Manfaat Kunyit untuk Arthritis

Manfaat Kunyit

infomanfaat.com – Apakah anda sering merasa nyeri dan bengkak di persendian? Atau sudah didiagnosis menderita arthritis oleh dokter? Penyakit yang satu ini memang menyerang daerah persendian dengan peradangan dan pembengkakan sehingga menimbulkan rasa nyeri teramat sakit, bahkan mengganggu pergerakan. Jika dibiarkan saja, mungkin akan menghambat aktivitas sehari-hari bagi penderitanya. Hingga saat ini, penyebab arthritis belum diketahui secara pasti, namun sebagian mengatakan bahwa arthritis merupakan salah satu penyakit keturunan.

Obat Sintetis untuk Arthritis

Obat-obatan yang selama ini diberikan untuk terapi arthritis adalah NSAID atau antiinflamasi, DMARDs (Disease-modifying antirheumatic drugs) untuk menghambat penyebaran penyakit, terapi biologis, serta TNF bloker untuk mengurangi rasa nyeri sekaligus mencegah kerusakan sendi. Obat-obatan ini tentunya akan menimbulkan efek samping pada sistem pencernaan seperti sakit maag, mual, muntah, mengantuk, kelelahan, dan nyeri kepala jika dikonsumsi dalam waktu yang lama.

Khasiat Kunyit untuk Arthritis

Selain obat kimia diatas, ada cara alami yang dapat digunakan sebagai penangkal arthritis yaitu kunyit. Tanaman asli Asia Tenggara ini telah diuji melalui berbagai penelitian yang dilakukan pada hewan. Hasilnya, kunyit terbukti mampu menekan arthritis secara efektif tanpa menimbulkan efek samping yang negatif.

Manfaat Kunyit untuk mengobati Arthritis

Menurut ilmuwan dari Arizona, kunyit mengandung NF-kappa B yang berfungsi mengendalikan aktivitas senyawa penyebab peradangan sendi. NF-kappa B inilah yang kini digunakan sebagai senyawa dalam obat-obatan penghambat peradangan sendi pada penderita arthritis. Selain NF-kappa B, kunyit juga mengandung senyawa anti inflamator bernama kurkumin yang dapat menghambat siklooksigenase dan prostaglandin penyebab radang, mengurangi enzim Cox-2, serta menurunkan kadar histamin dalam tubuh. Berdasarkan kedua kandungan ini, maka kunyit dianggap sebagai obat herbal mujarab bagi penderita arthritis. Untuk tujuan terapi, dianjurkan mengonsumsi kunyit sebanyak 400 mg, 3 kali sehari.

Memanfaatkan kunyit sebagai alternatif dalam pengobatan arthritis merupakan pilihan yang tepat, karena anda bisa mendapatkan efek positif lain dari kunyit seperti peningkatan daya tahan tubuh, mencegah kanker, dan diabetes. Namun, anda juga perlu mengkonsultasikannya dengan dokter agar tidak terjadi overdosis.

Hal penting lain yang perlu diingat adalah jangan mengonsumsi kunyit bersamaan dengan obat kimia karena dikhawatirkan dapat meningkatkan efek obat secara berlebihan. Untuk meningkatkan efektivitas kunyit sebagai obat arthritis, anda dapat mengonsumsinya bersama jahe yang diseduh. Selain itu, kunyit juga dapat dinikmati sebagai minuman segar jika dicampur dengan asam, dijadikan bumbu dapur, atau pewarna makanan.

Bagi anda yang jauh dari pasar tradisional bisa mendapatkan kunyit dengan mudah dalam bentuk kapsul yang berisi serbuk kunyit atau serbuk minuman yang mengandung ekstrak kunyit. Pembelian suplemen kunyit belum bisa dipercaya 100% keefektifannya karena terkadang terdapat perbedaan antara kandungan obat dengan label. Untuk menghindari hal itu, pastikan anda membeli produk yang dapat dipercaya.

Semoga bermanfaat


loading...

You Might Also Like

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>