INFOMANFAAT.COM

Manfaat Jeruk Nipis untuk Rambut

infomanfaat.com – Salah satu kekayaan alam dari tanaman asli di daerah Asia Tenggara yang pertama kali diduga berasal dari daerah India sebelah utara adalah jeruk nipis. Jeruk dengan nama latin Citrus aurantifolia ini sudah sangat popular debutnya sampai ke seluruh pelosok dunia, termasuk Indonesia.

Jeruk nipis merupakan buah yang ukurannya tidak lebih besar dari bola golf ini merupakan tumbuhan perdu dengan banyak cabang. Ia juga termsuk ke dalam kelas tumbuh-tumbuhan berkeping dua atau dikotil. Tinggi pohonnya bisa mencapai 6 meter dengan bentuk daun bulat telur dan bertangkai. Sebelum menjadi buah, jeruk nipis berbentuk bunga berwarna putih yang bentuknya menyerupai bintang. Berbatang kayu yang keras dan biasanya baru bisa berbuah setelah 2,5 tahun dari pertama kali ditanam. Kebanyakan jeruk nipis tumbuh dengan baik di daerah dataran rendah yang banyak terkena sinar matahari. Oleh sebab itu, jeruk nipis termasuk kategori tumbuhan tropis.

Buah jeruk nipis yang berwarna hijau pekat hingga kekuning-kuningan ini ternyata menyimpan banyak khasiat. Rasa dagingnya yang kecut kaya akan kandungan vitamin C. Bukan itu saja, dalam buah, daun dan bunganya pun mengandung minyak atsiri limonin dan linalool.

Jeruk nipis juga mengandung sejumlah mineral yang disinyalir bisa bermanfaat untuk dijadikan obat bagi penderita penyakit hipertensi, disentri, batuk dan vertigo. Jeruk nipis juga dapat menghilangkan bau mulut dan membakar lemak dalam tubuh. Yang paling menarik, ternyata jeruk nipis menyimpan manfaat yang luar biasa untuk kesehatan dan keindahan rambut. Mau tau apa saja manfaat jeruk nipis untuk rambut? Berikut beberapa manfaat jeruk nipis untuk rambut:

Manfaat dan khasiat Jeruk Nipis untuk Rambut

  • Mencegah Ketombe

    Ketombe merupakan kerak kulit kepala atau sisa kulit mati pada kepala yang menganggu kesehatan rambut. Efek gatal yang ditimbulkan ketombe, membuat orang terpancing menggaruk-garuk kulit kepalanya. Menggaruk-garuk kulit kepala akan membuat batang rambut menjadi patah dan akar rambut melemah yang kemudian berujung pada kerontokan rambut. Anda bisa memanfaatkan jeruk nipis untuk membasmi ketombe dari kulit kepala Anda. Perawatan untuk mencegah rambut berketombe menggunakan jeruk nipis bisa dilakukan dengan cara mengusapkan air perasan jeruk nipis ke rambut/kulit kepala, kemudian diamkan selama 20-30 menit. Setelah kering, cuci rambut sebersih-bersihnya hingga bulir-bulir jeruk yang menempel berjatuhan. Lakukan rutin hingga 2-3 kali dalam seminggu.

  • Mencegah Rambut Rontok

    Salah satu ancaman rambut rontok adalah kebotakan. Untuk mencegah terjadinya kebotakan, tentu harus menekan terjadinya kerontokan rambut. Salah satu nutrisi penting yang dapat membantu mencegah kerontokan rambut adalah Vitamin C dan jeruk nipis memiliki kandungan Vitamin C sangat tinggi. Caranya hampir sama dengan memanfaatkan jeruk nipis untuk mengatasi ketombe. Cukup potong buah jeruk menjadi beberapa bagian kemudian oleskan ke rambut kemudian bungkus dengan handuk dan diamkan selama semalaman. Lakukan dalam rentang seminggu tiga kali niscaya rambut rontok Anda akan berkurang.

  • Membuat Rambut Lebih Berkilau

    Memiliki rambut berkilau menjadi impian setiap orang, khususnya wanita yang memiliki rambut panjang. Rambut panjang yang berkilau akan menambah nilai kecantikan pada seorang wanita. Jeruk nipis bisa membantu Anda mewujudkan keinginan memiliki rambut yang berkilau. Caranya mudah, cukup campurkan 1 sdm madu atau 1 sdm minyak zaitun dengan satu buah jeruk nipis yang diperas airnya. Cara pakainya oleskan campuran tersebut ke rambut dengan menggunakan handuk setelah keramas. Setelah beberapa saat kemudian bilas dengan shampoo hingga bersih dan keringkan.

  • Mengatasi Rambut Berminyak

    Minyak pada rambut berguna untuk melembabkan rambut agar elastisitas tiap helainya terjaga dengan baik. Namun jika minyak rambut berlebihan, efeknya justru bisa membuat rambut lepek. Umumnya pemilik rambut yang berminyak sering mengeluhkan rambutnya cepat kotor. Untuk membersihkan kotoran tersebut Anda dapat mencucinya dengan air perasan jeruk nipis yang dilarutkan dalam air hangat. Usapkan ke seluruh permukaan rambut dengan menggunakan handuk. Jika dilakukan secara teratur, selain membuat rambut tidak cepat kotor juga akan menjadikan rambut lebih halus dan lembut berkilau.

  • Menghitamkan Rambut

    Selain kemiri yang dinyatakan ampuh untuk menghitamkan rambut, ternyata jeruk nipis pun memiliki khasiat yang sama. Untuk Anda yang memiliki rambut pirang bawaan dari lahir dan ingin menambah kepekatan hitam rambut Anda, tidak ada salahnya mencoba memanfaatkan jeruk nipis. Adapun caranya dengan memeras air jeruk nipis secukupnya , airnya diusapkan ke rambut kemudian dijemur dengan sinar matahari selama 1 jam. Setelah air jeruk nipis terserap dalam batang rambut dan kering, baru Anda bilas dengan sampo hingga bersih. Bila dilakukan secara intensif, hasilnya akan mengurangi kepirangan rambut dan rambut terlihat lebih sehat.

Itulah beberapa manfaat jeruk nipis untuk rambut. Buah yang mudah diperoleh dimana saja dan aplikasi yang sederhana tentu tidak akan menyulitkan Anda untuk melakukannya di rumah.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>