Manfaat Kulit Jeruk Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat Kulit Jeruk

infomanfaat.com – Membaca judul di atas mungkin sebagian dari anda bertanya-tanya apakah benar kulit jeruk dapat kita manfaatkan untuk kesehatan. Jawabannya adalah benar bahwa kulit jeruk dapat kita manfaatkan untuk kesehatan. Hal ini karena kandungan yang terdapat di dalam kulit jeruk. Zat yang bermanfaat dalam kulit jeruk adalah minyak atsiri.

Minyak atsiri adalah sejenis minyak nabati yang dapat mengental jika diletakan pada suhu ruangan. Minyak ini akan mengeluarkan aroma yang khas dan dimanfaatkan sebagai bahan dasar minyak gosok yang digunakan dalam pengobatan.

Senyawa limonen yang terkandung dalam minyak ini juga dapat memperlancar peredaran darah, meringankan rasa sakit akibat batuk dan radang tenggorokan. Lebih hebatnya lagi minyak ini dapat menghalangi berkembang biaknya sel kanker dalam tubuh.

Selain itu, kulit jeruk juga dapat meningkatkan nafsu makan. Selain mengandung senyawa limonen, kulit jeruk mengandung senyawa lain seperti lanalol, linalil, dan juga terpinol yang memiliki fungsi sebagai penenang.

Selain zat dan senyawa di atas, kulit jeruk juga mengandung sitronela yang dapat mengusir nyamuk. Maka dari itu kulit jeruk ini dimanfaatkan sebagai salah satu bahan dasar untuk lotion anti nyamuk. Aroma dari kulit jeruk yang cukup menyengat tidak disukai oleh nyamuk.

Beberapa Manfaat Kulit Jeruk lainnya

Selain itu kulit jeruk masih menyimpan banyak manfaat lain seperti:

  • Mencegah mabuk perjalanan. Caranya cukup menghirup kulit jeruk sebelum perjalanan dimulai. Terus hiruplah di awal perjalanan agar rasa mual tidak mengahampri anda.
  • Mengobati radang paru-paru. Caranya dengan meletakan kulit jeruk sebanyak 5-15 gram ke dalam gelas dan seduhlah menggunakan air panas untuk membuat teh jeruk. Minumlah sesering mungkin.
  • Mengobati semeblit atau konstipasi. Caranya dengan merebus sebanyak 12 gram kulit jeruk segar selama 10-15 menit. Lau minumlah selagi hangat.
  • Menghilangkan bau mulut. Mengunyah kulit jeruk segar dapat mengatasi masalah bau mulut.
  • Mengembalikan nafsu makan yang hilang. Ambillah kulit jeruk yang segar dan jemurlah sampai kering. Campurkan kulit jeruk itu dengan daun teh. Ketika anda sedang tidak punya nafsu makan, tambahkan air yang masak ke dalam dan aduklah bikinlah segelas “teh kulit jeruk”. Cara ini dapat mengembalikan nafsu makan anda yang hilang.

Nah itu adalah beberapa manfaat yang dapat kita peroleh dari kulit jeruk. Semoga bermanfaat….


loading...

You Might Also Like

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>