INFOMANFAAT.COM

Manfaat Kulit Semangka bagi Kulit dan Kesehatan

Posted on by in with 0 Comments

infomanfaat.com – Jika sebelumnya kita telah membahas tentang manfaat biji semangka, sekarang kita akan membahas manfaat kulit semangka. Mungkin sebagian anda tidak percaya jika kulit semangka ini ternyata juga bisa anda manfaatkan. Menurut penelitian yang dilakukan, kulit semangka mengandung antioksidan yang sangat bermanfaat bagi kesehatan kulit anda.

Selain baik bagi kesehatan kulit, anda juga dapat menggunakan kulit semangka untuk mengembalikan kesegaran kulit anda. Gunakanlah potongan kulit semangka untuk membersihkan kulit anda, antioksidannya baik untuk membersihkan dan mengembalikan kesegaran kulit wajah anda.

Masker Kulit Semangka

Beberapa mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta ada yang melakukan penelitian mengenai kulit semangka. Mereka berhasil membuat masker kulit semangka. Penelitian tersebut dilakukan atas dasar adanya manfaat dari kulit semangka bagi kulit. Melalui penelitiannya, para mahasiswa UNY berharap akan semakin banyak orang awam yang menyadari akan manfaat dari kulit semangka mengingat selama ini kulit semangka langsung dibuang tanpa termanfaatkan.

“Lapisan putih kulit semangka sebenarnya banyak mengandung zat yang berguna bagi kesehatan, salah satunya adalah sitrulin. Sitrulin merupakan salah satu zat antioksidan yang bermanfaat bagi kesehatan kulit,” ujar Laila salah satu mahasiswa UNY yang melakukan penelitian ini.

Manfaat Kulit Semangka

sumber gambar: www.thehealthyfoodstoeat.com

Laila menjelaskan, “Pemanfaatan lapisan putih buah semangka saat ini tergolong masih kurang maksimal, padahal mengandung zat antioksidan. Oleh karena itu, kami menganalisis kandungan antioksidan pada masker wajah berbahan dasar lapisan putih kulit semangka.”

Menurut Laila, masker dari buah ini sangat baik sekali bagi kesehatan kulit. Selain itu masker kulit semangka ini mampu melembutkan kulit, juga membuka pori-pori yang tersumbat karena kotoran, debu maupun sisa kosmetik yang tidak bisa hilang oleh pembersih biasa.

Manfaat lainnya adalah masker juga dapat mengembalikan kelembaban dan kehalusan kulit serta menggantikan sel-sel kulit yang sudah mati dan dapat menjadikan otot-otot wajah menjadi rileks.

Manfaat Kulit Semangka untuk Kesehatan

Selain untuk kesehatan kulit, ternyata kulit semangka ini dapat meyembuhkan berbagai macam penyakit, salah satunya adalah penyakit darah tinggi. Jadi, jika anda mengidap tekanan darah Anda tinggi, ada baiknya anda mengonsumsi kulit semangka. Caranya dengan mengeringkan kulit semanka terlebih dahulu. Setelah kering, tumbuk halus, lalu ambil 20 gram kulit semangka dan rebusalah dengan air panas. Lalu minumlah selagi hangat. Minumlah setiap hari untuk hasil terbaik.

Jika anda menderita penyakit yang berhubungan dengan ginjal cobalah juga untuk mengonsumsi kulit semangka ini. Caranya dengan memotong kulit semangka ini kecil-kecil lalu masaklah sehingga menjadi adonan. Jangan lupa untuk menyimpannya dalam botol yang rapat. Untuk pengobatan makanlah adonan ini sebanyak satu sendok sebelum makan.

Nah itu adalah beberapa manfaat yang bisa anda dapatkan dari mengonsumsi kulit semangka. Daripada membuangnya, ada baiknya anda memanfaatkannya untuk kesehatan tubuh anda.

Semoga bermanfaat

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>