Manfaat Vaksinasi bagi Anak, Keluarga dan Negara

Manfaat Vaksinasi bagi Anak, Keluarga dan Negara
sumber gambar: www.healthline.com

infomanfaat.com – Secara umum vaksinasi atau imunisasi memberikan manfaat yang sangat luas. Tidak hanya bagi mereka yang divaksinasi, akan tetapi juga bagi lingkungan dan negara secara umum. Berikut adalah manfaat vaksinasi secara umum:

Manfaat Vaksinasi (imunisasi) bagi Anak

Sebagai upaya pencegahan untuk melindungi anak dari serangan penyakit tertentu, yang mungkin bisa menyebabkan penderitaan atau bahkan cacat permanen.

Berikut adalah beberapa jenis vaksinasi yang perlu dilakukan pada anak, yaitu:

  • Vaksinasi (imunisasi) polio: Vaksinasi ini bertujuan untuk meningkatkan imunitas atau sistem kekebalan tubuh anak terhadap virus polio. Sehingga si kecil terlindungi dari terjangkitnya penyakit polio yang dapat menyebabkan kecacatan pada anak. Vaksin polio diberikan dalam enam kali dosis vaksinasi hingga anak berumur lima tahun.
  • Vaksinasi (imunisasi) Hepatitis B: Berfungsi untuk mencegah penyakit Hepatitis B kronis. Diberikan sebanyak tiga kali dosis vaksinasi hingga bayi berumur 6 bulan.
  • Vaksinasi (imunisasi) Influenza: pemberian vaksin ini bertujuan untuk melindungi bayi dari penyakit flu berat saat kondisi mereka sedang rentan. Vaksin influenza diberikan pada bayi yang berusia di atas enam bulan. Vaksinasi ini sebaiknya diberikan 2 dosis pada tahun pertama kelahiran, kemudian dianjurkan satu kali dalam setahun.
  • Vaksinasi (imunisasi) rotavirus: Bayi sangat rentan terserang oleh diare. Salah satu penyebabnya adalah infeksi rotavirus. Ada baiknya berkonsultasi dengan dokter untuk mengetahui lebih lanjut tentang vaksin rotavirus.
  • Vaksinasi (imunisasi) MMR: Vaksin MMR dikenal sebagai vaksin yang berfungsi untuk mencegah penyaki campak, gondong dan rubella pada anak-anak.
  • Vaksinasi (imunisasi) Varisela: Vaksinasi ini bertujuan untuk meningkatkan imunitas anak terhadap penyakit cacar air. Vaksinasi ini diberikan pada anak ketika mulai berusia 12 tahun.
  • Vaksinasi (imunisasi) Hepatitis A: Bertujuan untuk memberikan vaksin yang dapat melawan virus hepatitis A. Diberikan pada anak ketika mulai berusia 2 tahun.
  • Vaksinasi (imunisasi) Tifoid: Vaksinasi ini bertujuan untuk melindungi anak dari penyakit yang disebabkan oleh infeksi Salmonella thyphi. Diberikan setelah anak berusia 2 tahun setiap 3 tahun sekali.

Manfaat Vaksinasi (imunisasi) Bagi Keluarga

Bagi keluarga, vaksinasi bermanfaat untuk menghilangkan kecemasan akan kesehatan dan biaya pengobatan jika anak sakit. Menumbuhkan keyakinan dan harapan bahwa anak-anak akan menjalani masa pertumbuhannya dengan aman dan ceria. Sehingga, orang tua bisa sedikit terlepas dari kekhawatiran anaknya terserang dari penyakit-penyakit tertentu yang selalu menjangkiti anak-anak.

Manfaat Vaksinasi (imunisasi) Bagi Negara

Vaksinasi merupakan salah satu bentuk tanggung jawab negara untuk meningkatkan taraf kesehatan wargananya. Dengan vaksinasi diharapkan kesehatan dan kesejahteraan masyarakat secara keseluruhan lebih meningkat dan citra negara di mata dunia menjadi lebih baik.


loading...

You Might Also Like

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>