INFOMANFAAT.COM

Manfaat Yogurt untuk Kaum Hawa

infomanfaat.com – Yogurt adalah salah satu makanan bergizi yang baik untuk dikonsumsi segala usia. Susu fermentasi ini mengandung gula dalam bentuk sederhana karena telah dipecah oleh bakteri Lactobacillus bulgaricus dan Streptococcus thermophilus menjadi asam laktat. Gula yogurt lebih mudah diserap oleh tubuh dan lebih sehat.

Kandungan gizi yogurt antara lain vitamin B12 dan B6, vitamin D, kalsium, protein, magnesium, seng, dan mikronutrien lainnya. Berdasarkan kandungan gizinya yang kompleks, maka yogurt merupakan salah satu makanan yang direkomendasikan untuk menjaga kesehatan tubuh. Misalnya kandungan vitamin D dan kalsium dapat mencegah osteoporosis, protein dapat mengganti sel-sel yang rusak dan menunjang kecerdasan, serta dapat mengobati diare karena bakteri Lactobacillus casei yang ada pada yogurt terbukti dapat mengurangi jumlah bakteri E.coli penyebab diare. Berbeda dengan susu murni, yogurt mengandung lemak dalam jumlah rendah, bahkan tidak mengandung lemak sama sekali sehingga baik untuk kesehatan jantung dan dapat menurunkan tekanan darah. Yogurt juga mengandung probiotik (bakteri baik pada saluran pencernaan) dan prebiotik (makanan bakteri baik) yang menjaga usus kita dari serangan bakteri jahat. Oleh karena itu yogurt disebut sebagai penjaga kesehatan pencernaan.

Manfaat Yogurt untuk kesehatan reproduksi wanita

Manfaat Yogurt

sumber gambar: www.yogurtstarter.org

Anda sering mengalami keputihan? Atau gatal-gatal di area miss V? Keputihan dan rasa gatal di daerah perempuan merupakan indikasi adanya jamur Candida vaginalis atau Candida albicans. Jamur ini ternyata bisa dilawan dengan konsumsi yogurt secara teratur. Berdasarkan penelitian pada sejumlah perempuan yang mengalami keputihan, didapatkan hasil bahwa konsumsi yogurt yang mengandung Lactobacillus acidophilus dapat menghilangkan masalah tersebut. Cara ini cukup mudah dan murah. Namun, jangan sekali-kali menggunakan yogurt secara langsung di daerah perempuan karena akan mengakibatkan infeksi. Selain itu, yogurt juga dapat mempertahankan pH daerah perempuan tersebut agar tetap normal.

Manfaat Yogurt untuk ibu hamil

Ternyata yogurt merupakan salah satu makanan yang sangat baik untuk perkembangan janin dan kehamilan. Kalsium yogurt langsung dapat diserap dan bermanfaat untuk pertumbuhan tulang dan gigi janin. Kandungan vitamin B6 dapat mengurangi rasa mual pada awal kehamilan. Ibu hamil yang teratur mengonsumsi yogurt dapat terhindar dari sembelit karena mengandung serat. Selain itu yogurt juga tinggi protein yang sangat diperlukan janin untuk pembentukan inti sel dan membran sel. Sebaiknya konsumsi yogurt 250 ml setiap hari saat hamil.

Manfaat Yogurt untuk kecantikan

Tidak hanya bermanfaat menjaga kesehatan, ternyata yogurt juga efektif untuk menjaga kesehatan kulit dan rambut. Asam laktat pada yogurt merupakan komponen kimia penting untuk pergantian sel sehingga kerutan dan kulit kusam akan terangkat. Alhasil kulit anda akan tampak bercahaya. Anda bisa menggunakan campuran yogurt dengan minyak zaitun dan madu untuk masker atau lulur. Sedangkan untuk menjaga keindahan rambut, gunakan campuran yogurt dan telur sebelum keramas secara teratur. Cara ini dapat menghilangkan beberapa masalah rambut seperti ketombe, rambut kusam dan rambut bercabang.

Ternyata yogurt tidak hanya nikmat dilidah, namun juga sangat baik untuk kesehatan dan kecantikan. Agar tidak bosan, anda dapat mengolah yogurt menjadi berbagai bahan makanan. Yogurt paling baik dikonsumsi pada hari 1-2 setelah diproduksi, tanpa bahan pewarna dan pemanis buatan. Semoga bermanfaat

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>