INFOMANFAAT.COM

Manfaat Asam Folat Untuk Ibu Hamil

infomanfaat.com – Asam folat merupakan golongan vitamin B9 yang tergolong larut dalam air dan cepat rusak bila terpapar sinar matahari. Secara umum, asam folat berfungsi untuk mensintesis DNA, memperbaiki DNA, serta bertindak sebagai suatu kofaktor dalam reaksi-reaksi biologis yang melibatkan folat dalam tubuh.

Semua orang membutuhkan sekitar 400 mikrogram asam folat setiap hari dalam tubuhnya. Namun, yang paling banyak membutuhkan asam folat adalah para Ibu hamil. Mengapa demikian? Jawabannya adalah karena asam folat sebagai nutrisi Ibu hamil memiliki peran yang penting bagi pertumbuhan dan pembelahan sel janin.

Jika seorang Ibu hamil kekurangan asam folat dalam tubuhnya, maka Ibu hamil akan menderita gangguan yang dikenal dengan sebutan “Neural Tube Defects” atau NTD. Gangguan yang timbul pada Ibu hamil karena kekurangan asam folat ini dapat menyebabkan pertumbuhan janin yang tidak sempurna. Sehingga tidak jarang kita jumpai bayi yang terlahir dengan cacat tempurung. Tempurung kepala tidak terbentuk atau tidak menutup secara sempurna serta cacat tabung saraf. Itu karena asam folat berperan dalam pembentukan sel, yaitu dalam sintesis bahan genetik yang menentukan fungsi sel.

Manfaat Asam Folat untuk Ibu Hamil

sumber gambar: www.articleswave.com

Untuk Ibu hamil, asam folat berperan untuk produksi sel darah merah yang terlibat dalam transportasi oksigen di dalam tubuh. Asam folat juga memainkan peran penting dalam perkembangan otak, saraf motorik dan tabung saraf (neural tube) pada janin. Bila konsumsi asam folat oleh Ibu hamil mencukupi, maka kemungkinan terjadinya resiko kecacatan fisik terutama otak dan tabung saraf janin berkurang, selain itu folat dapat mengurangi resiko kanker usus besar hingga 64% di kemudian hari. Asam folat juga berperan dalam perbaikan daya kerja lambung yang kurang baik pada bayi.

Manfaat Asam Folat secara umum

Asam folat memiliki banyak manfaat. Bukan hanya ibu hamil yang membutuhkan lebih banyak asam folat untuk melindungi dan membantu perkembangan bayi dalam rahimnya agar tumbuh optimal, namun mereka yang tidak hamil juga membutuhkan asam folat.

Secara umum, manfaat asam folat adalah dapat meningkatkan kualitas sel darah merah sehingga mencegah dapat anemia, mengurangi resiko penyakit jantung, kanker serviks, stroke, mengurangi kadar homosistein, membantu mengatasi masalah gangguan daya ingat seperti penyakit Alzheimer, gangguan pendengaran yang berkaitan dengan usia, mengurangi tanda-tanda penuaan, osteoporosis, gangguan tidur, depresi, nyeri saraf, nyeri otot bahkan penelitian juga menunjukkan vitamin ini bermanfaat untuk terapi bagi penderita AIDS, banyak juga ya?

Dosis Konsumsi Asam Folat Pada Ibu Hamil dan Umum

Meskipun asam folat baik untuk tubuh terutama nutrisi yang sangat dibutuhkan untuk Ibu hamil, ternyata asam folat tetap tidak boleh dikonsumsi dengan jumlah yang berlebihan. Salah dalam takaran konsumsi, akan berakibat pada keracunan asam folat.

Satu lagi yang perlu diingat adalah bahwa asam folat yang mudah larut dalam air ini tidak dianjurkan untuk diseduh , direndam, atau direbus dalam waktu yang cukup lama dengan air mendidih, karena bisa menyebabkan rusaknya struktur asam folat sebanyak 30-80 %.

Untuk batas konsumsi asam folat secara umum adalah sekitar 400 mikrogram setiap harinya. Tapi pada ibu hamil, dosis itu perlu ditambah. Penambahan jumlah asam folat yang harus dikonsumsi Ibu hamil sekitar 200 mirogram setiap harinya Jadi idelanya Ibu yang sedang hamil harus memenuhi kebutuhan asam folat dalam tubuhnya sekitar 600 mikrogram/hari.

Lain lagi dengan Ibu hamil yang pernah memiliki riwayat “Neural Tube Defects” atau NTD pada kehamilan sebelumnya, mereka memerlukan 4 miligram asam folat per harinya. Dan asupan itu sebaiknya dimulai sejak 4 bulan sebelum kehamilan. Lebih dianjurkan lagi mengonsumsi asam folat sebaiknya disertai dengan asupan vitamin C, B6, atau B12 untuk mengoptimalkan penyerapannya dalam tubuh. Sebaiknya semua wanita harus membiasakan diri mengonsumsi asam folat setiap hari meskipun tidak sedang merencanakan kehamilan.

Sumber Asam Folat

Anda mungkin bertanya-tanya, dimanakah kandungan asam folat bisa ditemukan? Untuk para Ibu hamil tidak perlu bingung-bingung lagi karena sebagian besar produk susu khusus Ibu hamil sudah menyertakan asam folat dalam komposisi per tiap takaran saji yang dianjurkan seperti yang tertera pada label kemasan.

Asam folat juga terkandung dalam berbagai jenis makanan dan sayuran seperti: brokoli, bayam hijau, sawi, kangkung, asparagus, lobak hijau, kubis, biji bunga matahari, biji gandum, buah tomat, melon, jeruk, blewah, pisang, tomat, kembang kol, kacang kedelai, polong-polongan, daging tanpa lemak, hati, dan lain sebagainya.

Namun, disarankan agar lebih berhati–hati dalam mengolah sumber makanan yang mengandung asam folat karena proses pemasakan yang kurang benar dapat menghilangkan 80% kandungan asam folat di dalamnya.

Semoga bermanfaat.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>