Manfaat Buah Anggur

Manfaat buah Anggur

infomanfaat.comBuah anggur yang merupakan salah satu buah terenak di dunia, dan terkesan elit serta mahal karena sangat sering muncul sebagai makanan pencuci mulut pada perjamuan mewah. Ternyata, anggur bukan hanya kesannya saja yang mewah dan mahal, buah ini sangat kaya akan sumber vitamin A, C, B6 dan asam folat terlebih lagi mineral seperti kalium, kalsium, zat besi, fosfor, magnesium, dan selenium. Anggur juga mengandung flavonoid yang merupakan antioksidan yang sangat bagus, yang dapat mengurangi resiko radikal bebas dan penuaan dini.

Seperti yang telah disebutan di atas, banyak manfaat yang kita dapat dari buah yang berasa asam manis dan legit ini, yaitu bisa menjadi obat untuk:

Penyakit Jantung

Banyak studi yang telah dilakukan untuk mengetahui manfaat anggur sehubungan dengan pencegahan atau mengurangi resiko penyakit jantung. Sekitar 20 tahun lalu, para peneliti menemukan bahwa orang-orang Perancis memiliki resiko penyekit jantung yag lebih sedikit dibanding dengan negara-negara lain di seluruh dunia. Penemuan ini dinamakan French Paradox. Penjelasan utamanya yaitu mereka meminum anggur merah ketika makan. Setelah penemuan tersebut, lebih dari 300 studi dilakukan, untuk membuktikan apakah anggur merah atau jus anggur dapat mengurangi resiko penyakit jantung. Sepertinya jus anggur atau anggur merah memblokir efek penyumbatan arteri yang disebabkan oleh makanan berlemak.

Antioksidan yang terkandung pada buah anggur yang segar, yang dikenal dengan istilah polifenol, berperan dalam mencegah akumulasi kolesterol yang teroksidasi (hal ini dibuktikan berdasarkan sebuah studi yang diterbitkan pada the Journal of Nutrition).

Reservatrol, polifenol yang terkandung di dalam anggur, mencegah perusakan dinding arteri. Nutrisi yang bermanfaat lainnya yaitu pterostilbene. Para peneliti menemukan bahwa senyawa ini dapat mengurangi kolesterol dan trigliserida dengan enzim yang berperan dalam regulasi level lemak dalam darah.

Senyawa lainnya yaitu saponin, terletak pada kulit buah. Substansi ini terikat oleh kolesterol, mencegah penyerapannya ke dalam tubuh. Juga, saponin sepertinya memblokir peradangan.

Manfaat buah Anggur

Berdasarkan manfaat ini, sepertinya anggur merah adalah yang tersehat dan terbaik untuk mencegah penyakit jantung.

Kanker

Anggur mengandung asam kafein, substansi yang sangat berperan dalam memerangi kanker. Bioflavonoid, nutrien lain yang terkandung dalam anggur, menfasilitasi penyerapan vitamin C ke dalam tubuh dan membantu Vitamin C membantu jaringan ikat dalam tubuh kita tetap sehat. Fungis lain yaitu sebagai antioksidan, dengan melindungi vitamin C dari oksidasi dan mencegah pecahnya vitamin dalam kapiler darah. Bioflavonoid memberikan kekuatan sel kita untuk berperang melawan bahkan membunuh sel kanker .

Nutrien resveratol, juga membantu mencegah kanker, terutama kanker hati, peru-paru, payudara, dan prostat. Berdasarkan studi terakhir, telah ditemukan bahwa anggur yang berwarna ungu yang bernama anggur Concord membantu mencegah kanker payudara. Berkurangnya perkembangbuakan sel tumir secara siginifikan telah terlihat pada tikus percobaan setelah mereka diberi jus anggur.

Virus

Sebuah studi di Universitas Erciyes di Turki, para peneliti menemukan bahwa anggur memiliki aksi antimikrobial yang efektif. Terlebih lagi, konsentrasi tinggi pada tanin, polifenol lain yang terkandung dalam buah anggur, dapat memerangi virus dan tumor. Tanin diserap pada proses di dalam saluran usus, yang sangat efektif memerangi virus.

Penuaan Dini

Meskipun kita telah mengetahui bahwa resveratol memiliki manfaat yang berhubungan dengan kesehatan, daftar itu belum selesai.

Resveratol adalah antioksidan alami yang dapat membantu mengurangi resiko penyakit jantung, kanker bahkan penyakit otak seperti Alzheimer. Berdasarkan para peneliti dari Harvard Medical School, substansi ini dapat mencegah kalori. Substansi ini mengaktifasi enzim yang dapat mencegah penuaan dini, lalu meningkatkan stabilitas DNA dan memperpanjang usia hidup hingga 70%.

Buah anggur dapat berkontribusi untuk mengurangi resiko berkurangnya daya pandang mata (masalah utama pada lansia). Dengan meningkatkan konsumsi anggur kita dapat mengurangi resiko degenerasi macular (penyebab utama kebutaan) hingga 30-40%.

Penyakit Alzheimer

Seperti yang telah disebutkan di atas, resveratol yang terdapat dalam anggur mengurangi level amyloidal-beta pepsida pada pasien penyakit Alzheimer. Studi menunjukkan bahwa anggur dapat meningkatkan kesehatan otak dan mencegah timbulanya penyakit neurodegenerative atau degenerasi syaraf.

Mencegah Katarak

Flavonoid yang terkandung dalam anggur memiliki antioksidan yang dapat mengurangi dan memerangi kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas seperti katarak.

Gangguan Ginjal

Konsumsi anggur secara terus-menerus dapat megurangi keasaman pada asam urin dan membantu dalam pengeliminasin asam dari system transportasi urin, jadi mengurangi tekanan kerja ginjal.

Kelelahan

Jus anggur putih mampu mengisi ulang zat besi dalam tubuh dan mencegah kelelahan.

Konstipasi

Buah anggur sangat efektif dalam menyembuhkan konstipasi. Buah ini termasuk makanan laksatif, karena mengandung asam organic, gula dan selulosa. Anggur juga menyembuhkan konstipasi yang telah kronis.

Asma

Anggur dapat dikonsumsi oleh mereka yang sedang menjalani terapi penyembuhan asma. Terlebih lagi, energi asimilasi anggur juga tinggi. Anggur juga meningkatkan kelembaban di dalam paru-paru.

Migrain

Jus anggur matang merupakan obat yang paling untuk menyembuhkan migrain. Buah ini harus dikonsumsi pada pagi hari, tanpa tambahan air.

Gangguan Pencernaan

Anggur berperan dalam disepsia yaitu meredakan panas dan mengobati gangguan pencernaan serta iritasi pada lambung. Anggur juga dipilih sebagai pengganti makanan ringan. Selain itu, anggur menjaga keseimbangan kadar gula dalam darah, regulasi insulin yang lebih baik, dan meningkatkan sensitivitas insulin.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda


loading...

You Might Also Like

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>