INFOMANFAAT.COM

Manfaat Kunyit untuk Kecantikan

infomanfaat.com – Seperti yang sudah diulas sebelumnya mengenai berbagai Manfaat Kunyit bagi kesehatan, kali ini Kami pun ingin kembali mengulas fungsi kunyit yang lain, yaitu manfaat kunyit bagi kecantikan. Kunyit yang memiliki nama latin Curcuma longa ini memilki sederet manfaat bagi kecantikan kulit Kamu. Apa saja Manfaat kunyit bagi kecantikan yang perlu diketahui? Berikut beberapa hal di antaranya:

Fungsi Kunyit dalam perawatan kulit wajah

Manfaat Kunyit dalam merawat kulit wajah dapat dilihat dari perannya dalam menghilangkan bintik hitam ataupun area hiperpigmentasi. Kunyit juga membantu dalam menghilangkan dan mencegah masalah kulit kering.

Selain itu, masker wajah yang mengandung kunyit berkhasiat dalam menghilangkan jerawat dan membuat wajah berseri secara alami. Selain itu kunyit juga bermanfaat dalam membuat kulit menjadi lebih lembut dan bercahaya. Dalam merawat kulit wajah, Kamu dapat menggunakan masker kunyit dua kali seminggu.

Berikut cara perawatan wajah dengan kunyit untuk beberapa tipe kulit:

Kunyit untuk Kecantikan

sumber gambar: www.nandyala.org

  • Untuk kulit berminyak
    2 sendok bubuk kayu cendana, susu, beberapa tetes jeruk lemon dan bubuk kunyit dicampur untuk dibuat menjadi masker. Lalu gunakan pada wajah Kamu, biarkan kering, dan bilas.
  • Untuk kulit kering
    Ambil 1 butir putih telur, tambahkan 2-3 tetes masing-masing minyak zaitun, jus lemon dan air mawar. Campur dalam wadah, oleskan pada wajah, leher dan telinga. Bilas setelah 15 menit dengan menggunakan air dingin.
  • Untuk kulit normal
    Ambil 3-4 buah strawberry yang telah matang, hancurkan, lalu tambahkan tepung maizena dan kunyit. Campur dengan baik hingga menjadi masker. Aplikasikan pada wajah. Bilas setelah kering.

Khasiat Kunyit dalam menghilangkan jerawat

Kunyit menawarkan manfaat yang menjanjikan dalam menghilangkan jerawat Kamu sekaligus membuat wajah Kamu menjadi lebih bersinar. Di India, ramuan yang mengandung kunyit dalam bentuk masker biasanya digunakan oleh mempelai wanita dan pria sehari sebelum pesta pernikahan dengan tujuan agar kulit mereka nampak ceria dan menghilangkan bintik-bintik hitam di wajah.

Cara menghilangkan jerawat dengan kunyit adalah dengan mencampurkan 2 sendok makan tepung gandum ke dalam susu hangat, lalu tambahkan ke dalamnya 2 tetes minyak zaitun atau minyak kelapa dan kunyit. Aduk hingga merata dan aplikasikan di wajah sehingga membentuk lapisan tipis dan biarkan selama 20 menit. Waktu terbaik dalam mengaplikasikan masker ini adalah saat sebelum Kamu mandi, sehingga Kamu bisa membilasnya saat mandi sekaligus memaksimalkan khasiatnya.

Manfaat kunyit dalam menghilangkan bekas jerawat atau bekas luka

Selain menghilangkan jerawat, kunyit juga bisa digunakan dengan tujuan menghilangkan bekas jerawat ataupun bekas luka yang lain. Caranya adalah 1 sendok bubuk kunyit dicampurkan dengan beberapa tetes susu, lalu aplikasikan masker tersebut di permukaan kulit selama 15 menit. Campuran masker tersebut juga dapat digunakan dalam menghilangkan spot pigmentasi ataupun bekas eksim.

Manfaat kunyit dalam menghilangkan ketombe

Perpaduan kunyit dan minyak zaitun telah diketahui efektif dalam mengatasi masalah ketombe di kulit kepala. Campuran keduanya digunakan pada kulit kepala ketika Kamu mandi layaknya Kamu menggunakan shampoo. Biarkan selama 15 menit, lalu bilas campuran kunyit dan minyak zaitun tersebut dengan shampoo alami yang biasa Kamu gunakan.

Manfaat kunyit dalam mengatasi keriput

Untuk keperluan ini, Kamu bisa menggunakan campuran susu dan bubuk kunyit. Selain itu, campuran bubuk kunyit dan bubuk beras dengan susu dan jus tomat juga dapat digunakan untuk menghilangkan keriput. Campuran keempat bahan tersebut akan menjadi pasta yang kemudian dilulurkan di wajah dan juga leher, diamkan 30 menit, setelah itu bilas dengan air hangat-hangat kuku.

Kunyit bermanfaat dalam mengobati kaki pecah-pecah

Caranya adalah teteskan 3 tetes minyak kelapa atau minyak zaitun pada 3 sendok bubuk kunyit, lalu dicampur. Oleskan pasta tersebut pada tumit Kamu yang bermasalah. Pasta dari kunyit ini juga dapat digunakan untuk mencegah tumbuhnya jamur di antara jari-jari kakimu.

Semoga bermanfaat

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>