INFOMANFAAT.COM

Manfaat Vitamin E untuk Ibu Hamil

infomanfaat.comVitamin E merupakan salah satu zat yang diperlukan selama masa kehamilan. Nama lain vitamin E adalah tokoferol yang merupakan kombinasi dari delapan ikatan molekul.

Vitamin E pertama kali ditemukan pada tahun 1922 oleh Dr. H.M Evans dari California melalui sebuah penelitian pada tikus. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa vitamin E sangat diperlukan untuk mempertahankan kehamilan. Oleh karena itu, ibu hamil disarankan mengonsumsi vitamin E pada trimester pertama, karena resiko keguguran masih relatif tinggi.

Kekurangan vitamin E dapat menurunkan kesehatan reproduksi sehingga mengganggu proses kehamilan, sedangkan pada laki-laki dapat mengakibatkan gangguan perkembangan testis. Vitamin E juga turut aktif dalam membentuk organ reproduksi janin beserta fungsinya, baik pria maupun wanita.

Manfaat Vitamin E untuk Ibu Hamil

Vitamin E juga berfungsi melindungi sel darah merah dari kerusakan. Sel darah merah adalah distributor oksigen dan sari makanan ke seluruh tubuh, termasuk dalam peredaran darah janin. Jadi secara tidak langsung vitamin E turut membantu pertumbuhan dan kelangsungan hidup janin selama kehamilan.

Manfaat vitamin E untuk Ibu Hamil

Semua vitamin E merupakan antioksidan yang melindungi struktur sel, terutama membran sel dari kerusakan akibat adanya radikal bebas. Vitamin ini bekerja dengan cara merubah dirinya menjadi radikal, kemudian merusak rantai reaksi radikal bebas.

Setelah itu dia akan beregenerasi menjadi vitamin E kembali sehingga tidak membahayakan tubuh manusia. Dengan demikian ibu hamil perlu mengonsumsi vitamin E untuk meningkatkan daya tahan tubuh, terutama pada masa awal kehamilan ketika ibu rentan terhadap segala jenis penyakit.

Fungsi lain dari vitamin E adalah menyeimbangkan kadar vitamin A dalam tubuh karena bersifat melindungi vitamin A dari kerusakan sekaligus mencegah kelebihan vitamin A dalam tubuh.

Kelebihan vitamin A pada masa kehamilan dapat mengakibatkan bayi lahir cacat dan kerusakan hati, sedangkan kekurangan vitamin A akan mengganggu proses pembentukan email gigi, mata, jantung, serta telinga.

Bagi kesehatan kulit, vitamin E bertugas menjaga elastisitas dan kelembaban kulit, serta melindunginya dari kerusakan akibat sinar ultraviolet. Vitamin E ini bisa digunakan sebagai kosmetik yang aman bagi ibu hamil daripada menggunakan kosmetik yang mengandung bahan berbahaya seperti hidrokinon, merkuri, atau rhodamin B. Bagi janin, vitamin E juga turut serta membantu pembentukan dan pematangan kulit.

Setelah mengetahui berbagai manfaat vitamin E, sebaiknya ibu hamil mengonsumsi vitamin E secara alami dari bahan makanan seperti kacang hijau, toge, dan kapri.

Kelebihan vitamin E sangat jarang terjadi, oleh karena itu tidak perlu khawatir untuk mengonsumsi sumber vitamin E dari makanan. Konsumsi vitamin E ini sebaiknya dilakukan secara teratur untuk mendapatkan hasil yang maksimal yaitu kesehatan ibu dan janin.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>