INFOMANFAAT.COM

Manfaat Lari Pagi yang Menakjubkan

infomanfaat.com – Lari pagi merupakan aktivitas ringan dan murah yang memiliki banyak manfaat. Kegiatan olahraga yang satu ini bisa dilakukan baik tua maupun muda, kaya atau miskin, gemuk atau kurus, dan tidak memerlukan teknik khusus seperti olahraga lainnya. Hal yang paling diperlukan untuk dapat melakukan aktivitas ini adalah niat. Kebanyakan orang kurang bersungguh-sungguh sehingga timbul rasa malas untuk bangun pagi. Padahal lari pagi bisa meningkatkan semangat hidup.

Manfaat Lari Pagi bagi Kesehatan Jantung

Rutin melakukan olahraga lari 1-2 mil perhari diduga dapat melancarkan peredaran darah yang berefek baik bagi kesehatan. Jika peredaran darah lancar, maka jantung tidak perlu bekerja berat sehingga tekanan darah menurun. Dengan menurunnya tekanan darah maka beberapa penyakit seperti stroke dan hipertensi akan menjauh. Disamping itu, peredaran darah yang lancar juga mempermudah metabolisme tubuh. Inilah salah satu alasan mengapa lari pagi disebut sebagai salah satu rahasia awet muda dan berumur panjang.

Lari Pagi sangat Baik untuk Paru-paru

Keuntungan dan Manfaat Lari Pagi

Saat berlari, paru-paru dipacu untuk mengambil oksigen lebih banyak sehingga kemampuan menghisap udara meningkat. Hal ini mengakibatkan peningkatan daya tahan tubuh. Selain itu, udara pagi hari masih bersih, bebas polusi, dan kaya oksigen. Peningkatan kemampuan paru yang didukung udara bersih kaya oksigen ini dapat membunuh kuman yang ada di paru-paru seperti Mycobacterium tuberculosis dan pneumonia.

Oksigen diperlukan tubuh untuk membakar glukosa menjadi energi yang kemudian digunakan untuk beraktivitas dan berpikir. Oleh karena itu lari pagi dapat memacu proses berpikir dan semangat hidup. Keadaan yang demikian akan membuat seseorang menjadi lebih produktif. Jadi, ada baiknya bagi seorang direktur menjadwalkan lari pagi secara rutin bagi karyawannya jika ingin meningkatkan produktivitas mereka. Penelitian juga mengatakan bahwa rutin lari pagi dapat membuat pernafasan pasien asma menjadi bersih, tidak berbunyi, dan cenderung lebih panjang.

Lari Pagi Mencegah Osteoporosis

Selain mendapatkan udara yang sehat, lari pagi juga membuat kita memperoleh vitamin D. Vitamin D dari sinar matahari lebih baik daripada yang berasal dari makanan karena langsung berfungsi mengoptimalkan penyerapan kalsium yang bermanfaat untuk kesehatan tulang dan gigi. Itulah alasan mengapa lari pagi dapat menyehatkan tulang dan mencegah osteoporosis.

Manfaat Lari Pagi dalam Menghilangkan Depresi

Terkadang aktivitas harian membuat kita bosan sehingga mudah stres. Lari pagi dapat difungsikan sebagai obat antidepresi. Anda dapat menikmati pemandangan sekitar sebelum hiruk pikuk dunia merenggut keindahannya.

Jika Anda bermukim di pesisir, mungkin pemandangan pantai menjadi santapan lezat, atau hamparan sawah dan gambaran gunung yang menjulang, danau, pasar tradisional, kicau burung, dan sebagainya dapat mencuci mata dan otak kita dari rutinitas yang membosankan. Selain itu, menikmati keindahan alam di pagi hari diakui sebagian orang dapat melahirkan ide-ide kreatif untuk bahan tulisan, usaha, atau pemecahan masalah pekerjaan.

Lari Pagi Bermanfaat bagi Program Diet Anda

Berdasarkan penelitian yang dilakukan di Swiss, lari pagi selama 60 menit dapat membakar 100 kalori. Ini merupakan cara yang cukup efektif bagi Anda yang ingin menjalani diet. Kegemukan diyakini menjadi sumber berbagai penyakit dan membuat bau badan tak sedap.

Dengan berlari pagi secara rutin, Anda akan terhindar dari berat badan berlebih. Lemak yang menempel di bawah jaringan kulit akan terbakar karena tubuh memerlukan energi tambahan saat lari pagi.

Lari Pagi Membuat Tubuh Bugar

Berbagai manfaat yang telah disebutkan di atas tentu membuat tubuh kita menjadi semakin bugar. Tubuh yang bugar dan mental yang sehat merupakan dua hal yang menentukan kualitas tidur kita.

Kondisi sehat secara jasmani dan rohani ini dapat membuat tidur kita semakin nyenyak. Kualitas tidur secara umum juga memengaruhi kesehatan tubuh. Terbukti, orang yang sedang sakit tidak dapat tidur dengan nyaman.

Setelah mengetahui beragam manfaat lari pagi, kini saatnya membuang jauh kebiasaan tidur dan bermalas-malasan di pagi hari. Memanfaatkan waktu pagi kita dengan olahraga ringan yang menyehatkan ini tentu lebih nikmat dibandingkan memanjakan diri di kasur empuk yang berujung sakit.

Sebaiknya Anda melakukan pemanasan dengan menggerakkan seluruh tubuh selama 2-3 menit sebelum memulai jogging untuk menghindari kram. Bagi yang belum terbiasa berlari, Anda bisa mulai berlari jarak dekat, kemudian meningkatkan jarak tempuh perlahan secara teratur.

Cara ini lebih baik daripada langsung berlari jarak jauh yang berarti memaksa jantung dan paru-paru bekerja berat secara tiba-tiba. Berdasarkan aturan, lari pagi sebaiknya dilakukan dua hari sekali atau sekitar 10 mil tiap minggu.

Semoga bermanfaat

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>