INFOMANFAAT.COM

Manfaat Vitamin E untuk Awet Muda

infomanfaat.com – Bagian tubuh yang paling memperlihatkan usia seseorang adalah kulit. Usia muda identik dengan kulit kencang dan sehat, sedangkan orang tua biasanya berkulit kusam, keriput, terdapat bintik hitam, serta garis halus pada wajah. Kulit kusam dan keriput ini tentu saja memudarkan kecantikan seseorang. Jadi, bagaimana caranya untuk tetap mendapatkan kulit kencang dan sehat meski tidak muda lagi?

Agar selalu terlihat muda, maka anda harus merawat kulit dari luar dan dalam. Dari luar seperti menggunakan masker, lulur, facial, dan body lotion. Merawat kulit dari luar saja tidak cukup karena seluruh jaringan kulit juga memerlukan nutrisi dari dalam untuk tetap sehat. Nutrisi tersebut adalah vitamin E.

Sejak dulu vitamin E dipercaya dapat menjaga keremajaan kulit. Kulit yang keriput dan kusam merupakan akibat dari radikal bebas seperti sinar ultraviolet, asap rokok, dan asap kendaraan. Radikal bebas ini dapat merusak sel kulit, bahkan membunuhnya. Jika sel kulit kita banyak yang mati, maka akan tampak kusam, kendur, dan keriput. Di sinilah peran vitamin E yaitu melawan radikal bebas yang merusak kulit. Sifatnya sebagai antioksidan juga dipercaya dapat mempertahankan kesehatan kulit anda dari serangan kuman parasit, memperbaiki struktur kulit, dan menunda proses penuaan.

Manfaat Vitamin E Awet Muda

sumber gambar: msn.com

Selain keriput, kulit kering dan garis halus pada wajah juga membuat anda terlihat lebih tua. Kulit kering dan menggantung ini disebabkan dehidrasi yang terjadi pada jaringan epidermis. Untuk mencegahnya anda perlu mengonsumsi vitamin E yang dapat mempertahankan kandungan air dalam lapisan epidermis. Kandungan air dalam kulit ini sangat penting karena akan membuatnya terlihat lebih segar, lembab, dan kenyal. Vitamin E juga berfungsi meregenerasi sel kulit dari dalam. Dengan sel yang baru, maka kulit akan menjadi lebih cerah dan awet muda.

Kerusakan kulit banyak terjadi pada penduduk daerah perkotaan dengan tingkat polusi tinggi. Untuk mencegahnya diperlukan asupan vitamin E yang didapat dari makanan segar seperti kacang hijau, toge, brokoli, dan kacang kedelai. Produk olahan kacang kedelai seperti tempe, tahu, susu kedelai, sari kacang hijau, dan jus kacang hijau juga memiliki kandungan vitamin E yang cukup tinggi.

Vitamin E yang didapat dari makanan biasanya hanya mencapai 25 IU. Padahal, untuk mendapatkan hasil yang maksimal tubuh kita memerlukan 100-400 mg vitamin E perhari. Untuk menutup kekurangan itu, anda dapat mengonsumsi suplemen vitamin E sesuai dosis. Vitamin E tidak boleh dikonsumsi lebih dari 1.000 mg karena akan menyebabkan pusing, lelah, dan gangguan pengelihatan.

Selain dikonsumsi, bahan yang mengandung vitamin E juga dapat digunakan untuk lulur, masker, dan shampo. Memiliki rambut indah, hitam, dan sehat merupakan aset untuk tetap terlihat muda. Biasanya rambut akan memutih dan rontok saat berusia diatas 40 tahun. Untuk mencegahnya anda dapat menggunakan shampo yang mengandung vitamin E karena dapat melancarkan peredaran darah, memperkuat akar rambut, serta menyehatkan rambut.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>