikus mengindikasikan bahwa kurkumin dalam kunyit dapat menjaga leel gula darah tetap dalam zona normal. Hal itu berarti kunyit berguna dalam mengurangi resiko kejadian diabetes tipe 2.

  • Kunyit berguna dalam mengobati luka

    Kunyit yang telah dibuat menjadi bubuk dapat digunakan sebagai antiseptic dalam mengobati luka. Anda bisa menyimpan bubuk kunyit di rumah sebagai langkah antisipasi jika sampai ada yang terluka maka Anda bisa menaburkan bubuk kunyit tersebut di atas luka. Bubuk kunyit berkhasiat sebagai antibakteri dan anti-inflamasi yang berarti dapat mencegah terjadinya infeksi dan dapat segera menyembuhkan luka.

[/list]

Semoga bermanfaat

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>